Our Blog

Latest news and updates from flathost

Muncul “Error 404: Page Not Found” Ketika Memasukkan Password

Dipublikasikan oleh nug pada 22/02/2015. 16 comments

error-404

Bila anda adalah pelanggan Jogja Web Center dan anda pernah mengalami kejadian ketika anda memasukkan password tapi ketika di klik simpan malah diarahkan ke halaman “Error 404: Page Not Found” website anda. Hal itu terjadi karena password yang anda masukan mungkin mengandung karakter yang bisa digunakan untuk SQL injection seperti “&”, “$” dan “@”.

Sistem keamanan kami mencegah penggunaan karakter tersebut, untuk berjaga-jaga agar server kami tetap aman. Jadi silahkan ganti password anda dengan password yang tidak mengandung karakter diatas.

Membersihkan File Sampah System Windows 7

Dipublikasikan oleh Tim JWC pada 09/02/2015. 16 comments

Windows 7 masih banyak digunakan oleh orang Indonesia, meskipun sudah ada Windows 8, Windows 8.1 bahkan Windows 10. Windows 7 masih menjadi favorit karena sistemnya ramah dengan perangkat keras yang sedikit “kuno”. Salah satu penggunanya tentu saja kantor Jogja Web. (lebih…)

Cara Custom Domain Blogspot dengan Domain Pribadi

Dipublikasikan oleh nug pada 06/02/2015. 16 comments

Custom Domain Blogspot

Blogger atau yang juga dikenal dengan Blogspot telah lama menjadi mesin blog yang sangat disukai oleh Blogger (baca: orang yang mengelola sebuah blog). Sebab pengguna tidak perlu memikirkan hosting dan domain saat menggunakannya, tidak ada biaya yang dibebankan dan dapat mengatur template sesuai keinginan. Selain itu untuk masalah domain, Blogspot memberikan keleluasaan terhadap penggunanya untuk mengganti domain blogspot.com bawaan ke domain pribadi pengguna, tidak seperti mesin blog lain seperti WordPress.com dan Wix yang mengharuskan pengguna melakukan upgrade akun mereka ke premium, di Blogspot tidak ada sistem akun premium, dan tidak diwajibkan untuk membeli domain melalui Blogspot, jadi domain dari registrar lain pun boleh seperti halnya domain dari Jogja Web Center.

Nah kali ini kami akan membahas tentang bagaimana mensetup domain dari kami Jogja Web Center agar dapat digunakan untuk custom domain Blogspot. Sebetulnya cara ini dapat juga diterapkan pada registrar lain, jadi yang bukan klien kami tidak perlu khawatir :) .

Dalam mensetup domain agar dapat digunakan untuk custom domain Blogspot sebenarnya ada dua hal saja, yaitu A Record yang berfungsi mengarahkan IP dan Cname untuk mengarahkan subdomain (www).

Dalam tutorial ini akan dibagi menjadi tiga pokok pembahasan

  1. Mengambil Private Cname dari Blogspot
  2. Menyesuaikan Nameserver di Domain Panel
  3. Mengatur A Record dan Cname di domain panel

Mengambil Private Cname dari Blogspot

Silahkan login ke akun Blogspot anda, dan silahkan masuk ke halaman setting dengan mengklik more options
Custom Domain Blogspot 1

Setelah masuk halaman Settings silahkan arahkan ke bagian Publishing, bagian Blog Address, klik + Setup a 3rd party URL for your blog
Custom Domain Blogspot 2

Masukkan domain anda pada form yang tersedia, dan klik Save
Custom Domain Blogspot 3

Form akan berubah jadi merah dan muncul tulisan “We have not been able to verify your authority to this domain. Error 12.”, dibawahnya akan ada Cname, nah Cname itu nanti yang harus dimasukkan ke DNS Setting pada domain panel.
Custom Domain Blogspot 4

Kemudian silahkan buka tab browser baru, dan masuk ke halaman klien area Jogja Web Center dengan alamat jogjaweb.co.id/pelanggan.

Menyesuaikan Nameserver di Domain Panel

Silahkan masuk ke akun Jogja Web Center anda. Silahkan klik Account dan kemudian klik Login.
Custom Domain Blogspot 5

Silahkan masukkan email dan password anda.
Custom Domain Blogspot 6

Kemudian masuk ke halaman Domain Manager, klik Domain > klik Domain Manager
Domain Manager

Pada list domain, klik pada tanda panah paling kanan.
Manage Nameserver

Akan tampil halaman Managing [domain anda], disana menampilkan list nameserver domain anda. Jika belum seperti dibawah ini, maka gantilah:
Nameserver 1:
lor.satuatap.net
Nameserver 2:
kidul.satuatap.net
Nameserver 3:
wetan.satuatap.net
Nameserver 4:
kulon.satuatap.net

Hasilnya akan menjadi seperti ini, dan silahkan klik Ubah Nameservers
Change Nameserver

Mengatur A Record dan Cname di domain panel

Setelah nameserver diubah, silahkan masuk halaman DNS Management.
DNS Management

Setelah itu silahkan masukkan A Record berupa IP Address milik Google kedalaman form yang tersedia.
1. Nama Host: @
Jenis Records: A (Address)
Alamat: 216.239.32.21
2. Nama Host: @
Jenis Records: A (Address)
Alamat: 216.239.34.21
3. Nama Host: @
Jenis Records: A (Address)
Alamat: 216.239.36.21
4. Nama Host: @
Jenis Records: A (Address)
Alamat: 216.239.38.21

Setelah A Record selesai sekarang masukkan Cname yang tadi didapat dari Blogspot
1. Nama Host: www
Jenis Records: CNAME (Alias)
Alamat: ghs.google.com
2. Nama Host: aumpkn3oyhgi
Jenis Records: CNAME (Alias)
Alamat: gv-43c5gnvz2zerra.dv.googlehosted.com

Dan terakhir agar blog anda di Blogspot dapat diakses langsung menggunakan domain utama tanpa menggunakan www, silahkan masukkan Cname ini.
Nama Host: *
Jenis Records: CNAME (Alias)
Alamat: [isikan nama domain anda]

Hasilnya akan seperti gambar diatas.

Setting untuk DNS sudah selesai, selanjutnya silahkan ditunggu, proses propagasi DNS sedang berjalan, biasanya membutuhkan waktu paling lama 1×24 jam. Setelah ditunggu beberapa jam silahkan masuk ke akun Blogspot anda dan coba tambahkan lagi domain ke dalamnya, bila sukses blog Blogspot anda kini sudah dapat diakses dengan domain anda pribadi.

Bila ternyata belum sukses kemungkinan ada dua sebab, pertama proses propagasi belum selesai, yang kedua adalah setting DNS yang anda lakukan belum benar, silahkan teliti setting DNS yang anda masukkan tadi.

Bila anda ternyata merasa kesulitan dalam mensetup, serahkan saja pekerjaan tersebut kepada kami, anda hanya perlu menyewa atau mentransfer domain di Jogja Web Center dan membayar biaya setup. Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.