Our Blog

Latest news and updates from flathost

Apa Itu Aplikasi?

Dipublikasikan oleh Diah Agustina pada 26/11/2016. 16 comments

Apa Itu Aplikasi?aplikasi

Aplikasi? Sebenarnya apa itu aplikasi? Pernah terfikir dalam benak saya untuk mengetahui yang lebih jelas apa itu sebenarnya aplikasi? Setelah saya belajar tentang aplikasi dari berbagai sumber, akhirnya saya menemukan sebuah pendapat . Pendapat tersebut tidak hanya satu, melainkan banyak sekali beberapa ahli yang mengutarakan pendapatnya tentang aplikasi. Pendapat tersebut seperti :

JOGIYANTO (1999:12). Aplikasi merupakan penggunaan dalam suatu komputer, instruksi (instruction) atau pernyataan (statement) yang disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat memproses input menjadi output.

HENGKY W. PRAMANA. Aplikasi merupakan satu unit perangkat lunak yang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan akan berbagai aktivitas ataupun pekerjaan, seperti perniagaan, periklanan, pelayanan masyarakat, game dan berbagai aktivitas manusia lainnya .

Selain itu, menurut KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ) aplikasi merupakan penerapan dari rancangan sistem untuk mengolah data yang menggunakan ketentuan bahasa pemrograman tertentu dan juga suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari user. Sedangkan menurut Wikipedia aplikasi merupakan suatu sub kelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas dari user .

Dengan demikian dapat diambil kesimpulan. Aplikasi adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah user. Beberapa jenis aplikasi seperti:

  1. Aplikasi perkantoran , seperti Microsoft office, Open Office.org, Kingsoft Office 2007, Suite Office Software, dsb.
  2. Aplikasi editing gambar, seperti Corel Draw, Picasa, Adobe Photoshop, ACD See, dsb.
  3. Aplikasi editing video, seperti Windows Movie Maker, Allok, Pinnacle Studio, dsb.
  4. Aplikasi animasi, seperti  Macromedia Flash, Swismax, Corelrave, Blender, dsb.
  5. Aplikasi web browser, seperti Opera, Google Chrome. Mozilla Firefox, dsb.
  6. Aplikasi antivirus, seperti Avira, Smadav, Avast, dsb.
  7. Aplikasi email client, seperti Yahoo Messager, Gmail, dsb.

Klasifikasi aplikasi digolongkan menjadi beberapa kelas, seperti perangkat lunak pendidikan, perangkat lunak media dan hiburan, perangkat lunak informasi kerja, perangkat lunak rekayasa produk, perangkat lunak pengembangan media, perangkat lunak perusahaan (enterprise), dan perangkat lunak infrastruktur perusahaan.

Cara kerja aplikasi, aplikasi tidak akan bekerja tanpa adanya sistem operasi, karena sistem operasi bertindak sebagai perantara antara hardware dengan program aplikasi. Pemutar media, pengolah kata, serta lembar kerja merupakan salah satu contoh perangkat lunak aplikasi. Terkadang beberapa aplikasi digabung menjadi satu yang disebut sebagai site aplikasi (application suite). Sebagai contoh Microsoft office yang merupakan penggabungan aplikasi lembar kerja, pengolah kata, ataupun dengan aplikasi yang lainya. Dalam satu paket aplikasi biasa terdapat antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga mempermudah pengguna untuk mempelajari dan dalam penggunaan aplikasi tersebut. Kemampuan mereka yakni saling interaksi sesama yang saling menguntungkan, seperti satu dokumen pengolah kata terdapat satu lembar kerja meskipun dalam pembuatanya dibuat dalam aplikasi lembar kerja yang berbeda.

Nah, ulasan diatas tersebut merupakan uraian tentang pengertian aplikasi serta penjelasanya . Semoga bermanfaat . Sekian terima kasih .

DOS? Sejarahnya? Simak yuk

Dipublikasikan oleh Riski Putri Sekarini pada 26/11/2016. 16 comments

Hallo,, pasti banyak dari kalian yang sudah mengenal DOS, tapi apakah kalian sudah tahu sejarah DOS? Mungkin kalian juga bingung sejarah DOS itu bagaimana?, mari simak..

contrived_ms-dos_logo-svgSeattle Computer Products adalah perusahaan yang membuat MS-DOS. Perusahaan ini di kepalai oleh Tim Patterson, yang belakangan ini direkrut oleh Microsoft dalam pengembangan DOS, pada tahun 1980. DOS dikembangkan oleh Microsoft dengan nama Q-DOS (Quick Dirty Operating System).

Selanjutnya berubah nama 86-DOS karena desain QDOS dengan prosesor intel 8086 berjalan dikomputer. Seharga $50 lisensi telah dibeli Microsoft, berubah nama lagi menjadi MS-DOS. Kemudian lisensi dijual kembali pada IB, ketika merilis IBM PC. Selanjutnya IBM dan Microsoft merilis versi DOS yang mana versi IBM ini langsung di bungkus dengan komputer IBM PC yang disebut dengan IBM PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating System).

Awalnya IBM hanya menggunakan yang layak digunakan MS-DOS yang dirilis Microsoft, misalnya seperti programnya atau utilitas yang ikut disertakan. Versi IBM dirilis lebih lambat dari versi MS-DOS. Tetapi MS-DOS versi 4.0 merupakan versi MS-DOS pertama kali yang benar-benar sama seperti IBM PC-DOS, dikarenakan Microsoft harus berkonsentrasi untuk mengembangkan Sistem Operasi penerus DOS, dengan sebutan OS/2. Ketika melisensikan DOS kepada IBM Microsoft menandatangani perjanjian lisensi dan asalah satu poinnya ber isi bahwa Microsoft dapat melisensikan MS-DOS kepada perusahaan lain selain IBM, dan untuk para perusahaan tadi dipersilahkan mengganti nama MS-DOS menjadi nama yang mereka gunakan. Banyak dari versi-versi tersebut yang sama dengan versi yang sudah dikembangkan oleh Microsoft dengan MS-DOS nya, tapi Microsoft menjalankan tugas untuk mencabut perjanjian lisensi hingga para perusahaan yang lain harus menggunakan nama MS-DOS bukan nama yang telah dikustomisasi sebelumnya. Cuma IBM lah yang diberikan kebebasan untuk terus memakai nama IBM PC-DOS, bukan MS-DOS.

MS-DOS mengalami perkembangan yang cukup cepat, dengan fitur-fiturnya yang signifikan yang telah diambil dari beberapa Sistem Operaasi lain seperti Microsoft Xenix. Salah satu varian dari Sistem Operasi Unix yang dikembangkan oleh Microsoft dan DR-DOS yang merupakan milik Digital Research, dan juga produk-produk utilitaas lain seperti Norton Utilities dari Symantec Corporatio, merupakan produk adopsi sama halnya dengan Microsoft Disk Defragmenter, PC-Tools dari Central Points, merupakan produk adopsi seperti Microsoft Anti-Virus, manager memori semakin diperluas atau EMM (Expanded Memori Manager) QEMM dari Quarterdeck, merupakan produk adopsi seperti EMM386, konpresi disk atau disk compression DriveSpace dari Stac Electronics, dan masih banyak produk lainnya yang diadopsi.

Saat Intel Corporation memperkenalkan mikroprosesor baru dengan sebutan Intel 80286, IBM dan Microsoft mulai dengan proyek Sistem Operasi yang baru sebagai pengganti DOS yang disebut OS/2, yang merupakan versi MS-DOS yang berjalan di modus terproteksi (protected mode). Tetapi Microsoft akhirnya meninggalkan proyek OS/2 untuk lebih mefokuskan diri dengan pengembangan Microsoft Windows dan Microsoft Windows NT. GEM merupakan sebuah antarmuka grafis yang dibuat oleh Digital Research, tapi sangat belum populer pada komputer IBM PC atau kompatibel. Ternyata GEM mendapat pasarnya pada mesin komputer ATARI ST, walaupun akhirnya disalip oleh Microsoft lagi dengan versi Windows 3.0.

Diatas telah dijelaskan sejarah DOS semoga bermanfaat, terima kasih.

MENGENAL SEJARAH ANDROID

Dipublikasikan oleh Chyeneza Fharadena pada 26/11/2016. 16 comments

Nah kali ini kita akan membahas mengenai Sejarah Android
Mungkin dari sebagian kaian masih bertannya – tanya apa itu Android?? Dan bagaimana sejarahnya?? Langsung saja kita bahas
Android adalah sistem operasi berbasis linux yang di rancang khusus untuk para pengguna smartphone (telpon pintar) ataupun tablet (tab). Awalmulanya Android Inc, merupakan sebuah perusahaan kecil yang di dirikan di Palo Alto, California, Amerika Serikat pada bulan Oktober 2003. Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White adalah tokoh senior di beberapa perusahaan yang berbasis IT&Communication, awalnya pengembangan android untuk mengembangkan sebuah sistem operasi yang tak kalah canggih, wihhh…tetapi hanya di tujukan untuk kamera digital saja, setelah di sadari sistem operasi di pasar tidak cukup besar sehingga di gantikan untuk smartphone agar bisa bersaing dengan Symbian dan Windows Mobile(pada saat itu iPhone Apple belum di rilis)

android-versionsBertepatan dengan ulang tahun Indonesia yakni 17 Agustus 2005,pihak Google mengambil Android Inc untuk menjadikannya sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya di miliki oleh Google.Setelah itu tidak banyak lagi berita tentang perkembangan Adroid.Tindakan dari niat Google untuk memasuki dunia pasar terus berkembang hingga Desember 2006.Pada bulan Desember 2007 Information Week melaporkan bahwa Google telah mengajukan beberapa aplikasi paten di bidang telpon seluler.Tujuan dari OHA mengembangkan standar terbuka bagi perangkat seluler, pada saat itu android di resmikan sebagai produk pertamanya sebuah rencana kerja perangkat seluler yang menggunakan kernel linux versi 2.6.Rilis pada 22 Oktober 2008, HTC Dream adalah telepon seluler pertama yang operasi sistemnya menggunakan sistem operasi Android.
Dilanjutkan pada tahun 2010, Google telah merilis seri Nexus, yang merupakan smartphone dengan sistem operasi Android yang di produksi oleh mitra produsen telpon seluler HTC, Samsung, LG. Google mengumumkan Nexus 6 dan Nexus 9 yang di produksi oleh Motorola dan HTC pada tanggal 15 Oktober 2014. Pada 13 Maret 2013, Larry Page mengumumkan dalam postingan blognya bahwa Andy Rubin telah pindah dari divisi Android untuk menerjakan proyek-proyek baru di Google. Kemudian di gantikan oleh Sundar Pichai, yang sebelumnya menjabat sebagai kepala divisi Google Chrome, yang mengembangkan Chrome OS.
Dari tahun 2008, secara bertahap Android telah melakukan sejumlah pembaharuan untuk meninkatkan kinerja sistem operasi, menambahkan fitur baru, dan memperbaiki bug yang terdapat di versi sebelumya, udah tambah hebat aja ya si Android ini… pihak android juga menggunakan nama yang unik untuk setiap versinya sebagai contohnya ini dia Cupcake(versi 1.5), Donut(versi 1.6), dan yang baru saja rilis adalah Lolipop(5.0) hadehh kalo denger nama ini jadi inget makanannya…
Itulah sedikit pengetahuan tentang Android yang begitu pesat, keasikan tersendiri ketika kita mengenakan Android. Oleh karena itu pihak dari Android terus mengupdate dan menyempurnakan fitur fitur agar para pengguna tidak beralih.. wiiihh jempol sepuluh dahh buat si Android ini

Pengertian Sistem Operasi dan Ilustrasinya

Dipublikasikan oleh Riski Putri Sekarini pada 19/11/2016. 16 comments

Dizaman modern pasti banyak yang sudah mengenal Komputer, didalam komputer terdapat sebuah Sistem Operasi. Sistem Operasi?

sistem-operasiLangsung aja ya Sistem Operasi adalah perangkat lunak yang menjalankan perangkat keras. Sistem Operasi mempunyai fungsi menghubungkan antara perangkat perangkat lunak dengan perangkat keras, membuat komputer lebih mudah dan nyaman, memungkinkan sumber daya komputer digunakan secara efisien, dan menerima pengembangan baru yang efektif dan efisien. Tanpa Sistem Operasi pengguna tidak dapat menjalankan program dikomputer karena Sistem Operasi merupakan perangkat terpenting. Sistem Operasi menjalankan perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan laninya. Beberapa jenis OS:

  1. Linux, merupakan perangkat lunak OS yang bersifat open source gratis yang disebarluaskan dibawah lisensi GNU
  2. Android, merupakan OS yang berbasis linux yang ditujukkan untuk telepon seluler contoh nya telepon pintar dan komputer tablet
  3. Ios, merupakan OS yang digunakan diproduk dari Aplle
  4. Mac OS, singkatan dari macintosh Operating System, diciptakan oleh perusahaan Aplle Inc
  5. Microsoft Windows, merupakan keluarga OS yang dikembangkan oleh Microsoft

Cara kerja OS, merupakan perangkat lunak susunan pertama pada memori komputer disaat komputer dijalankan. Lain dengan perangkat lunak lainnya yang bisa dijalankan setelah OS berjalan, sistem inilah yang melakukan layanan inti umum perangkat lunak. Layanan inti umum adalah akses kedisk, manajemen memori, penjadwalan taks, dan user interface. Diawal decade 80-an komputer belum dilengkapi dengan OS dan kebanyakan komputer tidak memiliki diks, dan umunya system boot MS-DOS beroperasi pada floppy disk.

Sejarah OS, mulai tahun 1945-1955 pada tahun ini sudah terciptanya OS generasi pertama. Awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Generasinya yang kedua pada tahun 1955-1965 untuk memperkenalkan BPS yaitu pekerjaan yang dikerjakan disatu rangkaian, lalu kemudian dieksekusi secara berurutan. Tahun 1965-1980 merupakan OS ketiga, dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana user atau pengguna dapat berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer. Pasca 1980-an OS digunakan dalam sebuah jaringan komputer, dimana user menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung.

Bagian OS:

  • Mekanisme Boot, merupakan proses peletakan kernel kedalam memory
  • Kernel, merupakan sebuah inti di Sistem Operasi, tugas kernel sendiri adalah melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses hardware secara aman
  • Command Interpreter atau Shell, merupakan perangkat yang bertugas membaca perintah dari pengguna komputer
  • Driver, untuk saling berinteraksi dengan hardware eksternal, dan juga untuk mengontrolnya

Sistem Operasi memiliki sebuah layanan, sekarang Sistem Operasi menyediakan layanan jaringan dan koneksi ke jaringan internet, yang sepertinya tidak menjadi layanan inti umum bagi Sistem Operasi. Sistem Operasi juga perlu menjaga kerusakan terhadap sistem komputer dari banyaknya gangguan. Application Programming Interface (API) merupakan program aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya dengan menggunakan antarmuka. Dengan API ini sebuah program plikasi dapat berkomunikasi dengan Sistem Operasi.

Orang-orang Dibalik Sistem Operasi

Dipublikasikan oleh Diah Agustina pada 19/11/2016. 16 comments

Siapa Saja Tokoh Dibalik Sistem Operasi?

          Berbicara tentang tokoh-tokoh sistem operasi, sebelumnya saya akan mengulas sedikit tentang apa itu sistem operasi . Sistem operasi adalah sebuah komponen software (perangkat lunak) yang mengolah hardware (perangkat keras). Sistem operasi bekerja menghubungkan software dan hardware.

Tahun 1945-1955 merupakan tahun dimana awal perkembangan sistem operasi, dan ini juga merupakan generasi sistem operasi pertama perkembangan pengganti sistem komputasi mekanik menjadi sistem komputasi elektronik. Generasi sistem operasi kedua dimulai pada tahun 1955-1965, dimana juga dimulainya diperkenalkan BPS (Bath Processing Sistem) yang merupakan sebuah pekerjaan yang dikerjakan dalam 1 rangkaian, selanjutnya proses pengeksekusian yang dilakukan secara berurutan. Generasi sistem operasi ketiga pada tahun 1965-1980. Pada tahun ini Sistem operasi dikembangkan secara lebih luas, sistem operasi bersifat multiuser karena user dapat berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer. Pasca tahun 1980 sistem operasi semakin berkembang, dimana user menyadari keberadaan komputer yang terhubung sehingga sistem operasi mulai digunakan untuk jaringan komputer. Generasi selanjutnya yakni pasca tahun 2001 hingga saat ini. Sistem operasi berada dalam sistem operasi mobile (bergerak).

Ulasan tersebut merupakan penjelasan tentang pengertian sistem operasi dan sejarah perkembangannya. Bukan hanya satu atau dua , sistem operasi banyak jenisnya . Tapi, pernahkah diantara kalian berfikir siapa saja tokoh dibalik sistem operasi tersebut? Apa saja sistem operasi yang mereka ciptakan? Berikut penjelasanya.

MICROSOFT WINDOWS

Hampir semua orang memakai sistem operasi ini. Versi Windows yang sering dijumpai seperti : Windows XP, Windows Vista, Windows 8, Windows 7, Windows 98. William Hanry Gates III (Bill Gates) adalah penemu sistem operasi ini. William merupakan tokoh investor. Penulis asal Amerika ini menjabat sebagai direktur di Perusahaan Microsoft. William lahir di Seattle, Washington 28 Oktober 1955.

m

Dikutip dari https://commons.wikimedia.org

LINUX

Linux merupakan sistem operasi open source. Distro linux atau turunan linux yang memiliki beberapa macam seperti Debian, RedHat(Fedora), Ubuntu, Suse, Slackware, dsb. Sistem operasi linux dikembangkan oleh Linus Benedict Torvalds. Linus lahir di Helsinku, Firlandia 28 Desember 1969.

l

Dikutip dari https://en.wikipedia.org

UNIX

Unix merupakan induk sistem operasi linux. Kenneth Thompson bersama rekannya Dennies Ritche adalah penemu dibalik sistem operasi ini. Kenneth dikenal melalui karya yang dibuatnya dalam pengembangan SO unix. Kenneth lahir di NewOrleans, Louisiana Amerika Serikat 4 February 1943.

u

Kenneth Thompson(kiri) Dennies Ritche(kanan)

Dikutip dari www.thejaffa.com

APPLE MACHINTOSH

Apple Machintosh merupakan sistem operasi yang memiliki kemajuan dalam bidang grafik. Sistem operasi ini tidak dapat dipasang pada komputer biasa, sehingga membutuhkan hardware khusus. Steven Paul  adalah tokoh dibalik munculnya sistem operasi ini. Steven lahir di San Fransisco, California Amerika Serikat 24 February 1955.

apple

Dikutip dari https://www.psychologytoday.com

DOS (Disk Operating System)

Dos merupakan sistem operasi dengan interface command line yang dipakai user pada tahun 1980-an. Sejarah DOS dimulai dari Seattle Computer Products atau biasa dikenal SCP merupakan perusahaan yang diketuai oleh Tim Patterson yang direkrut Microsoft untuk dikembangkan pada tahun 1980.

d

Dikutip dari www.jumboload.com

ANDROID

Android merupakan sistem operasi untuk pengguna handphone android. Sistem operasi ini termasuk sistem operasi open source, karena sistem ini berbasis linux. Andrew E. Rubin adalah penemu sistem operasi android. Dia juga menjadi Senior Vice  President Mobile Contant Digital di Google.

android

Dikutip dari https://en.wikipedia.org

            Nah, ulasan tersebut merupakan penjelasan tentang beberapa orang-orang dibalik sistem operasi yang patut kita ketahui. Selain yang disebut diatas masih banyak lagi berbagai macam sistem operasi beserta orang-orang dibalik sistem operasinya .