Our Blog

Latest news and updates from flathost

Wanita-wanita dalam sejarah komputer

Dipublikasikan oleh Irsan Koestiawan pada 20/04/2018. 16 comments

  1. Ada Lovelace 1842

Dilahirkan dengan nama Augusta Ada Byron pada 10 Desember 1815, wanita ini diketahui sebagai penulis Inggris utama yang bekerja pada Charles Babbage’s. Babbage’s ketika itu tengah mengembangkan mekanikal komputer untuk tujuan umum awalnya, sebuah mesin analitik.

Catatan Byron pada mesin tersebut yang saat ini dikenal sebagai algoritma pertama untuk diproses oleh mesin Babbage. Karena hal inilah sewaktu-waktu Byron digambarkan dalam kebudayaan popular sebagai salah satu programer komputer wanita di dunia.

Ada Lovelace muda memiliki ketertarikan pada matematika dan sebagian pekerjaan Babbage pada mesin analitik. Antara 1842 dan 1843, dia menerjemahkan artikel dari matematikawan Italia Luigi Menabrea pada mesin Babbage yang kemudian Byron gantikan dengan beberapa catatan miliknya.

Catatan ini mengandung apa yang dianggap sebagai perangkat lunak komputer pertama yang algoritmanya diuraikan oleh mesin. Catatan Byron ini sangat penting dalam sejarah awal komputer.

  1. Henrietta Swan Leavitt 1893

Dilahirkan pada 4 Juli 1868, Herietta Swan Leavitt merupakan Astronom Amerika. Lulus dari Radcliffe College, Leavitt pergi pada 1893 ke Harvard College Observatory untuk pekerjaan yang berkaitan dengan komputer. Yaitu memastikan dan mengkatalogkan koleksi plat fotografi hasil pengamatan bintang-bintang terang.

Pekerjaan ini membawanya kepada teori inovatif di bidang astronomi. Karena hal inilah, Leavitt termasuk kategori wanita pertama yang bersentuhan dengan komputer.

Selain itu, dia juga diajukan mendapatkan Nobel pada 1926 dalam bidang Fisika. Namun, karena Leavitt telah meninggal 4 tahun sebelumnya, dia tidak masuk nominasi karena tidak ada penghargaan anumerta untuk Nobel.

  1. Grete Hermann 1926

Bernama lengkap Grete Henry Hermann, wanita kelahiran Bremen 2 Maret 1901 ini merupakan ahli matematika dan filsuf dari Jerman.

Dia mempelajari matematika di Gttingen dan memperoleh gelah Ph.D pada 1926. Tesisnya berjudul Die Frage der endlich vielen Schritte in der Theorie der Polynomideale merupakan fondasi algoritma untuk berbagai masalah dasar pada aljabar abstrak.

Tesisnya ini juga merupakan dasar bagi aljabar komputer. Algoritma Hermann masih digunakan saat ini untuk penguraian utama.

 

 

  1. Hedy Lamarr 1942

Berbeda dengan yang lainnya, Hedy Lamarr diketahui merupakan seorang artis Austria-Amerika yang memiliki kecantikan luar biasa dan memiliki kontrak bintang dengan label film zaman keemasan, MGM.

Dilahirkan pada 9 Nopember 1913, Lamarr juga merupakan penemu dan ahli matematika yang menemukan teknologi awal untuk menyebarkan spektrum komunikasi dan loncatan frekuensi.

Teknologi ini sangat dibutuhkan pada komunikasi nirkabel dari era pra-komputer ke komputer hari ini. Penemuan Lamarr ini banyak digunakan oleh militer pada era-era awal.

  1. Jean Bartik

Wanita kelahiran Missouri, 27 Desember 1924 ini merupakan salah satu programmer asli untuk komputer ENIAC.

Bernama asli Betty Jean Jennings, dia terpilih sebagai salah satu programmer pertama ENIAC ketika komputer tersebut dikembangkan untuk menghitung lintasan rudal balistik pada 1945. Jean Bartik kemudian menjadi bagian dari grup yang mengubah ENIAC ke penyimpanan program komputer yang aslinya mengimplementasikan ENIAC.

Dia kemudian bekerja untuk pengembangan komputer BINAC dan UNIVAC I. Bartik menerima gelar Doktor kehormatan dari Universitas Missouri Barat Laut.

 

Sejarah PHP versi 7 dan perbedaannya dengan PHP 5

Dipublikasikan oleh Irsan Koestiawan pada 20/04/2018. 16 comments

Sejarah php 7

PHP Versi 7.0, pada tahun 2014, sebuah proyek lanjutan PHP mulai mengemuka, yakni PHP 7. Kalangan programming sedikit bingung dengan penamaan versi PHP yang akan dirilis ini, apakah akan menyebutnya sebagai PHP 6 atau PHP 7. Walaupun PHP versi 6 telah resmi ditinggalkan, namun banyak artikel dan buku yang ditulis mengenai PHP 6. Setelah mengambil voting, nama PHP versi 7 akhirnya menjadi keputusan final. Dengan demikian, kita tidak akan melihat PHP versi 6, dan langsung ‘loncat’ ke PHP 7. PHP 7 berkembang dari proyek experimen yang dinamakan PHPNG (PHP Next Generation). Proyek PHPNG bertujuan untuk menyusun ulang kode PHP untuk meningkatkan performa. Pada Juli 2014, sebuah percobaan mendapati hasil bahwa PHPNG mengalami peningkatan performa hampir 100% dari versi PHP sebelumnya.

 

Perbedaan php versi 5 dengan versi 7

Kinerja PHP 5 dan PHP 7

PHP 5 merupakan kelanjutan dari evolusi yang berjalan pada PHP. Walaupun pada PHP 4 sudah banyak library yang ditambahkan, PHP 5 menawarkan peningkatan dari fungsionalitas dan penambahan beberapa fitur seperti dukungan terhadap XML dan Web Service yang menggunakan libxml2, dukungan terhadap SQLite database server, serta membuat file swf dan applet java.

Selain itu, PHP 7 memiliki PHPNG (PHP-Next-Gen) untuk memberikan performa maksimal seperti Facebook HHVM. Peningkatan performa ini terjadi karena Zend telah melakukan peningkatan kinerja yang sangat besar, dan para developer dapat menemukan patokan terhadap HHVM. Tanpa mengubah kodingan, dapat memberikan kinerja yang sangat besar hanya dengan melakukan upgrade ke PHP 7.

 

Kelebihan PHP 5 dan PHP 7

Perlu Anda ketahui jika PHP 5 dapat menangani OOP (Object Oriented Programming) lebih baik dari pendahulunya. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa nomor versi php lompat ke versi 5. Apabila pada versi 4, Anda mengopi sebuah object, maka object tersebut akan terduplikat menjadi 2 dengan property yang sama. Sedangkan, object php5 yang baru hanya berupa referensi ke object aslinya.

 

PHP 7 memiliki beberapa fitur baru, salah satu diantaranya yaitu Abstract Syntax Tree. Fitur ini memudahkan dalam kode parsing PHP, mengurangi error, dan cara untuk membangun hal yang lebih baik kedepannya. Selain itu, fitur tambahan lainnya yaitu berfungsi untuk menentukan codepoints Unicode dengan nomor, daripada menggunakan codepoint langsung atau Unicode Codepoint Escape Syntax.

Setting PHP di cPanel

Dipublikasikan oleh Irsan Koestiawan pada 20/04/2018. 16 comments

  • Bukan cPanel, kemudian pilih Software Select php version
  • Jika sudah masuk lalu klik switch to php options pada pojok kanan atas
  • Kemudian seting sesuai yang anda inginkan
  • Jika sudah klik save

Memperbaiki “upload error” pada wordpress

Dipublikasikan oleh Irsan Koestiawan pada 17/04/2018. 16 comments

Kesalahan pengunggahan gambar di WordPress bisa sangat membuat frustrasi!

Beberapa yang paling umum termasuk  batas memori habis , ukuran gambar melebihi batas unggah , dan kesalahan http umum  .

Untungnya sebagian besar ini dapat diselesaikan tanpa harus mengedit kode situs web Anda.

Tingkatkan Batas PHP

Langkah pertama untuk mengatasi kesalahan ini adalah masuk ke cPanel dan meningkatkan batas PHP Anda.

Anda dapat melakukannya dengan masuk ke cPanel-> Pilih Versi PHP -> Beralih Ke Opsi PHP :

Secara pribadi, saya suka mengatur memory_limit saya ke setidaknya 128M ,post_max_size saya ke setidaknya 32M , dan upload_max_filesize saya ke setidaknya 32M .

Anda dapat pergi lebih tinggi, tetapi sebagian besar waktu ini akan menyelesaikan 99% dari masalah unggahan yang Anda alami .

Pastikan Anda Menggunakan PHP 7

PHP 7 adalah default pada semua server baru kami, tetapi jika Anda belum menggunakan PHP 7, pastikan untuk mengatur situs web Anda untuk melakukannya:

cPanel -> Pilih Versi PHP -> 7.0 (setidaknya) :

Versi PHP yang lebih lama dapat menyebabkan unggahan gambar gagal, jadi selalu yang terbaik adalah menggunakan yang terbaru. Dengan manfaat performa utama, Anda pasti ingin menggunakan setidaknya PHP 7.0 (jika tidak PHP 7.2).

Di Name Hero, kami menyediakan banyak opsi ini.

Periksa Izin Folder Unggahan Anda

Jika Anda telah menginstal WordPress menggunakan installer otomatis di cPanel, ini seharusnya tidak menjadi masalah.

Namun, jika Anda telah memindahkan situs web Anda, atau telah menginstal WordPress secara manual, Anda mungkin perlu memeriksa izin pada folder unggahan Anda.

Untuk melakukan ini, Anda ingin pergi ke cPanel -> File Manager -> Navigasi Ke “upload” di dalam folder isi wp .

Inode limit pada cPanel Cloudlinux

Dipublikasikan oleh Irsan Koestiawan pada 17/04/2018. 16 comments

Jika Anda sudah memiliki hosting WordPress untuk jangka waktu yang lama, kemungkinan Anda telah berlari melintasi Batas Inode di dalam cPanel Anda:
Terkadang hal ini dapat mengkhawatirkan pendatang baru yang tidak mengerti apa itu.

Inode adalah struktur data dalam sistem file Unix-gaya yang menggambarkan objek filesystem seperti file atau direktori. Setiap inode menyimpan atribut dan lokasi blok disk (s) dari data objek. Atribut objek Filesystem dapat mencakup metadata (waktu perubahan terakhir, akses, modifikasi), serta data pemilik dan izin. Direktori adalah daftar nama yang ditetapkan untuk inode. Direktori berisi entri untuk dirinya sendiri, induknya, dan masing-masing anak-anaknya.

Lihatlah Pada Inode Seperti File Individu

Jadi pada dasarnya, 1 file (seperti halaman PHP, email, gambar, dll.) Sama dengan 1 Inode.

Jika Anda perhatikan, semua paket hosting WordPress kami menawarkan penggunaan disk tanpa batas, tetapi berisi batasan jumlah Inode per akun:

Anda akan melihat ketika Anda mengarahkan kursor ke ikon informasi di samping penggunaan disk, itu menunjukkan dua batas Inode; yang pertama lunak, yang kedua sulit.

Contoh di atas adalah untuk paket Cloud Pemula : 100.000 / 250.000 batas Inode.

Ini berarti Anda secara teknis dapat memiliki hingga 250.000 Inode sebelum akun perlu ditingkatkan, tetapi begitu Anda mencapai batas 100.000, Anda harus berusaha mengurangi jumlah file di akun Anda.

Apa yang Menggunakan The Most Inodes?

Sembilan dari sepuluh ketika seorang pengguna mengalami keterbatasan ini karena mereka tidak secara teratur membersihkan kotak masuk email merekaatau mereka mencoba untuk meng-host terlalu banyak situs web dalam satu cPanel.

Folder spam misalnya dapat diisi dengan cepat dengan banyak sampah. Di dalam cPanel Anda benar-benar dapat mengatur ini untuk secara otomatis menghapus setelah 30 hari. Ini sebenarnya bagaimana fungsi Gmail dan tentu saja disarankan.

Anda juga akan melihat dua paket di atas memiliki batasan pada jumlah situs web yang dapat dihosting di setiap akun dengan dua lainnya tidak terbatas. Namun, jika Anda berencana menghosting lebih dari 15 – 20 situs web, Anda akan jauh lebih baik mendapatkan Akun Pengecer .

Akun reseller memungkinkan Anda untuk membuat akun cPanel tanpa batas, masing-masing dengan 100.000 / 250.000 batas Indoe.

Cadangan Gratis Hanya Untuk 100.000 Inode

Agar kami dapat mempertahankan infrastruktur cloud berkecepatan tinggi, kami harus menempatkan beberapa jenis batasan ketika melakukan backup malam gratis kami.

Setelah banyak pengujian, kami telah menetapkan cut-off pada 100.000 Inodes ATAU 20GB dalam penggunaan disk secara keseluruhan. Jika Anda mencapai salah satu dari batas tersebut, cPanel Anda tidak akan dimasukkan dalam pencadangan malam gratis.

Sederhananya, ini akan menempatkan terlalu banyak tekanan pada Solid State Drives dan akan menyebabkan penurunan kinerja. Itu sebabnya kami menawarkan solusi cadangan tambahan, DropMySite .