Our Blog

Latest news and updates from flathost

Tentang DVI

Dipublikasikan oleh Irsan Koestiawan pada 30/04/2018. 16 comments

DVI (Digital Video Interface)

Digital video interface adalah konektor video yang di desain untuk memaksimalkankualitas gambar dan tampilan digital,contohnya monitor komputer panel flat dengan teknologi LCD atau LED dan proyektor digital

DVI dikembangkan oleh sebuah konsorsium,Digital Display Working Group(DDWG).

Standar awal DVI dibuat untuk monitor berbasis teknologi CRT,dan tidak menggunakan Discrete time.

Kabel jenis ini lebih sering digunakan untuk monitor LCD. Dari namanya saja sudah dapat kita simpulkan bahwa kabel DVI memiliki kualitas yang baik dari segi kemampuan. Kabel Digital Video Interface ini mampu menghilangkan noise pada video saat konversi analog maupun konversi digital. Jenis kabel DVI yang paling sering digunakan adalah yang memiliki 24 pin.

DVI memiliki fungsi yang sama dengan kabel VGA, hal mendasar yang dapat membedakan kabel DVI dan VGA berada pada kemampuan. DVI lebih unggul dan jika dibandingkan harganya, DVI masih tetap unggul.

Kabel DVI mampu untuk streaming video dalam kualitas tinggi (HD) dan dengan konektor Dual-Link, kabel DVI mampu hingga 2560 sampai 1600 pixel.

 

Berikut adalah jenis-jenis konektor pada DVI

  • Tipe DVI-A, Pada semua jenis konektor DVI ini dapat bekerja dengan baik untuk berbagai jenis video sehingga tidak bergantung pada jenis kabel yang digunakan, seperti VGA.
  • Tipe DVI-D, pada tipe ini konektor memiliki lempengan di salah satu sisinya, dan tidak terdapat pin diatas maupun dibawah lempengan tersebut. DVI-D digunakan khusus untuk mentransmisikan video digital.
  • TipeDVI-I, pada tipe konektor DVI ini, mempunyai kemiripan dengan tipe DVI-D, hanya saja konektor ini memiliki 4 buah pin disekitar lempengannya. Keempat pin tersebut akan membawa sinyal analog sehingga konektor DVI-I dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal digital dan analog sekaligus. perbedaan dari DVI-I dengan DVI-I terletak pada konektor yang berbeda, yaitu single link dan dual link . Konektor Single linkmemiliki sekumpulan pun yang berlubang ditengahnya, sedangkan konektor dual link memiliki kumpulan pin yang lengap berjumlah 24 buah dan terbagi menjadi tiga baris. konektor dual link ini dapat digunakan untuk keperluan resolusi video yang lebih tinggi.

Tentang VGA

Dipublikasikan oleh Irsan Koestiawan pada 30/04/2018. 16 comments

Pengertian VGA Card

Pengertian VGA Card atau kartu grafis adalah suatu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah dan menerjemahkan data grafis komputer menuju ke layar monitor. VGA card ini memiliki Graphics Processing Unit (GPU) sebagai procesor dan juga membutuhkan memory. Pada umumnya kartu grafis atau VGA card ini bisa dianggap sebagai komponen yang penting, dan juga bisa dianggap komponen yang tidak penting. Hal ini tergantung dari kebutuhan pengguna komputer masing-masing.

Sejarah VGA

VGA Card pertama kali dibuat tahun 1981 oleh IBM dengan nama IBM PC video card. Pada saat itu istilahnya adalah MDA (Monochrome Display Adapter) dan hanya bisa beroperasi untuk text mode dengan ukuran 80 kolom 25 baris (80×25). Mempunyai video memory sebesar 4KB dan hanya mensupport 1 warna saja.

Setelah kemunculan MDA kemudian bermunculan beberapa kartu grafik.

Kesuksesan VGA menarik minat beberapa perusahaan seperti ATI, Cirrs Logic dan S3 untuk mengembangkan teknologi ini dengan meningkatkan kemampuan resolusi dan jumlah warna. Hal ini melahirkan teknologi resolusi standar SVGA (Super VGA) , dengan resolusi 1024×768, 256 warna dan memory 2MB.

Pada tahun 1995 muncul ke pasaran kartu grafis 2D/3D yang dikembangkan oleh Matrox, Creative, S3, ATI dan lain-lain. Kartu grafis ini mengikuti standar SVGA tapi sudah mendukung teknologi 3D.

Pada tahun 1997, 3dfx mengeluarkan Voodoo graphic chip yang lebih kuat dari kartu grafis lainnya pada saat itu, dengan memperkenalkan teknologi 3D effects seperti mip mapping, Z-buffering dan anti-aliasing. Setelah kemunculan Voodoo, kartu grafis 3D lainnya bermunculan seperti Voodoo2 dari 3dfx, TNT dan TNT2 buatan Nvidia.

Bandwidh yang dibutuhkan oleh kartu-kartu grafis ini mendekati limit kapasitas PCI bus pada saat itu. Intel mengembangkan AGP (Accelerated Graphics Port) yang memecahkan permasalahan bottleneck antara microprocessor dan kartu grafis. Dari tahun 1999 sampai 2002, Nvidia menguasai pasaran kartu grafis (mengalahkan 3dfx) dengan produk GeForce-nya.

Sejak tahun 2003, ATI dan Nvidia mendominasi pasaran kartu grafis dengan produk Radeon dan GeForce mereka dengan jumlah hampir 90%.

 

Fungsi VGA Card

Seperti yang telah di jelaskan di awal, VGA Card adalah sebuah perangkat keras / Hardware yang bertugas untuk mengolah data berbentuk analog maupun digital yang kemudian di outputkan kedalam bentuk visual ke monitor. Bentuk fisual tersebut tentunya berupa gambar, video, objek 2D hingga 3D.

 

Macam-macam Jenis Slot VGA Card

  • Slot ISA (Industry Standard Architecture) Sistem bus yang digunakan I/O 8-bit atau 16-bit
  • Slot EISA (Extended Industry Standard Architecture) Sistem bus yang digunakan I/O 32-bit
  • Slot PCI (Peripheral Component Interconnect) Sistem bus yang digunakan I/O 32-bit atau 64-bit
  • Slot VGA AGP (Accelerated Graphics Port) Sistem bus yang digunakan I/O 128-bit atau 256-bit
  • Slot VGA PCI Express atau sering di sebut “PCIe” (Peripheral Component Interconnect Express) Bus yang digunakan adalah Serangkaian sistem I/O yang memiliki daya transfer hingga 32 GB/s

catatan : I/O adalah Unit Input dan Output (sebuah mikroprosesor yang bertugas memproses data masukan dan data keluaran)

Tentang HDMI

Dipublikasikan oleh Irsan Koestiawan pada 30/04/2018. 16 comments

HDMI atau High-Definition Multimedia Interface adalah konektor audio atau video digital dalam perangkat elektronika yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antara sumber video seperti DVD player, komputer, digital audio player, dll dan menghubungkannya ke perangkat penerima misalnya digital audio amplifier atau LCD monitor.

SEJARAH PERKEMBANGAN HDMI

TAHUN 2002

Pada tahun 2002 teknologi HDMI dirancang untuk memenuhi tutuntutan kualitas digital tinggi yang kompatibel, akhirnya pada tahun 2002 HDMI Versi 1.0 diperkenalkan

TAHUN 2004

Pada tahun ini HDMI versi 1.1 lahir dan penjualan meningkat pesat hingga sebanyak 5 Juta unit,

TAHUN 2005

Pada tahun 2005, karena mendapat respon dan permintaan pasar yang kian banyak, inovasi HDMI ini pun terus dikembangkan hingga pada Agustus 2005, HDMI merilis versi 1.2 dengan dukungan maksimal 8 kanal satu bit audio, konektor HDMI tipe A tersedia untuk sumber dari PC, dan mendukung sumber bertegangan rendah. tak hanya itu pada Desember tahun yang sama HDMI 1.2a juga lahir yang mempunyai dukungan penuh fitur Consumer Electronic Control (CEC), rangkaian perintah, dan tes pemenuhan CEC.

TAHUN 2006

tahun 2006 HDMI mengeluarkan HDMI versi 1.3 dengan mengeluarkan inovasi dan fitur lebih banyak dan lebih canggih

TAHUN  2007

Pada 2007 Penjualan makin meningkat menjadi 143 Juta unit  dan menjadi standard de facto bagi perangkat HDTV dimana sekitar 90% TV digital telah dilengkapi dengan HDMI.

TAHUN 2009

Pada tahu 2009 perangkat HDMI telah terpasang pada lebih dari 600 juta perangkat HDMI,Hingga menjadi pendorong utama pada pasar konsumen elektronik hingga dianggap sebagai salah satu inovasi terpenting dalam dekade trakhir dan mendapat banyak penghargaan.

TAHUN  2011

memsauki tahun 2011, pengembang mendirikaan foum komunikasi HDMI, wahana konsultasi dan informasi terbuka bagi pengusaha yang tertarik dalm pengembangan teknologi HDMI.

TAHUN 2013

HDMI telah mengeluarkan versi 2.0 dan berkemampuan semakin canggih dan mampu menjalankan video dengan resolusi 4K dalam 60 fps (frame per secon), dan pada tahun yang sama HDMI telah terpasang pada 3 Miliar perangkat elektronik.

 

KEMAMPUAN CANGGIH HDMI

berikut bebrapa fitur canggih yang ditawarkan teknologi HDMI :

  1. Satu Kabel Untuk Semua

Dengan menggunakan HDMI berarti kita sudah menghemat penggunaan kabel yang ribet pada perangkat yang kita gunakan, HDMI dari sekian banyak kecanggihan yang dimilikinya hanya dibungkus dengan satu kabel namun komunikasi trasper tidak terpaku pada satu fungsi saja, Satu kabel HDMI menawarkankualitas transper dan menerima data digital baik audio maupun vidio digital yang lebih baik.

  1. Kualitas transfer digital Tinggi

Melihat pada sisi namanya “High Definisi” HDMI punya andalan dari segi kualitas, Koneksi HDMI mendukung High Definitios Quality pada Vidio dan audio, karena throughput HDMI setidaknya 10,2 Gbps, yang kompatibel terhadap sinyal HD yang umumnya mencapai resolusi 1080p. Speed rating yang lebih tinggi menandakan peningkatan bandwidth untuk mendukung format video, audio, seperti halnya HDMI mendukung resolusi tinggi 480p/720p bahkan 1080p dengan kualitas yang sangat baik,

  1. Banyak dukungan perangkat

Jangan takut menggunakan HDMI, karena banyak sekali perangkat yang mendukung koneksi HDMI seperti HDTV, projektor, DVD, Blu-ray, PC, laptop, konsol game, kamera digital, dan masi banyak lagi. Koneksi HDMI dianalisir akan menjadi standard komunikasi data pada berbagai perangkat, seperti fungsi USB yang menjadi salah satu standar yang dapat kita temui di semua perangkat digital, dan bisa jadi dengan inovasi HDMI yang kian maju ini akan menggeser inovasi lama, seperti penggunaan port VGA yang mulai ditinggalkan dalam perangkat Laptop keluaran baru.

Tentang SSHD

Dipublikasikan oleh Irsan Koestiawan pada 30/04/2018. 16 comments

Pengertian Solid State Hybrid Drive (SSHD)

Solid State Hybrid Drive atau SSHD adalah sebuah media penyimpanan yang merupakan gabungan (hybrid) antara teknologi SSD dan HDD. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh SSHD ini adalah pada proses boot-time yang lebih cepat dibandingkan HDD. Kenapa ini bisa terjadi ? Karena Disk Buffer yang dimiliki oleh SSHD ini menggunakan chip NAND seperti pada SSD.

Awal Munculnya SSHD

Teknologi Harddisk Hybrid mulai diperkenalkan sejak awal tahun 2007 oleh Seagate dan Samsung dengan memperkenalkan drive hybrid pertama yakni Seagate Momentus PSD dan Samsung SpinPoint MH80. Kedua model ini datang dengan ukuran 2.5-inci, menampilkan 128MB atau 256MB NAND flash memori pilihan. Seagate Momentus PSD menekankan efisiensi daya untuk pengalaman yang lebih mobile dan bergantung pada Microsoft Vista Ready Drive. Produk ini tidak diadopsi secara luas.

Fungsi Solid State Hybrid Drive (SSHD)

Fungsi SSHD memiliki fungsi yang sama seperti HDD dan SSD sebagai media penyimpanan data pada komputer atau laptop. Dengan menggunakan SSHD ini diharapkan komputer anda memiliki kecepatan yang lebih baik dibandingkan saat menggunakan HDD sebagai media penyimpanan datanya.

 

SSHD memang merupakan teknologi baru media penyimpanan data. Perusahaan ternama Seagate telah mengeluarkan SSHD for laptop dan desktop dengan kapasitas 500 GB, 1TB, dan 2TB. Harga SSHD lebih tinggi dibandingkan SSHD dan lebih murah dibandingkan SSD.

 

Seagate SSHD memadukan kecepatan luar biasa hard disk solid state (SSD) dengan kapasitas hard disk yang tinggi untuk mendongkrak kinerja sistem Anda. Diberdayakan oleh teknologi Adaptive Memory™, teknologi SSHD memungkinkan sistem Anda melakukan booting, memuat, dan menjalankan aplikasi dengan lebih cepat. Lakukan lebih banyak hal dan hemat waktu dengan SSHD untuk PC laptop atau desktop Anda.

Tentang TRIM dan umur SSD

Dipublikasikan oleh Irsan Koestiawan pada 30/04/2018. 16 comments

APA ITU TRIM?

TRIM diarahkan langsung ke firmware SSD. Jika Anda tidak tahu, hard drive sama dengan BIOS komputer pada umumnya.

Penyimpanan media selalu menulis dan membaca data. Ketika menghapus data, itu juga merupakan kegiatan penulisan data juga. Pada hard disk, aktivitas penghapusan data tidak sepenuhnya terhapus. Yang dihapus adalah tautan yang merujuk ke data dalam urutan data yang disebut Daftar Isi. Jika ada data yang ditulis di sektor yang sama, data baru akan ditimpa terus menerus di sektor lama. Ini disebut pengganti.

Dalam hard disk, aktivitas penulisan ini normal. Sayangnya, tidak untuk SSD. Kegiatan penindasan akan menyebabkan “pemborosan data” atau bahasa Inggris adalah sampah. Sampah ini menyebabkan SSD melambat seiring waktu karena data lama masih ada, membuat SSD mengumpulkan data lama dengan yang baru. Ini membuat SSD lembab dalam membaca data.

Fungsi TRIM

Adalah untuk menyelesaikan masalah SSD ini. TRIM memastikan bahwa ketika sistem operasi ingin menulis di sektor yang sama, data lama akan dihapus sepenuhnya tanpa sampah. Selain itu, fungsi TRIM juga akan membuat semua sektor dihapus dan diformat bersih. Ini akan membuat SSD cepat seperti baru.

Umur SSD

Dilansir dari Obengplus, SSD mengunakan chip NAND Flash, memiliki usia pemakaian. Semakin banyak di write maka chip akan lebih cepat rusak. Umur SSD akan menurun setelah beberapa kali dimasukan data, menjadi pertanyaan berapa lama dan berapa kali chip ditulis sampai melemah dan rusak.

Rata rata SSD mampu bertahan sampai 600TB kali di tulis. Walau data ini mewakiliki kemampuan SSD seluruhnya, Techreport melakukan test dengan menulis berulang kali ke 6 model SSD. Pada test semua berjalan baik sampai mencapai 600TB. Bahkan Samsung 840 di kelas budget SSD mampu bertahan sampai 900TB. Ada bagian menarik dari test ini. Bila harddisk rusak, yang terjadi data hilang total. Dimulai kerusakan mekanik dan lengan harddisk gagal membaca piring platter. Akhirnya harddisk tidak dapat bekerja lagi.

Berbeda dengan SSD, sel di chip yang rusak akan permanen terjadi. Tetapi tidak merusak semua data yang ada. Hanya bagian tertentu dimana sel chip sudah mengalami kerusakaan. SSD akan mengalami kelambatan menuju akhir hidupnya. Drive SSD modern rata rata mampu menangani kerusakan data dengan Firmware. Dan memberitahu ke pemakai bila ada data yang tidak bisa di simpan kedalam SSD. Bila terjadi kerusakan sel pada chip SSD, akan mendapatkan peringatan.

Umur SSD sangat lama bekerja, walau dibeberapa bagian terjadi kerusakan sel chip dan sampai semua sel benar benar mati dan SSD baru tidak bisa digunakan lagi. Test dari Techreport hanya mengulas kemampuan SSD dalam penulisan data. Tes ini tidak menyertakan estimasi umur kapan SSD akan mengalami kerusakan.