5 Tips Memilih Layanan Perbaikan Hard Disk

Saat memiliki perangkat komputer, kita mungkin saja menghadapi yang namanya kerusakan. Salah satunya data yang terdapat dalam hard disk yang kita miliki tiba-tiba corrupt. Hal ini tak dapat dihindari, sebab menurut penelitian salah satu merek hard disk Seagate, menemukan bahwa selama 30 tahun terakhir jumlah data yang disimpan telah bertumbuh pesat sehingga risiko kerusakan pun […]

Saat memiliki perangkat komputer, kita mungkin saja menghadapi yang namanya kerusakan. Salah satunya data yang terdapat dalam hard disk yang kita miliki tiba-tiba corrupt. Hal ini tak dapat dihindari, sebab menurut penelitian salah satu merek hard disk Seagate, menemukan bahwa selama 30 tahun terakhir jumlah data yang disimpan telah bertumbuh pesat sehingga risiko kerusakan pun meroket. Rata-rata 25% dari para pengguna PC mengalami kerusakan data, dan 29% disebabkan oleh kecelakaan penggunaan.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan? Selain menggunakan perangkat lunak gratis yang terdapat di internet (yang tentunya riskan dan tak nyaman digunakan), kita bisa menggunakan layanan pemulihan data yang ada. Selain praktis, hal ini tentu memungkinkan data yang hilang atau corrupt bisa kembali.

Namun, layanan seperti ini cukup banyak beredar di masyarakat. Bagaimana cara memilihnya? Berikut beberapa tipsnya:

 

  1. Reputasi yang baik

Dalam memilih ahli yang mampu memperbaiki hard disk yang rusak tentu tak bisa sembarangan. Tapi, ada langkah mudah yang mampu membuatmu tidak repot mencarinya. Salah satunya, memilih berdasarkan reputasinya. Biasanya, layanan pemulihan data yang baik didukung dan telah dianjurkan oleh penyedia hard disk tersebut, salah satunya Seagate Recovery Services atau Seagate Rescue Service yang dimiliki oleh Seagate.

  1. Memiliki sertifikasi khusus

Langkah selanjutnya, ada baiknya kamu juga mengecek terlebih dahulu sertifikasi yang dimiliki layanan tersebut. Salah satunya, Sertifikasi yang menjamin data kamu tetap rahasia. Hal ini menghindari data pribadi kamu tidak bocor ke tangan yang lain.

  1. Mampu memperbaiki SSD

Hard disk memang lebih mudah memperbaikinya. Namun, apabila harus memperbaiki hard disk modern, seperti SSD, ada baiknya kamu memastikan juga apakah layanan tersebut mampu memperbaiki hard disk keluaran terbaru yang teknologinya makin canggih dan lebih rumit.

  1. Mampu menangani berbagai masalah

Hard disk yang rusak memiliki banyak penyeb ab, bisa jadi karena guncangan, terkena air, dan masih banyak lagi. Hal ini tentu membuat penanganannnya berbeda antara satu masalah dengan masalah lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya kamu tahu layanan pemulihan data tersebut bisa menangani masalah dari berbagai penyebab.

  1. Lihat review

Langkah terakhir, sebelum memastikan layanan yang ingin digunakan, ada baiknya kita melihat dulu review dari orang lain. Apakah baik atau tidak. Jika perlu, hubungi dulu layanan tersebut dan lihat responnya. Ini tentu menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Dipublikasikan oleh Irsan Koestiawan pada 03/07/2018. Belum ada komentar

Tulis komentar anda