Asal mula Coworking Space

Coworking Space (ruang bersama) adalah sebuah tempat dimana para individu – individu yang memiliki latar belakang pekerjaan ataupun bisnis bekerja dalam sebuah tempat. Asal dari definisi coworking space itu sendiri adalah berasal dari kata ‘Coworking‘ yang bisa diartikan kerja sama atau berkolaborasi. Karena desain Coworking Space yang mengusung konsep open space atau transparancy, membuat setiap individu […]

Coworking Space (ruang bersama) adalah sebuah tempat dimana para individu – individu yang memiliki latar belakang pekerjaan ataupun bisnis bekerja dalam sebuah tempat. Asal dari definisi coworking space itu sendiri adalah berasal dari kata ‘Coworking‘ yang bisa diartikan kerja sama atau berkolaborasi.

Karena desain Coworking Space yang mengusung konsep open space atau transparancy, membuat setiap individu di dalam coworking space dapat lebih aktif berinteraksi. Sebuah co working space juga biasanya memiliki suasana yang mendukung semangat & produktifitas kerja. Terutama jika anda adalah founder start up yang baru saja membuat start up, pastinya membutuhkan tempat yang pas & tepat untuk berkordinasi bersama tim yang biasanya beranggotakan masih sedikit.

Coworking Space tidak hanya untuk para startup founder saja. Tetapi coworking space bisa & tepat juga untuk seseorang yang memiliki bisnis digital secara individu hingga para freelancer profesional yang membutuhkan tempat untuk bekerja diluar rumah namun tidak ‘serasa‘ kantor.

Asal mula Coworking Space

Setelah mengetahui arti dari apa itu coworking space, tidak lengkap jika kita tidak mengetahui bagaimana asal muasal atau sejarah dari perkembangan coworking space, baik di dunia maupun di Indonesia. Singkatnya sejarah coworking space di dunia pertama kali yang berdiri adalah Schraubenfabrik, sebuah coworking space di Wina, Austria, yang didirikan oleh Stefan Leitner-Sidl dan Michael Pöll pada tahun 2002. Oleh karena itu, Schraubenfabrik disebut juga Mother of Coworking Space.

Di Indonesia, menurut beberapa sumber, coworking space di Indonesia pertama kali hadir di Kota Bandung sekitar tahun 2010. Bandung memang sering menjadi tempat lahir sebuah inovasi – inovasi yang unik & sangat menarik. Setelahnya, ruang kerja berkonsep sharing ini menjamur di berbagai kota besar Indonesia lainnya. Coworking space pun berhasil menarik perhatian bagi para founder startup hingga freelancer.