Pengertian Dan Kelebihan Rsync

Apa itu rsync? rsync adalah salah satu metode yang digunakan untuk sinkronisasi data antar server. Berbeda dengan mengirimkan data secara utuh seperti biasanya lewat FTP atau SCP misalnya, keunggulan rsync adalah transfer hanya perbedaan filenya saja atau sering disebut sebagai delta. Jadi ini mengurangi ukuran data yang ditransfer juga mempercepat proses transfernya sendiri. Ilustrasinya kalau […]

Apa itu rsync? rsync adalah salah satu metode yang digunakan untuk sinkronisasi data antar server. Berbeda dengan mengirimkan data secara utuh seperti biasanya lewat FTP atau SCP misalnya, keunggulan rsync adalah transfer hanya perbedaan filenya saja atau sering disebut sebagai delta. Jadi ini mengurangi ukuran data yang ditransfer juga mempercepat proses transfernya sendiri.

Ilustrasinya kalau file backup website anda 59MB kemarin dan hari ini jadi 71MB maka yang terjadi adalah sekitar 12MB akan dikirimkan dan file di lokasi tujuan akan disama dengan yang di asal.

Kenapa harus menggunakan Rsync?

Sebenarnya tidak harus menggunakan Rsync apabila anda ingin mentransfer atau memindahkan file. Seperti yang saya utarakan diatas bahwa banyak sekali cara yang dapat anda pilih, tapi dari kesekian banyak cara yang dapat digunakan, Rsync adalah cara yang paling efektif, efisien dan fleksibel.

 

Berikut adalah beberapa kelebihan Rsync jika dibandingkan tools yang sejenis :

 

  • Lebih Cepat

 

Bagi anda yang pernah menggunakan FTP atau SCP, mungkin anda pernah merasa kesal pada saat menunggu proses transfer filenya yang sangat lama, meskipun sebenarnya koneksi internet anda cepat, secepat kilat. Setidaknya, itulah yang pernah saya alami ketika menggunakan 2 tools tersebut untuk mentransfer file dari komputer lokal saya ke dalam komputer server.Hal yang berbeda justru saya alami ketika melakukan transfer file dengan menggunakan Rsync. Seluruh folder (direktori) berikut file-file dan sub-sub direktori yang terdapat pada direktori tersebut dapat ditransfer dengan sangat cepat, walaupun ukuran direktorinya lumayan besar.

 

Semua itu dapat terjadi dikarenakan Rsync dapat melakukan pipelining. Pipelining adalah teknik yang digunakan untuk merealisasi Parallel Processing, yaitu dengan membagi operasi ke dalam k-stage (beberapa tingkatan) atau sub-operasi, sehingga pada satu saat ada k operasi berjalan yang sekaligus. Dengan pipelening ini, maka pekerjaan yang dilakukan oleh Rysnc jauh lebih cepat dan lebih efektif jika dibandingkan pekerjaan yang dilakukan oleh FTP atau SCP yang tidak dapat melakukan pipelening.

 

  • Hemat Bandwidth

 

Bagi anda yang menggunakan jaringan internet pasti selalu memikirkan bandwidth atau kuota. Meskipun bandwidth anda cukup melimpah, tapi jika ada cara untuk menghemat bandwidth tersebut kenapa tidak?.Rsync mempunyai alogaritma khusus yang disebut dengan alogaritma Rsync. Alogaritma ini berguna untuk melakukan pengecekan perbandingan checksum terhadap blok-blok dalam file di kedua sisi, baik sisi pengirim maupun sisi penerima.

Dipublikasikan oleh Irsan Koestiawan pada 30 Juli 2018. Belum ada komentar

Tulis komentar anda