Pengertian dan sejarah AdSense

AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog pribadi yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari […]

AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog pribadi yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Sejarah Singkat Google Adsense

Sejarah Google Adsense berawal dari peluncuran pertama kali dari Applied Semantic pada 18 juni 2003. Applied Semantic sendiri kemudian di akusisi oleh Google karena menurut mereka memiliki teknologi pendukung untuk Adsense yang tidak lama kemudian disebut menjadi Google Adsense.

 

Google Adsense adalah program periklanan yang dimiliki oleh google dengan tujuan agar setiap klien atau para penerbitnya dapat menampilkan iklan mereka entah itu berupa teks otomatis, gambar, video, atau iklan media interaktif di sebuah blog atau website dengan konten tertarget yang memenuhi setiap persyaratan dan kebijakan yang di berlakukan oleh pihak google.

 

Awalnya, adsense sendiri hanya mendukung beberapa bahasa saja seperti bahasa Inggris dan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang mendapat kesempatan pertama kali merasakan program periklanan ini adalah negara Thailand. Setelah beberapa tahun kemudian, program ini mengalami perkembangan yang pesat dan mulai merambah ke tanah air Indonesia dan secara resmi mendapatkan dukungan untuk unit iklan Adsense for Content, karena sebelumnya hanya Adsense for search.

 

Perlu di ketahui bahwa dalam program periklanan Google Adsense sendiri terdapat beberapa istilah kategori iklan seperti unit iklan konten adsense (Adsense for Content). Ini adalah iklan Adsense yang terpasang dalam suatu halaman blog atau website yang memiliki hubungan atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual.

 

Contohnya, ketika kita memiliki sebuah blog dengan halaman yang berisi artikel postingan tentang suatu topik tertentu seperti kesehatan, maka secara otomatis iklan yang tampil adalah yang memiliki hubungan dengan kesehatan. Nah, ketika para pengunjung blog melihat iklan tersebut dan membuat mereka tertarik untuk mengkliknya tanpa harus terjadi penjualan sekalipun, maka publisher tau pemilik blog akan mendapatkan komisi sesuai dengan nilai CPC yang berlaku. Selain itu, Adsense for Content memiliki beberapa jenis iklan lagi seperti Ads unit dan Link unit.

 

Perkembangan Publisher Google Adsense Indonesia 

Di Indonesia perkembangan Google Adsense belum terlalu diminati atau dikenal oleh banyak orang, namun seiring dengan perkembangan teknologi masa kini di tambah lagi masyarakat tanah air semakin mudah mendapat akses layanan jaringan internet, maka ini bisa menjadi pemicu perkembangan Google Adsense kedepannya. Apalagi saat ini banyak bermunculan perusahaan Startup yang mau tidak mau harus melakukan promosi melalui Google Adword dimana hal inilah yang bisa saja mendongkrak pertumbuhan Google Adsense itu sendiri termasuk para publishernya.

 

Sebelumnya, pihak google sendiri pernah mengatakan bahwa hingga saat ini jumlah publisher mereka di seluruh dunia mencapai 2 juta. Jadi, jika  harus kita perkirakan jumlah publisher adsense untuk wilayah Indonesia saat ini mungkin hanya mencapai ribuan.

 

Namun, setelah melihat beberapa tahun terakhir jumlah ini bisa di katakan tidak akan mengalami perkembangan yang signifikan karena selain menerima publisher baru, pihak google juga melakukan beberapa pembersihan terhadap situs penayang iklan mereka  atau aksi banned setiap tahunnya. Ini mereka lakukan kepada setiap publisher yang memiliki blog atau website tetapi tidak mematuhi atau melanggar kebijakan mereka. Apalagi di tambah proses pendaftaran Google Adsense semakin sulit karena ulah para publisher itu sendiri.

 

Nah, kebetulan selama ini yang di kenal sebagai publisher paling nakal adalah para publisher yang bersal dari Indonesia dan kabar ini di peroleh dari salah seorang yang pernah diberitahukan oleh tim monetisasi Google Adsense yang juga merupakan orang Indonesia. Kebanyakan mereka (Publisher Asense) yang akunnya didisable, memperoleh email pemberitahuan Invalid Activity. Artinya mereka tidak mendapat kesempatan lagi untuk bergabung dengan program ini.

 

Walaupun demikian, ada juga publisher asal dari Indonesia yang sampai saat ini masih bertahan karena memilih menaati aturan Google Adsense dan terus bersabar. Alhasil mereka juga memperoleh pendapatan yang tidak kalah dari pera Publisher Adsense yang berasal dari luar negeri. Dan sampai sekarang ini sudah banyak yang berhasil dari Program Google Adsense tapi saya tidak akan menyebutkan nama mereka satu persatu di sini. Jika penasaran silahkan cari tahu di forum IPAD atau search aja di google.