Perbedaan Antara Prosesor Komputer dan Smartphone

Apakah Anda Tahu Apa Perbedaan Antara Prosesor Komputer dan Smartphone? Saya rasa sudah tidak asing lagi mendengar smartphone karena ponsel pintar ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat ponsel ini melaju pesat karena ponsel smartphone bersistem operasi android yang di perkenalkan tahun 2007, apalagi ada beberapa ponsel yang memiliki prosesor Quad-core dengan kecepatan 2,5 Ghz seperti […]

Apakah Anda Tahu Apa Perbedaan Antara Prosesor Komputer dan Smartphone? Saya rasa sudah tidak asing lagi mendengar smartphone karena ponsel pintar ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat ponsel ini melaju pesat karena ponsel smartphone bersistem operasi android yang di perkenalkan tahun 2007, apalagi ada beberapa ponsel yang memiliki prosesor Quad-core dengan kecepatan 2,5 Ghz seperti Sony Xperia Z2,LG G3,dan lain-lain.
Dengan Kemampuan prosesor yang sangat mengesankan pada smarphone tersebut tidak jauh lebih hebat dari prosesor komputer Intel Core i3 yang memiliki clock GHz yg jauh di bawahnya. Jumlah inti besaran GHz ternyata bukan satu-satunya indikator dalam menentukan kemampuan prosesor, nah ini ada beberpa faktor Perbedaan Antara Prosesor Komputer dan Smartphone :

  1. TDP

TDP atau singkatan dari Thermal Design Power maksud dari TDP adalah jika smartphone pada umumnya memiliki komponen yang kecil dan sensitif terhadap panas, untuk menekan konsumsi energi dan efek panas makan prosesor akan didesain dengan TDP rendah.

  1. Skala Program

Prosesor pada smartphone di desain dengan ukuran fisik (Fab Size) yang kecil dengan TDP (Thermal Design Powe yang kecil sehingga hanya mampu menjalankan program-program pada smartphone yang memang mempunyai skala program yang kecil, maka dari itu besaran GHz pada smartphone dan komputer tidak bisa dibandingkan karena memiliki segmen dan skala kerja yang berbeda.

  1. Komponen Pendukung lain

Pada Ram juga sangan berpengaruh, soalnya Kompatibiliti RAM pada prosesor smartphone paling canggih hanya memiliki set instruksi 32 bit dengan bandwith 12,5 Gb/s sedangkan komputer bisa mencapai 36 bit dengan bandwith hingga 21 Gb/s.

  1. Performa terbatas

prosesor pada smartphone jarang mencapai kecepatan tertinggi karena menghindari dari overheat atau menghemat kepada baterai, jika melebihi maka bisa menyebabkan kerusakan permanen karena ada beberapa komponen yang meleleh karena panas.