Sejarah dan fitur pada line

LINE dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama NHN Corporation. LINE pertama kali dirilis pada Juni 2011 dan mulanya hanya dapat digunakan pada sistem iOS dan Android. Setelah sukses pada kedua sistem tersebut LINE masuk dalam sistem operasi besutan BlackBerry. Lalu pada tahun 2012, LINE resmi meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat Mac dan Windows. Kesuksesan […]

LINE dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama NHN Corporation. LINE pertama kali dirilis pada Juni 2011 dan mulanya hanya dapat digunakan pada sistem iOS dan Android. Setelah sukses pada kedua sistem tersebut LINE masuk dalam sistem operasi besutan BlackBerry. Lalu pada tahun 2012, LINE resmi meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat Mac dan Windows. Kesuksesan LINE sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlihat dari pengguna yang mencapai 101 juta di 230 negara di dunia. LINE menduduki posisi 1 dalam kategori aplikasi gratis di 42 negara, di antaranya Jepang, Taiwan, Spanyol, Rusia, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Macau, Swiss, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan lain-lain. LINE akan membuka kantor di Indonesia secara resmi pada pertengahan 2012, dan lokalisasi konten aplikasi Indonesia direncanakan akan selesai tahun 2013.

Line pada awal dirilisnya hanya bisa dipakai di sistem operasi Android dan iOS pada Juni 2011. Mulai memasuki sistem operasi milik Blackberry ketika sudah sukses dengan dua sistem operasi sebelumnya. Kemudian Line mengeluarkan aplikasi yang bisa dipakai dalam perangkat bersistem operasikan Windows dan Mac secara resmi pada tahun 2012. Keberhasilan Line mulai muncul ketika penggunanya sudah berada di 230 negara diseluruh dunia dan jumlah penggunanya menyentuh angka 101 juta.

Konsumsi masyarakat akan teknologi menjadikan perusahaan-perusahaan teknologi selalu berinovasi melahirkan alat-alat canggih yang dapat mempermudah manusia dalam berbagai hal dalam kehidupannya. Kebutuhan akan informasi mendorong manusia untuk lebih mengerti akan kecanggihan beragam teknologi yang hadir saat ini. Teknologi tersebut mencakup banyak hal mulai dari kesehatan, ekonomi, bisnis sertai pendidikan.

Salah satu teknologi komunikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini adalah media sosial line (internet). Seluruh lapisan masyarakat mengenal teknologi komunikasi yang disebut media sosial line (internet), dari mulai anak-anak, remaja, dan orang tua. Dalam hal ini, masyarakat membutuhkan sarana komunikasi yang lebih efisien, sehingga berkomunikasi tidak terpaku pada satu tempat, Masyarakat ingin dapat melakukan komunikasi dimana saja dan kapan saja tanpa harus bertatap muka. Selain situs jaringan sosial ini, dengan ponsel pengguna juga mendapat banyak informasi dari layanan internet tersebut. Dengan media sosial line ini dapat membuka situs apa saja dan dimana, masyarakat jadi lebih mudah mengaksesnya. Selain memiliki fungsi sebagai alat komunikasi, media sosial line juga menawarkan berbagai fitur dan aplikasi yang sangat menarik dibandingkan applikasi messenger yang lain,diantaranya :

 

  • FREE CALL/VIDEO CALL via internet

Jika terjangkau jaringan 3G/4G atau melalui jaringan WIFI fitur ini akan sangat bermanfaat dan sangat berfungsi, teman saya sering berteleponan dengan temannya di Amerika melalui aplikasi Line. Kamu bisa telfon bahkan video call keseluruh dunia dan tidak lagi takut pulsa kesedot habis.

 

  • STICKER :

Sebuah fitur inovatif dan sangat menarik, karena selain emoji dan emoticon, di Line kita juga bisa bertukar sticker lucu-lucu, bahkan untuk saling “mengejek”.

  • ID yang fleksibel

Setiap pengguna Line diberi kebebasan untuk membuat “ID” nya sendiri, sangat menarik karena kita bisa menentukan “ID” sesuai tren.

 

  • QR Code & Shake It!

Selain ID, kita juga bisa menambah atau menemukan kontak teman melalui QR code, dan selanjutnya ada fitur yang benar-benar baru ditelinga saya, yaitu “Shake It!” suatu cara untuk menambah atau menemukan teman hanya dengan mengoyangkan ponsel berbarengan.

 

  • CUSTOMABLE TEMA :

Salah satu fitur yang membuat beberapa pengguna usia muda lebih menyukai Line adalah mode kustomisasi tema. Kamu dapat memilih tampilan aplikasi Line dengan beragam warna, desain dan juga karakter dari film atau hal lainnya. Tampilan tema ini meliputi gambar latar belakang, ikon dan juga tombol ya. Sedangkan untuk font tetap hadir secara normal supaya tidak mengganggu konsistensi desain dan mudah dibaca.

 

  • LINE TODAY :

Line today merupakan salah satu fitur yang terdapat pada line yang dimana pengguna bisa membaca berita elektronik dengan mudah dan cepat.

 

  • TIMELINE

Fitur ini untuk dapat melihat daftar update yang di update oleh pengguna line yang menjadi daftar kontak pada aplikasi ini.

Line mengizinkan penggunanya untuk berkirim pesan dan panggilan melalui smart phone mereka. Line menggunakan medium internet yang telah ada jadi panggilan dan pesan melalui line tidak ditarik biaya. Untuk membedakan dirinya dari aplikasi komunikasi yang lain line menawarkan game, aplikasi kamera dan platform social media miliknya sendiri. Bahkan platform sosial media line sendiri juga memiliki timeline dan homepage, mirip dengan Facebook. Aplikasi line tersedia pada platform iOS dan Android.

Line terkenal Stamps miliknya. Stamps sendiri adalah emoticon lucu, seperti tokoh kartun. line digemari karena pengguna di jepang yang sangat gemar menggunakan emoticon lucu sebagai pengganti kata.

Di Indonesia, Line telah mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan, mencapai 14 juta pengguna aktif. Sebuah pencapaian sukses yang fenomenal ini berasal dari usaha-usaha Line yang secara terus menerus untuk memberikan layanan yang bernuasa lokal. Selain kemitraan dengan banyak mitra lokal dan kampanye lokal yang sebelumnya menuai sukses seperti perlindungan Orangutan dan kampanye kegiatan Ramadhan, Line juga berencana menggelar serangkaian kegiatan yang khusus dirancang hanya untuk para pengguna di Indonesia. Terutama menjelang musim Natal yang akan segera tiba, Line akan menghadirkan sebuah Pop-up Store yang menyediakan aneka produk premium dan lucu khas Line termasuk boneka-boneka Line dan beragam pernak-pernik stationary untuk para penggemar Line. Sementara untuk lebih mendekatkan dengan komunitas masyarakat Indonesia, Line juga akan menggelar lebih banyak kegiatan dan kampanye lokal.