Sejarah Dan Fungsi Paypal

Paypal  Secara gampangnya, pengertian paypal adalah alat pembayaran ( uang , rekening bank ) yang bisa kita gunakan untuk segala macam transaksi jual beli online yang menerima pembayaran dengan paypal. Paypal sangat powerful, karena dapat juga kita gunakan untuk pembayaran lintas negara, misal : kita ingin membeli barang di amazon.com ataupun ebay.com yang notabene adalah […]

Paypal 

Secara gampangnya, pengertian paypal adalah alat pembayaran ( uang , rekening bank ) yang bisa kita gunakan untuk segala macam transaksi jual beli online yang menerima pembayaran dengan paypal. Paypal sangat powerful, karena dapat juga kita gunakan untuk pembayaran lintas negara, misal : kita ingin membeli barang di amazon.com ataupun ebay.com yang notabene adalah situs jual beli luar negeri, tentunya kita tidak bisa membayar barang yang kita beli dengan pembayaran langsung ( COD ) ataupun transfer menggunakan rekening bank lokal. Pembayaran hanya bisa dilakukan dengan menggunakan credit card dan juga virtual payment semacam Paypal.

Sejarah Paypal

Berawal dari University Avenue, Palo Alto, California, Amerika Serikat, pada akhir 1998, Peter Thiel dan Max Levchin mendirikan perusahaan bernama Confinity. Confinity menjadi perantara pembayaran Palm Pilot dan penyedia layanan kriptografi. Kemudian pada Maret 1999, Elon Musk mendirikan x.com  sebagai penyedia jasa perencanaan keuangan. Dan tak lama berselang Confinity dan x.com pada akhirnya bergabung menjadi PayPal Corporation tepatnya pada tahun 2000.

Potensi PayPal yang menjanjkan memikat eBay yang pada 1999 telah mengakuisisi Billpoint sebagai perantara pembayaran. eBay akhirnya mengakuisisi PayPal pada 2002 dengan nilai 1,5 miliar dolar Amerika. Sejak saat itu PayPal terkenal menjadi sarana pembayaran eBay.

PayPal mulai menjatuhkan pesaing-pesaingnya, Citibank C2IT ditutup pada 2003, diikuti Yahoo! PayDirect yang ditutup pada tahun 2004, dan pada 2005, BidPay milik Western Union ditutup. Total transaksi yang telah dilakukan pada 2006 mencapai 8 miliar dolar Amerika dan meningkat 41 persen dari tahun ke tahun. Sekarang kantor utama perusahaan tersebut berada di San Jose, California, Amerika Serikat.

Fungsi PayPal

Di dalam penggunaannya, PayPal menjadi salah satu alat transaksi online yang paling banyak dipilih dan digunakan secara global. Melalui PayPal, Anda dengan mudah bisa mengirimkan sejumlah dana kepada orang lain yang juga memiliki rekening PayPal. Selain mengirimkan dana, Anda juga bisa menerima sejumlah transfer dari seseorang yang memiliki rekening PayPal. Semua kemudahan ini tentu akan sangat berdampak positif bagi bisnis dan juga beragam urusan keuangan yang Anda jalankan, di mana PayPal memang memiliki jangkauan yang luas dan bisa diakses di berbagai negara di dunia.

PayPal membuat berbagai transaksi keuangan secara online menjadi lebih mudah dan cepat, semua orang bisa berkirim uang dan menerima uang dengan mudah melalui rekening PayPal yang mereka miliki. Dengan begitu, beragam transaksi jual beli bisa dilakukan dengan mudah dan praktis, karena semua orang dapat membeli dan menjual berbagai barang kebutuhan mereka melalui situs online yang menjangkau hampir seluruh belahan bumi ini. PayPal membuat berbagai transaksi keuangan menjadi lebih mudah, itulah mengapa banyak situs online yang menggunakannya menjadi salah satu alat pembayaran di dalam toko mereka.

PayPal juga dapat membantu menjaga kerahasiaan data diri Anda ketika melakukan berbagai kegiatan belanja online, di mana pembayaran melalui PayPal bisa dilakukan dengan mudah tanpa mengirimkan atau memberi tahu berbagai informasi perbankan Anda yang biasanya akan tersimpan di dalam kartu kredit atau rekening pribadi Anda yang lainnya.

Transaksi belanja dapat berjalan dengan sangat lancar, dan Anda tetap bisa menjaga kerahasiaan informasi perbankan Anda yang lainnya dengan aman, sebab menggunakan kartu kredit untuk belanja online tentu akan sangat riskan dan berisiko terhadap berbagai tindak kejahatan online yang belakangan ini marak terjadi.

Jika melihat angka penggunanya, maka PayPal menjadi salah satu alat pembayaran virtual yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Hal ini membuktikan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk ini begitu tinggi dan cukup besar. PayPal banyak digunakan sebagai sumber dana dalam melakukan berbagai transaksi online, baik itu pembayaran maupun penerimaan dana yang terjadi di dalam bisnis online.

Dipublikasikan oleh Irsan Koestiawan pada 14/04/2018. Belum ada komentar

Tulis komentar anda