Sejarah Ekstensi Domain baru

Anda mungkin pernah mendengar bahwa tahun lalu Perusahaan Internet untuk Nama dan Nomor yang Ditetapkan (ICANN), otoritas tertinggi yang mengawasi sistem Internet dunia, menerima lebih dari 1.900 aplikasi untuk ekstensi domain baru yang diusulkan. Sejak saat itu, mereka telah menjalani proses melalui aplikasi untuk memutuskan ekstensi domain mana yang pada akhirnya akan diluncurkan. Baru-baru ini, […]

Anda mungkin pernah mendengar bahwa tahun lalu Perusahaan Internet untuk Nama dan Nomor yang Ditetapkan (ICANN), otoritas tertinggi yang mengawasi sistem Internet dunia, menerima lebih dari 1.900 aplikasi untuk ekstensi domain baru yang diusulkan. Sejak saat itu, mereka telah menjalani proses melalui aplikasi untuk memutuskan ekstensi domain mana yang pada akhirnya akan diluncurkan. Baru-baru ini, kami telah melihat beberapa delegasi pertama, termasuk beberapa ekstensi domain internasional dan beberapa bahasa Inggris yang baru saja minggu ini.

Tapi, sebelum kita menggali terlalu dalam ke ekstensi domain baru, mari kita lihat kembali pada yang asli. Sebelum ekstensi domain pertama lahir, ada alamat IP. Sekarang saya yakin Anda sedang berpikir, tapi tunggu kami masih memiliki alamat IP hari ini! Anda akan benar, tapi sedikit lebih mudah untuk mengunjungi kami di dynadot.com vs. mengetik dalam urutan angka yang panjang (saya kira ini adalah alasan yang sama kami memiliki buku alamat telepon, kan?). Jadi, tujuh ekstensi domain pertama lahir:  .COM, .NET, .ORG, .EDU, .GOV, .MIL, and .ARPA.

Masing-masing dari tujuh ekstensi domain ini awalnya memiliki tujuan tertentu. . ARPA adalah domain pertama yang diinstal di DNS dan itu menjadi domain sementara untuk memfasilitasi transisi ARPANET ke DNS (ARPANET adalah salah satu pendahulu ke Internet). Untuk .EDU, .GOV, dan .MIL, tujuan awal telah bertahan dalam ujian waktu karena mereka lebih dibatasi.  .EDU adalah singkatan dari pendidikan dan untuk lembaga pendidikan terakreditasi AS  .GOV adalah singkatan dari pemerintah dan untuk entitas pemerintah di AS .MIL adalah militer dan digunakan untuk militer AS  .COM, .NET, dan bahkan .ORG ke tingkat yang lebih rendah, di sisi lain, semuanya berevolusi dari tujuan aslinya:

.COM adalah singkatan dari komersial dan ditujukan untuk entitas komersial
.NET adalah singkatan dari jaringan dan ditujukan untuk organisasi dalam teknologi jaringan
.ORG singkatan organisasi dan dimaksudkan untuk nirlaba.

Hari ini, .COM adalah domain yang paling populer untuk semua jenis situs web, apakah itu komersial atau tidak. .NET telah beralih dari teknologi jaringan dan sekarang dilihat sebagai salah satu alternatif terbaik untuk popular .COM. Seperti .COM, Anda akan melihat. NET digunakan untuk situs web individu dan bisnis di seluruh dunia. .ORG masih memiliki reputasi nirlaba, tetapi, karena tidak pernah secara khusus dibatasi untuk nirlaba, itu banyak digunakan oleh sekolah, kelompok masyarakat, bisnis, dan banyak lagi.

Segera setelah kelahiran beberapa ekstensi domain pertama ini, kode negara termasuk Amerika Serikat ‘ .US dan UK .UK dilahirkan. Setiap ekstensi domain kode negara (dengan beberapa pengecualian seperti .UK) didasarkan pada International Organization for Standards (ISO) 3166-1 alpha-2 kode negara dua huruf.
Inilah sebabnya mengapa negara-negara seperti Negara Bagian Independen Samoa memiliki domain kode negara seperti .WS, yang merupakan singkatan dari nama sebelumnya, Samoa Barat.

Hari ini, ekstensi domain kode negara yang paling populer adalah Jerman .DE dan Inggris .UK. .DE saat ini adalah ekstensi domain paling populer kedua di belakang .COM dan .UK adalah yang keempat yang paling populer di balik .NET. Keduanya banyak digunakan di negara asal mereka, begitu banyak sehingga Google akan peringkat situs web menggunakan .DE atau .CO.UK (.UK sendiri saat ini tidak memungkinkan pendaftaran langsung) lebih baik untuk pencarian yang berasal dari negara asal mereka.

Meskipun popularitas .DE dan .CO.UK meningkat di negara asal mereka, ini tidak berlaku untuk semua kode wilayah karena berbagai alasan. Akibatnya, beberapa negara telah memilih untuk memposisikan kode mereka di panggung dunia dan telah sangat berhasil. Dua contoh terbaik dari ini adalah .TV dan .ME.

.TV adalah kode negara dari negara pulau kecil Tuvalu. Mereka memilih untuk tidak hanya membuka ekstensi domain mereka ke dunia, tetapi juga untuk merek untuk digunakan oleh situs web dengan video karena, yah, itu .TV! Dalam kasus Tuvalu, mereka jelas tidak akan memiliki permintaan besar .TV karena populasi mereka hanya lebih dari 10.000 pada 2012. Karena mereka memberikan ekstensi domain yang terjadi untuk berbagi nama dengan TV, mereka mengambil keuntungan dan berganti nama.

.ME adalah kode negara Montenegro. Meskipun Montenegro memiliki populasi yang jauh lebih besar daripada Tuvalu – lebih dari 600.000 – mereka memilih untuk mengubah ekstensi domain mereka karena kemungkinan ekstensi domain seperti .ME. Hari ini, .ME populer untuk situs web pribadi, blog, dan bahkan situs web bisnis. Banyak pemula telah mengadopsi. ME sebagai cara unik untuk membedakan diri.

Seperti yang Anda lihat, sudah ada banyak pilihan berbeda ketika datang ke ekstensi domain. Jadi mengapa menambahkan lebih banyak? Terlepas dari kenyataan bahwa setiap negara memiliki ekstensi domain sendiri dan ada beberapa opsi untuk ekstensi domain generik, tidak ada yang mendekati popularitas .COM. Lebih dari 110 juta registrasi, melebihi .DE dan .NET sekitar 95 juta (keduanya memiliki sekitar 15 juta registrasi).

Ekstensi domain lainnya ditambahkan di masa lalu, termasuk .INFO dan .BIZ pada tahun 2001, untuk meringankan beban .COM, tetapi tidak ada yang bahkan nyaris membuat lekukan (. INFO dan .BIZ memiliki sekitar 8 juta pendaftaran gabungan). Masih harus dilihat apakah merilis 1900 ekstensi domain baru ini akan berdampak pada pemerintahan yang kuat .COM.  Either way, itu akan menarik untuk melihat pengaruh pada industri dan Internet secara keseluruhan.