Tentang DVI

DVI (Digital Video Interface) Digital video interface adalah konektor video yang di desain untuk memaksimalkankualitas gambar dan tampilan digital,contohnya monitor komputer panel flat dengan teknologi LCD atau LED dan proyektor digital DVI dikembangkan oleh sebuah konsorsium,Digital Display Working Group(DDWG). Standar awal DVI dibuat untuk monitor berbasis teknologi CRT,dan tidak menggunakan Discrete time. Kabel jenis ini […]

DVI (Digital Video Interface)

Digital video interface adalah konektor video yang di desain untuk memaksimalkankualitas gambar dan tampilan digital,contohnya monitor komputer panel flat dengan teknologi LCD atau LED dan proyektor digital

DVI dikembangkan oleh sebuah konsorsium,Digital Display Working Group(DDWG).

Standar awal DVI dibuat untuk monitor berbasis teknologi CRT,dan tidak menggunakan Discrete time.

Kabel jenis ini lebih sering digunakan untuk monitor LCD. Dari namanya saja sudah dapat kita simpulkan bahwa kabel DVI memiliki kualitas yang baik dari segi kemampuan. Kabel Digital Video Interface ini mampu menghilangkan noise pada video saat konversi analog maupun konversi digital. Jenis kabel DVI yang paling sering digunakan adalah yang memiliki 24 pin.

DVI memiliki fungsi yang sama dengan kabel VGA, hal mendasar yang dapat membedakan kabel DVI dan VGA berada pada kemampuan. DVI lebih unggul dan jika dibandingkan harganya, DVI masih tetap unggul.

Kabel DVI mampu untuk streaming video dalam kualitas tinggi (HD) dan dengan konektor Dual-Link, kabel DVI mampu hingga 2560 sampai 1600 pixel.

 

Berikut adalah jenis-jenis konektor pada DVI

  • Tipe DVI-A, Pada semua jenis konektor DVI ini dapat bekerja dengan baik untuk berbagai jenis video sehingga tidak bergantung pada jenis kabel yang digunakan, seperti VGA.
  • Tipe DVI-D, pada tipe ini konektor memiliki lempengan di salah satu sisinya, dan tidak terdapat pin diatas maupun dibawah lempengan tersebut. DVI-D digunakan khusus untuk mentransmisikan video digital.
  • TipeDVI-I, pada tipe konektor DVI ini, mempunyai kemiripan dengan tipe DVI-D, hanya saja konektor ini memiliki 4 buah pin disekitar lempengannya. Keempat pin tersebut akan membawa sinyal analog sehingga konektor DVI-I dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal digital dan analog sekaligus. perbedaan dari DVI-I dengan DVI-I terletak pada konektor yang berbeda, yaitu single link dan dual link . Konektor Single linkmemiliki sekumpulan pun yang berlubang ditengahnya, sedangkan konektor dual link memiliki kumpulan pin yang lengap berjumlah 24 buah dan terbagi menjadi tiga baris. konektor dual link ini dapat digunakan untuk keperluan resolusi video yang lebih tinggi.