Tentang SSHD

Pengertian Solid State Hybrid Drive (SSHD) Solid State Hybrid Drive atau SSHD adalah sebuah media penyimpanan yang merupakan gabungan (hybrid) antara teknologi SSD dan HDD. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh SSHD ini adalah pada proses boot-time yang lebih cepat dibandingkan HDD. Kenapa ini bisa terjadi ? Karena Disk Buffer yang dimiliki oleh SSHD ini […]

Pengertian Solid State Hybrid Drive (SSHD)

Solid State Hybrid Drive atau SSHD adalah sebuah media penyimpanan yang merupakan gabungan (hybrid) antara teknologi SSD dan HDD. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh SSHD ini adalah pada proses boot-time yang lebih cepat dibandingkan HDD. Kenapa ini bisa terjadi ? Karena Disk Buffer yang dimiliki oleh SSHD ini menggunakan chip NAND seperti pada SSD.

Awal Munculnya SSHD

Teknologi Harddisk Hybrid mulai diperkenalkan sejak awal tahun 2007 oleh Seagate dan Samsung dengan memperkenalkan drive hybrid pertama yakni Seagate Momentus PSD dan Samsung SpinPoint MH80. Kedua model ini datang dengan ukuran 2.5-inci, menampilkan 128MB atau 256MB NAND flash memori pilihan. Seagate Momentus PSD menekankan efisiensi daya untuk pengalaman yang lebih mobile dan bergantung pada Microsoft Vista Ready Drive. Produk ini tidak diadopsi secara luas.

Fungsi Solid State Hybrid Drive (SSHD)

Fungsi SSHD memiliki fungsi yang sama seperti HDD dan SSD sebagai media penyimpanan data pada komputer atau laptop. Dengan menggunakan SSHD ini diharapkan komputer anda memiliki kecepatan yang lebih baik dibandingkan saat menggunakan HDD sebagai media penyimpanan datanya.

 

SSHD memang merupakan teknologi baru media penyimpanan data. Perusahaan ternama Seagate telah mengeluarkan SSHD for laptop dan desktop dengan kapasitas 500 GB, 1TB, dan 2TB. Harga SSHD lebih tinggi dibandingkan SSHD dan lebih murah dibandingkan SSD.

 

Seagate SSHD memadukan kecepatan luar biasa hard disk solid state (SSD) dengan kapasitas hard disk yang tinggi untuk mendongkrak kinerja sistem Anda. Diberdayakan oleh teknologi Adaptive Memoryâ„¢, teknologi SSHD memungkinkan sistem Anda melakukan booting, memuat, dan menjalankan aplikasi dengan lebih cepat. Lakukan lebih banyak hal dan hemat waktu dengan SSHD untuk PC laptop atau desktop Anda.