Cara Order Domain dan Hosting di Jogja Web

Panduan memesan domain dan hosting secara mandiri melalui panel pelanggan Jogja Web

Membeli domain di Jogja Web tidaklah sulit. Hanya mengikuti langkah-langkah yang ada, anda sudah bisa membeli domain di Jogja Web. Meskipun begitu, kami tetap akan menuliskan panduan bagaimana membeli domain dan hosting di Jogja Web

Order Hosting di Jogja Web
Halaman order hosting

Pertama-tama, yang harus anda lakukan adalah masuk ke halaman panel pelanggan Jogja Web yang beralamat di https://hub.jogjaweb.co.id. Setelah itu klik pada menu Store -> Shared Hosting. Anda akan dibawa ke halaman daftar layanan Cloud Hosting yang saat ini tersedia. Silahkan klik pada salah satu tombol hijau yang berkaitan dengan paket hosting yang anda inginkan.

Halaman tautan domain ke hosting Jogja Web

Setelah itu anda akan dibawa ke halaman penautan domain ke hosting. Anda diberikan pilihan, yakni:

  • Melakukan pembelian domain baru,
  • Transfer domain ke sistem Jogja Web jika anda sudah memiliki domain sebelumnya,
  • Menggunakan domain yang sudah anda miliki, dimana anda memiliki kewajiban untuk mengubah Nameserver sesuai dengan petunjuk dari kami nantinya

Berhubung saat ini kami membahas pembelian domain dan hosting, artinya pilihan jatuh pada opsi pertama, yakni pembelian domain baru. Masukkan domain yang anda inginkan di kolom nama domain, lalu pilih ekstensi yang diinginkan. Jika dikatakan bahwa domain anda tersedia, maka scroll ke bawah dan klik pada tombol biru bertuliskan Continue.

Tampilan pengaturan opsi hosting yang akan dipesan

Masuk di halaman penyetelan opsi hosting, silahkan diubah pada:

  1. Billing cycle, yakni masa sewa yang anda inginkan. Misalnya jika ingin menggunakan hosting 1 bulan saja, maka biarkan pada menu bulanan. Pilihan yang tersedia adalah bulanan, triwulan, semester dan tahunan. Harga akan menyesuaikan.
  2. Lokasi Server, yakni lokasi server untuk hosting anda. Saat ini kami memiliki dua pilihan, yakni Lansing, Amerika Serikat dan Softlayer, Singapore. Jika tidak ada perubahan, maka default-nya adalah Lansing, AS.

Anda bisa cek biaya hosting yang harus dibayar di sebelah kanan. Jika anda setuju, klik tombol Continue. Selanjutnya anda akan dibawa ke pengaturan Domain.

Halaman pengaturan domain, silahkan pilih addon-nya

Masa aktif domain adalah kelipatan tahun. Yakni 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, dan seterusnya. Secara otomatis, ketika registrasi hosting anda 1 tahun atau kurang dari 1 tahun, maka masa aktif domain hanya 1 tahun. Jika lebih, anda dapat mengubahnya pada layar selanjutnya. Berikut adalah add-on pada domain yang ada di Jogja Web:

  • DNS Management, yakni addon yang memungkinkan anda menggunakan DNS server bawaan dari Registrar domain. Jika anda menggunakan hosting kami, DNS Management sebenarnya tidak diperlukan.
  • Proteksi ID, yakni melindungi data anda dari data miner yang melihat informasi pemilik domain lalu digunakan sebagai sasaran spam. Di Jogja Web, biaya untuk Proteksi ID adalah Rp. 37.500,-
  • Email Forwarding, berguna jika anda mengelola DNS di server bawaan Registrar. Jika anda menggunakan hosting kami, maka tidak berguna, email dapat disetup di cPanel hosting anda.

Selanjutnya anda bisa klik Continue untuk dibawa ke halaman Tinjauan Order.

Pastikan order anda sudah benar di halaman ini

Di halaman ini anda dapat meninjau kembali domain dan hosting yang ingin anda pesan. Di sebelah kanan juga ada total biaya yang harus anda bayar. Total biaya tersebut belum termasuk fee payment gateway dan pajak, jika ada.

Halaman checkout di Jogja Web

Setelah masuk ke halaman Checkout, anda dapat mengisi data diri/identitas anda, yakni:

  • Nama depan dan nama belakang, dimana nama belakang adalah opsional karena ada banyak orang Indonesia dengan nama hanya satu kata. Jika nama anda lebih dari 2 kata, pastikan hanya memasukkan kata paling belakang sebagai nama belakang. Misal nama anda adalah Susanto Dwi Prabowo, maka masukkan nama Susanto Dwi sebagai nama depan dan Prabowo sebagai nama belakang.
  • Alamat email dan nomor ponsel. Ini adalah bagian yang paling penting. Kami mengirimkan invoice via email dan mengirim pemberitahuan via SMS. Jadi pastikan email dan nomor telepon anda aktif.
  • Company name, opsional. Bisa anda isi organisasi, sekolah atau kampus anda.
  • Street address, bisa diisi alamat kantor, rumah, kampus, perusahaan atau lainnya
  • Street address 2, opsional, tidak diisi juga tidak apa-apa.
  • City, isi dengan kota yang berkaitan dengan street address sebelumnya
  • State adalah propinsi, jadi diisi dengan propinsi yang berhubungan dengan city.
  • Scroll ke bawah, akan ada kolom password. Masukkan password yang anda inginkan, lalu ulangi lagi di sebelah kanan.
  • Pilih cara pembayaran anda, apakah transfer bank BNI, Mandiri, BCA, Jenius atau BTPN. Pembayaran Tunai langsung di kantor kami juga bisa.

Setelah itu anda akan langsung dibawa menuju invoice yang harus dibayar, seperti dibawah ini.

Invoice yang harus dibayar, nih…

Anda juga bisa cek email yang anda tulis di pendaftaran, untuk melihat invoice dan semua nomor rekening kami. Pastikan anda melakukan konfirmasi transfer via website, email atau SMS setelah anda melakukan transfer.