8 Fakta Menarik Tentang Nama Domain

Apakah anda tahu tentang perkembangan nama domain di dunia ini? Perlu Anda ketahui bahwa sudah terhitung lebih dari 148.344.875 nama domain yang sudah diregistrasikan saat ini. Bahkan setiap hari jumlah ini bisa naik hampir sekitar 100.000 nama domain yang diberikan dan juga diambil. Anda dapat memeriksa berapa banyak domain yang terdaftar atau dihapus setiap harinya […]

Apakah anda tahu tentang perkembangan nama domain di dunia ini? Perlu Anda ketahui bahwa sudah terhitung lebih dari 148.344.875 nama domain yang sudah diregistrasikan saat ini. Bahkan setiap hari jumlah ini bisa naik hampir sekitar 100.000 nama domain yang diberikan dan juga diambil. Anda dapat memeriksa berapa banyak domain yang terdaftar atau dihapus setiap harinya dengan memeriksa Statistik Internet pada WHOIS. Internet adalah sesuatu yang besar, tempat yang besar dan tumbuh dengan sangat pesat.

Berikut ini 8 fakta nama domain yang menarik yang perlu anda ketahui:

  1. Symbolics.com adalah domain pertama yang pernah terdaftar. Domain Symbolics.com terdaftar pada tanggal 15 Maret 1985, sehingga domain tersebut menjadi domain .com pertama di dunia.
  2. Sampai tahun 1995 pendaftaran nama domain tersebut gratis! sekali lagi ya, GRATIS.Pada tahun 1995, Network Solutions diberikan wewenang untuk memulai pengisian untuk nama domain. Domain mulai dari $100 untuk pendaftaran selama 2 tahun dan kemudian turun menjadi $70 pada tahun 1997. pendaftaran harga untuk nama Domain telah turun pada saat itu sejak ICANN (The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) dibentuk untuk mengontrol pendaftaran domain.
  1. Ekstensi domain Nigeria (.ng) adalah TLD yang paling mahal yang dapat anda daftarkan. biayanya $ 40.000/tahun untuk pendaftarannya.
  2. com seharusnya adalah Googol.com.Seperti Larry Page, seorang co-founder dari Google.com bercerita:

    “Lucas Pereira berkata: kamu idiot, kamu mengejanya (Googol) itu adalah kesalahan! Tapi tidak sepenuhnya hal ini adalah hal yang buruk, karena Google.com telah tersedia, sedangkan Googol.com tidak. Dan sekarang kebanyakan orang mengeja “Googol” dengan sebutan“Google”, jadi hal ini pun sudah berjalan dengan baik pada akhirnya.” Aku yakin mengatakan begitu.

 

  1. VacationRentals.com adalah domain yang paling mahal yang pernah dijual. Domain tersebut dibeli dengan harga $35 juta pada tahun 2007. “Satu-satunya alasan mengapa kami membeli itu karena Expedia tidak bisa memiliki url itu,” kata HomeAway Pendiri dan CEO Brian Sharples.
  2. Semua domain tiga-karakter diambil. Tiga domain karakter tersebut menjadi populer karena mereka begitu mudah diingat, tapi untuk mendaftarkan satu saja sudah tidak mungkin, sekarang harganya menjadi cukup mahal karena tiga karakter tersebut telah di ambil. Ditandai pada tahun 1997 dimana semua domain tiga karakter tersebut telah diambil.
  3. Mike Mann adalah seorang pemegang rekor yang pernah mendaftar paling banyak domain sebanyak 14.962 domain dalam satu hari. Ketika ditanya mengapa ia membelinya ia menjawab “Saya benar-benar serakah. Saya ingin memiliki dunia\”.
  4. Apakah anda tahu bahwa nama anda dapat di batalkan jika informasi anda pada pendaftaran domain anda salah dan anda gagal untuk menanggapi pertanyaan registrar dalam waktu lima belas hari? Jadi pastikan anda harus bisa menanggapi pertanyaan tersebut.

Nah, itulah tadi 8 fakta menarik tentang nama domain. Tunggu apa lagi? Segera dapatkan domain anda sekarnag juga. Sebelum domain kesayangan anda diambil oleh orang lain.

 

Dipublikasikan oleh Neti Isnaini pada 18/01/2017. Belum ada komentar

Tulis komentar anda