Pengertian Aplikasi dan Contohnya

Kita menggunakan berbagai macam aplikasi komputer setiap hari. Tahukah anda sebenarnya apa itu pengertian dari aplikasi komputer?

Aplikasi? Sebenarnya apa itu aplikasi? Pernah terfikir dalam benak saya untuk mengetahui yang lebih jelas apa itu sebenarnya aplikasi? Setelah saya belajar tentang aplikasi dari berbagai sumber, akhirnya saya menemukan banyak pendapat.

Apa itu sistem operasi/Operating System?

Pendapat yang saya temukan lebih dari satu. Di Indonesia saja, ada beberapa ahli yang mengutarakan pendapatnya tentang aplikasi. Pendapat-pendapat tersebut antara lain:

  • JOGIYANTO (1999:12). Aplikasi merupakan penggunaan dalam suatu komputer, instruksi (instruction) atau pernyataan (statement) yang disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat memproses input menjadi output.
  • HENGKY W. PRAMANA. Aplikasi merupakan satu unit perangkat lunak yang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan akan berbagai aktivitas ataupun pekerjaan, seperti perniagaan, periklanan, pelayanan masyarakat, game dan berbagai aktivitas manusia lainnya .

Selain itu, menurut KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ) aplikasi merupakan penerapan dari rancangan sistem untuk mengolah data yang menggunakan ketentuan bahasa pemrograman tertentu dan juga suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari pengguna.

Ilustrasi aplikasi komputer. Sumber: jejumedia.com

Sedangkan menurut Wikipedia aplikasi merupakan suatu sub kelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas dari pengguna.

Dengan demikian dapat diambil kesimpulan. Aplikasi adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah user. Beberapa jenis aplikasi seperti:

  1. Aplikasi perkantoran , seperti Microsoft office, Open Office.org, Kingsoft Office 2007, Suite Office Software, dsb.
  2. Aplikasi editing gambar, seperti Corel Draw, Picasa, Adobe Photoshop, ACD See, dsb.
  3. Aplikasi editing video, seperti Windows Movie Maker, Allok, Pinnacle Studio, dsb.
  4. Aplikasi animasi, seperti  Macromedia Flash, Swismax, Corelrave, Blender, dsb.
  5. Aplikasi web browser, seperti Opera, Google Chrome. Mozilla Firefox, dsb.
  6. Aplikasi antivirus, seperti Avira, Smadav, Avast, dsb.
  7. Aplikasi email client, seperti Yahoo Messager, Gmail, dsb.

Klasifikasi aplikasi digolongkan menjadi beberapa kelas, seperti perangkat lunak pendidikan, perangkat lunak media dan hiburan, perangkat lunak informasi kerja, perangkat lunak rekayasa produk, perangkat lunak pengembangan media, perangkat lunak perusahaan (enterprise), dan perangkat lunak infrastruktur perusahaan.

Cara kerja aplikasi

Aplikasi tidak akan bekerja tanpa adanya sistem operasi, karena sistem operasi bertindak sebagai perantara antara perangkat keras dan program aplikasi. Pemutar media, pengolah kata, serta lembar kerja merupakan salah satu contoh perangkat lunak aplikasi. Terkadang beberapa aplikasi digabung menjadi satu yang disebut sebagai application suite. Sebagai contoh Microsoft office yang merupakan penggabungan aplikasi lembar kerja, pengolah kata, ataupun dengan aplikasi yang lainya.

Dalam satu paket aplikasi biasa terdapat antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga mempermudah pengguna untuk mempelajari dan dalam penggunaan aplikasi tersebut. Kemampuan mereka yakni saling interaksi sesama yang saling menguntungkan, seperti satu dokumen pengolah kata terdapat satu lembar kerja meskipun dalam pembuatanya dibuat dalam aplikasi lembar kerja yang berbeda.

Nah, ulasan diatas tersebut merupakan uraian tentang pengertian aplikasi serta penjelasanya. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.