Apa itu Processor?

Benda yang satu ini disebut dengan processor, sebagai salah satu komponen dari perangakat keras komputer ia bertugas untuk memahami dan kemudian melaksanakan perintah yang diberikan oleh perangkat lunak. Istilah CPU juga kerap sekali digunakan untuk menyebut benda yang satu ini. Meski processor ini ukurannya hanya sebesar chip, namun ia mampu mengatur semua aktifitas-aktifitas yang ada […]

Benda yang satu ini disebut dengan processor, sebagai salah satu komponen dari perangakat keras komputer ia bertugas untuk memahami dan kemudian melaksanakan perintah yang diberikan oleh perangkat lunak. Istilah CPU juga kerap sekali digunakan untuk menyebut benda yang satu ini.

Meski processor ini ukurannya hanya sebesar chip, namun ia mampu mengatur semua aktifitas-aktifitas yang ada dalam komputer. Processor ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan kalkulator, namun kinerjanya lebih kuat dalam hal pemrosesan.

Satuan kecepatan yang digunakan oleh processor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz (1000 Mega Hertz), jadi nilainya ikut mempengaruhi proses kecepatan. Ketika nilainya semakin besar maka proses eksekusinya pun juga akan semakin cepat.

Beberapa komponen yang berada dalam processor tersebut antara lain: Input kontrol yang berfungsi mengatur jalannya program, register tempat penyimpanan yang kecil dimana kecepatan aksesnya cukup tinggi dan digunakan untuk menyimpan data yang sedang diproses, ALU yang berfungsi untuk melakukan proses aritmatika dan juga operasi logika sesuai dengan intruksi yang diberikan, CPU interconnection fungsinya untuk menghubungkan komponen internal CPU.  Dapat dikatakan bahwa fungsi processor atau  CPU tersebut adalah berperan sebagai kalkulator yang memproses suatu aritmatika atau logika. \

1940 merupakan tahun diamana processor ini pertama kali dibuat. Namun jangan salah sangka, karena bentuknya belum seperti yang kita jumpai saat ini. Duluny aprocessor ini masih berupa sekumpulan tabung kedap udara yang bentuknya seperti botol. Sedangkan untuk satu buah CPU/processor saja membutuhkan ribuan botol tersebut. Wah banyak bukan? Apalagi daya yang bisa diberikan oleh tabung/botol-botol tersbut sangat sebentar. Sudah jelas hal tersebut juga akan mempengaruhi penggunaan listrik yang cukup tinggi.

Komputer manakah yang kira-kira yang pertama kali menggunakan processor jenis ini? Ia adalah ENIAC (Electrenical Numerical Integrator and Computer). J.P Eckert dan juga J.W Maughly lah yang telah mengembangkanny untuk pertama kali di Amerika Serikat. Terdiri dari 18.000 tabung untuk komputer jenis ENIAC.

Tahun 1948, komputer generasi kedua sudah mulai menggunkan transistor. Kemudan semikonduktor digunakan pada komputer generasi ketiga. Yang pertama kali mengembangkan processor tersebut dalam bentuk PC (Personal Computer) adalah Intel. Hingga akhirnya processor tersebut sudah mulai berkembang hingga saat ini.