Bahasa pemrograman ruby

Apa itu pemrograman ruby? Ruby adalah sebuah bahasa pemrograman yang bisa dibilang bahasa yang seimbang. Ruby ialah bahasa pemrograman yang dinamis dan juga sederhana. Bahasa Pemrograman Ruby ini dibilang sederhana karena hampir rata-rata semua programmer pemula bisa dengan cepat menguasai Bahasa yang satu ini. Bahasa Pemrograman Ruby merupakan salah satu dari beberapa Bahasa Pemrograman yang […]

Apa itu pemrograman ruby?

Ruby adalah sebuah bahasa pemrograman yang bisa dibilang bahasa yang seimbang. Ruby ialah bahasa pemrograman yang dinamis dan juga sederhana. Bahasa Pemrograman Ruby ini dibilang sederhana karena hampir rata-rata semua programmer pemula bisa dengan cepat menguasai Bahasa yang satu ini. Bahasa Pemrograman Ruby merupakan salah satu dari beberapa Bahasa Pemrograman yang sangat mudah dipahami, Seperti Bahasa Pemrograman pengertian dari HTML Dan Bahasa Pemrograman pengertian dari HTML  Namun Bahasa Pemrograman Ruby ini jauh lebih simpel dibandingkan kedua bahasa pemrograman tadi itu. Bahasa Pemrograman Ruby yang simpel ini dibuat oleh Yukihiro Matz Matsumoto, Dia adalah seorang programmer laki-laki asal negeri tirai bambu jepang yang sudah mendesain dan membuat Bahasa Pemrograma Ruby ini yang sampai sekarang masih digunakan oleh banyak programmer-programmer untuk membuat suatu program ataupun aplikasi. Bahasa Pemrograman Ruby ini dibuat oleh Yukihiro Matsumoto pada awal tahun 1993 dan diresmikan di akhir tahun 1994. Sebenarnya tujuan utama dari dibuat dan dirilisnya Bahasa Pemrograman Ruby ini adalah untuk menyatukan semua kelebihan-kelebihan Bahasa Pemrograman Script lain.

 

Kelebihan-Kelebihan Dari Bahasa Pemrograman Ruby, Diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Bahasa Pemrograman Ruby merupakan Bahasa Pemrograman yang berorientasi kepada suatu objek/sebuah objek dengan baik.
  2. Bahasa Pemrograman Ruby memiliki Script dan kode-kode yang mudah dipelajari dan mudah dipahami.
  3. Bahasa Pemrograman Ruby mempunyai sintaks yang lumayan bagus dan sangat sederhana.
  4. Bahasa Pemrograman Ruby termasuk Bahasa yang membuka sumbernya/sumber terbuka, Yaitu Bahasa Pemrograman yang bisa digunakan dan dipakai oleh siapa saja dan kalangan apa saja serta dapat ikut turut serta untuk mengembangkannya.
  5. Bahasa Pemrograman Ruby mempunyai sistem yang dengan otomatis akan langsung menghapus semua data-data yang sudah tidak terpakai dan tidak digunakan lagi yang terdapat pada memori.

 

Platform Sistem Operasi apa saja yang mendukung Bahasa Pemrograman Ruby ini, Diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Sistem Operasi Linux.
  • Sistem Operasi Unix.
  • Sistem Operasi Amiga.
  • Sistem Operasi Symbian.
  • Sistem Operasi Windows.
  • Sistem Operasi Mac.
  • Sistem Operasi Morph.
  • Dan Sistem Operasi lainny