5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menginstal OS Linux di Komputer

Dibandingkan sistem operasi lainnya, OS Linux memang mempunyai tingkat popularitas yang rendah. Terlebih jika dibandingkan dengan Windows. Meski begitu, hal ini tidak mengurangi kelebihan yang bisa dijumpai pada Linux. Mulai dari ketersediaan distro yang bejibun dan fitur-fitur menarik yang ada di dalamnya. Meski begitu, memang tak bisa dimungkiri kalau Linux sangat kurang diminati oleh masyarakat […]

Dibandingkan sistem operasi lainnya, OS Linux memang mempunyai tingkat popularitas yang rendah. Terlebih jika dibandingkan dengan Windows. Meski begitu, hal ini tidak mengurangi kelebihan yang bisa dijumpai pada Linux. Mulai dari ketersediaan distro yang bejibun dan fitur-fitur menarik yang ada di dalamnya.

Meski begitu, memang tak bisa dimungkiri kalau Linux sangat kurang diminati oleh masyarakat umum. Mereka yang memakai Linux kebanyakan adalah yang sudah ‘jago komputer’. Padahal, saat ini banyak juga lho distro Linux yang bisa digunakan dengan cukup mudah untuk para pemula.

Bagi yang masih ragu untuk menggunakan OS Linux, mungkin lima alasan di bawah ini bisa dijadikan pertimbangan.

  1. Menginstal Linux tak berarti meninggalkan Windows Lho

Sistem operasi Linux bisa diinstal pada komputer secara berbarengan dengan OS Linux, atau dual boot. Ditambah lagi, menginstal Linux juga bisa dilakukan menggunakan USB flash disk.

  1. Pengaturan mudah

Bayangan pertama kali yang muncul saat memikirkan Linux adalah penggunannya yang ribet. Namun jangan salah, seperti yang telah diungkapkan di atas, Linux saat ini bisa juga digunakan oleh para pemula. Ubuntu misalnya. Distro Linux yang satu ini didesain untuk para pemula lengkap dengan fitur-fitur seperti yang ada pada Windows.

     3. Aplikasi yang dibutuhkan, semuanya tersedia

Menggunakan Linux pun dibarengi dengan keberadaan aplikasi yang menunjang. Mulai dari keberadaan aplikasi Thunderbird untuk sarana email, LibreOffice untuk membuat dokumen, Evolution yang merupakan versi Linux dari Outlook, aplikasi edit foto GIMP dan lain-lain.

Pengguna Linux pun dapat pula memakai aplikasi populer seperti Google Chrome, VLC Player, Dropbox, Skype ataupun Spotify. Dan jangan lupa, saat ini juga cukup banyak aplikasi yang bisa diakses secara online. Office Online dari Microsoft adalah salah satu contohnya.

  1. Keamanan terjaga

Dibandingkan Windows, pengguna Linux sangatlah kecil. Hal ini pun berdampak positif terkait keamanan data pada komputer. Jumlah hacker yang melakukan aksi isengnya di perangkat Linux pun sangat terbatas. Ditambah lagi, OS Linux merupakan sebuah sistem operasi yang didesain untuk keamanan.

     5. Memakai Linux = mendukung komunitas open source

Penggunaan Linux juga merupakan salah satu aksi dukungan terhadap komunitas open source. Hal ini pun bakal berdampak positif pada ketersediaan aplikasi-aplikasi gratis yang bisa digunakan secara bebas. Semakin banyak dukungan, tentu saja semakin banyak aplikasi gratis yang bakal dikembangkan.