Pengertian Restfull API

RESTful API / REST API merupakan implementasi dari API (Application Programming Interface). REST (Representional State Transfer) adalah suatu arsitektur metode komunikasi yang menggunakan protokol HTTP untuk pertukaran data dan metode ini sering diterapkan dalam pengembangan aplikasi. Dimana tujuannya adalah untuk menjadikan sistem yang memiliki performa yang baik, cepat dan mudah untuk di kembangkan (scale) terutama dalam pertukaran […]

RESTful API / REST API merupakan implementasi dari API (Application Programming Interface). REST (Representional State Transfer) adalah suatu arsitektur metode komunikasi yang menggunakan protokol HTTP untuk pertukaran data dan metode ini sering diterapkan dalam pengembangan aplikasi. Dimana tujuannya adalah untuk menjadikan sistem yang memiliki performa yang baik, cepat dan mudah untuk di kembangkan (scale) terutama dalam pertukaran dan komunikasi data.

RESTFUL API memiliki 4 komponen penting di dalamnya diantaranya adalah

URL Design
RESTful API diakses menggunakan protokol HTTP. Penamaan dan struktur URL yang konsisten akan menghasilkan API yang baik dan mudah untuk dimengerti developer. URL API biasa disebut endpoint dalam pemanggilannya.

HTTP Verbs
Setiap request yang dilakukan terdapat metode yang dipakai agar server mengerti apa yang sedang di request client

  • GET
    GET adalah metode HTTP Request yang paling simpel, metode ini digunakan untuk membaca atau mendapatkan data dari sumber.
  • POST
    POST adalah metode HTTP Request yang digunakan untuk membuat data baru dengan menyisipkan data dalam body saat request dilakukan.
  • PUT
    PUT adalah metode HTTP Request yang biasanya digunakan untuk melakukan update data resource.
  • DELETE
    DELETE adalah metode HTTP Request yang digunakan untuk menghapus suatu data pada resource.

HTTP Response Code
HTTP response code adalah kode standarisasi dalam menginformasikan hasil request kepada client. Secara umum terdapat 3 kelompok yang biasa kita jumpai pada RESTful API yaitu :

  • 2XX : adalah response code yang menampilkan bahwa request berhasil.
  • 4XX : adalah response code yang menampilkan bahwa request mengalami kesalahan pada sisi client.
  • 5XX : adalah response code yang menampilkan bahwa request mengalami kesalahan pada sisi server.

Format Response
Setiap request yang dilakukan client akan menerima data response dari server, response tersebut biasanya berupa data XML ataupun JSON. Setelah mendapatkan data response tersebut barulah client bisa menggunakannya dengan cara memparsing data tersebut dan diolah sesuai kebutuhan.

Dipublikasikan oleh Irsan Koestiawan pada 14/04/2018. Belum ada komentar

Tulis komentar anda