Tentang HDMI

HDMI atau High-Definition Multimedia Interface adalah konektor audio atau video digital dalam perangkat elektronika yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antara sumber video seperti DVD player, komputer, digital audio player, dll dan menghubungkannya ke perangkat penerima misalnya digital audio amplifier atau LCD monitor. SEJARAH PERKEMBANGAN HDMI TAHUN 2002 Pada tahun 2002 teknologi HDMI dirancang untuk memenuhi […]

HDMI atau High-Definition Multimedia Interface adalah konektor audio atau video digital dalam perangkat elektronika yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antara sumber video seperti DVD player, komputer, digital audio player, dll dan menghubungkannya ke perangkat penerima misalnya digital audio amplifier atau LCD monitor.

SEJARAH PERKEMBANGAN HDMI

TAHUN 2002

Pada tahun 2002 teknologi HDMI dirancang untuk memenuhi tutuntutan kualitas digital tinggi yang kompatibel, akhirnya pada tahun 2002 HDMI Versi 1.0 diperkenalkan

TAHUN 2004

Pada tahun ini HDMI versi 1.1 lahir dan penjualan meningkat pesat hingga sebanyak 5 Juta unit,

TAHUN 2005

Pada tahun 2005, karena mendapat respon dan permintaan pasar yang kian banyak, inovasi HDMI ini pun terus dikembangkan hingga pada Agustus 2005, HDMI merilis versi 1.2 dengan dukungan maksimal 8 kanal satu bit audio, konektor HDMI tipe A tersedia untuk sumber dari PC, dan mendukung sumber bertegangan rendah. tak hanya itu pada Desember tahun yang sama HDMI 1.2a juga lahir yang mempunyai dukungan penuh fitur Consumer Electronic Control (CEC), rangkaian perintah, dan tes pemenuhan CEC.

TAHUN 2006

tahun 2006 HDMI mengeluarkan HDMI versi 1.3 dengan mengeluarkan inovasi dan fitur lebih banyak dan lebih canggih

TAHUN  2007

Pada 2007 Penjualan makin meningkat menjadi 143 Juta unit  dan menjadi standard de facto bagi perangkat HDTV dimana sekitar 90% TV digital telah dilengkapi dengan HDMI.

TAHUN 2009

Pada tahu 2009 perangkat HDMI telah terpasang pada lebih dari 600 juta perangkat HDMI,Hingga menjadi pendorong utama pada pasar konsumen elektronik hingga dianggap sebagai salah satu inovasi terpenting dalam dekade trakhir dan mendapat banyak penghargaan.

TAHUN  2011

memsauki tahun 2011, pengembang mendirikaan foum komunikasi HDMI, wahana konsultasi dan informasi terbuka bagi pengusaha yang tertarik dalm pengembangan teknologi HDMI.

TAHUN 2013

HDMI telah mengeluarkan versi 2.0 dan berkemampuan semakin canggih dan mampu menjalankan video dengan resolusi 4K dalam 60 fps (frame per secon), dan pada tahun yang sama HDMI telah terpasang pada 3 Miliar perangkat elektronik.

 

KEMAMPUAN CANGGIH HDMI

berikut bebrapa fitur canggih yang ditawarkan teknologi HDMI :

  1. Satu Kabel Untuk Semua

Dengan menggunakan HDMI berarti kita sudah menghemat penggunaan kabel yang ribet pada perangkat yang kita gunakan, HDMI dari sekian banyak kecanggihan yang dimilikinya hanya dibungkus dengan satu kabel namun komunikasi trasper tidak terpaku pada satu fungsi saja, Satu kabel HDMI menawarkankualitas transper dan menerima data digital baik audio maupun vidio digital yang lebih baik.

  1. Kualitas transfer digital Tinggi

Melihat pada sisi namanya “High Definisi” HDMI punya andalan dari segi kualitas, Koneksi HDMI mendukung High Definitios Quality pada Vidio dan audio, karena throughput HDMI setidaknya 10,2 Gbps, yang kompatibel terhadap sinyal HD yang umumnya mencapai resolusi 1080p. Speed rating yang lebih tinggi menandakan peningkatan bandwidth untuk mendukung format video, audio, seperti halnya HDMI mendukung resolusi tinggi 480p/720p bahkan 1080p dengan kualitas yang sangat baik,

  1. Banyak dukungan perangkat

Jangan takut menggunakan HDMI, karena banyak sekali perangkat yang mendukung koneksi HDMI seperti HDTV, projektor, DVD, Blu-ray, PC, laptop, konsol game, kamera digital, dan masi banyak lagi. Koneksi HDMI dianalisir akan menjadi standard komunikasi data pada berbagai perangkat, seperti fungsi USB yang menjadi salah satu standar yang dapat kita temui di semua perangkat digital, dan bisa jadi dengan inovasi HDMI yang kian maju ini akan menggeser inovasi lama, seperti penggunaan port VGA yang mulai ditinggalkan dalam perangkat Laptop keluaran baru.