Dampak perubahan wordpress bagi Pengembang

Masa depan memiliki banyak tantangan bagi orang-orang seperti saya yang telah berkembang dengan WordPress selama bertahun-tahun. Tantangan utama adalah pindah dari PHP dan menuju Javascript. Saya telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk membangun keterampilan PHP saya, dan saya tahu saya masih harus belajar lebih banyak. Tapi kemampuan Javascript saya sangat mendasar sekarang. Saya percaya bahwa di masa depan, itu […]

Masa depan memiliki banyak tantangan bagi orang-orang seperti saya yang telah berkembang dengan WordPress selama bertahun-tahun. Tantangan utama adalah pindah dari PHP dan menuju Javascript.

Saya telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk membangun keterampilan PHP saya, dan saya tahu saya masih harus belajar lebih banyak. Tapi kemampuan Javascript saya sangat mendasar sekarang. Saya percaya bahwa di masa depan, itu perlu diubah jika saya ingin terus berkembang dengan WordPress.

Untuk saat ini, bahkan setelah REST API dan Gutenberg berubah, Anda dapat terus mengembangkan di PHP. Tema masih dibangun menggunakan mereka, dan kebanyakan plugin. Tetapi semakin banyak plugin yang menggabungkan proporsi Javascript yang signifikan, dan ini akan meningkat ketika Gutenberg digulirkan ke inti. Saya tidak akan terkejut jika pada titik tertentu, semakin banyak tema mulai dikembangkan menggunakan Javascript, bukan minoritas kecil yang eksperimental sekarang.

Ini akan dipaksa jika inti WordPress sendiri berevolusi untuk memasukkan lebih banyak Javascript dan kurang PHP, sesuatu yang menurut saya Gutenberg tidak dapat dihindari.

Jadi kenyataannya adalah: jika Anda ingin tetap di depan persaingan, Anda harus mulai bekerja di Javascript dan bukan hanya PHP. Pikiran yang menakutkan bagi seseorang seperti saya di kaki kurva belajar itu!

Untuk pengembang yang masuk ke WordPress, ini kurang masalah. Saya berharap bahwa mayoritas pengembang yang datang ke WordPress akan melakukannya karena mereka melihat peluang untuk menggunakan bahasa ujung depan yang sudah mereka ketahui. Lagi pula, jika Anda seorang pengembang PHP dan Anda belum bekerja dengan WordPress, di mana saja Anda selama lima belas tahun terakhir?

Ini berarti akan ada lebih banyak tekanan dalam komunitas untuk fokus pada Javascript yang akan mengarah ke lebih banyak inti Javascript, yang pada gilirannya akan mendorong lebih banyak pengembang ujung depan untuk bekerja dengan WordPress, menciptakan siklus penguatan diri. Dalam waktu lima tahun, kita bisa melihat sekelompok orang baru yang memimpin di rilis WordPress dan berbicara di WordCamps, dan mereka tidak akan menjadi pengembang PHP.