(HARD)WARE?

Apa sih Hardware yang satu ini? Terkadang kita masih sering bingung untuk menjelaskan apa itu hardware, bagaimana sejarahnya, jenis-jenis serta fungsinya apa saja dan siapa saja sih penemunya? Bahkan kadang-kadang kita sendiri sering salah menyebutkan pengertian antara hardware dengan software karena sama-sama memakai kata “ware” dibelakangnya. Yuk kita bahas dulu mulai dari defisininya karena semua […]

Apa sih Hardware yang satu ini?

Terkadang kita masih sering bingung untuk menjelaskan apa itu hardware, bagaimana sejarahnya, jenis-jenis serta fungsinya apa saja dan siapa saja sih penemunya? Bahkan kadang-kadang kita sendiri sering salah menyebutkan pengertian antara hardware dengan software karena sama-sama memakai kata “ware” dibelakangnya.

Yuk kita bahas dulu mulai dari defisininya karena semua berawal dari perkenalan, kita wajib untuk mengetahui pengertian dari hardware terlebih dahulu. Singkatnya hardware itu adalah komponen fisik dari sebuah komputer. Jadi hardware itu bisa dilihat dan juga bisa disentuh oleh kita. Kita juga bisa menyebutnya dengan perangakat keras. Dari sini sudah paham ya?

Tentunya komponen komputer tersebut tidak sedikit, kita harus mempelajarinya semua sehingga kita tahu apa saja fungsi dari masing-masing perangakat keras tersebut.

Gambar diatas merupakan salah satu komponen komputer yang disebut dengan hardware. Benda yang satu ini bisa kita lihat dan juga bisa kita sentuh. Dilihat dari contoh tersebut kira-kira komponen tersebut masuk kedalam kategori perangakat keras yang mana ya?

Baiklah kita lanjut lagi mengenai pembagian dari perangkat keras atau hardware, disini terbagi menjadi tiga, apa saja?

Yang pertama ada perangkat input atau masukan, nah perangkat ini tugasnya menjalankan intruksi yang dimasukkan oleh pengguna komputer, misalnya mouse atau keyboard.

Kedua, ada perangkat pemrosesan. Hardware ini bertugas memproses semua perintah yang diberikan oleh pengguna komputer. Contohnya seperti prosesor.

Dan yang ketiga adalah perangkat keluaran/output. Perangkat ini memiliki tugas menampilkan suatu proses dari intruksi pengguna yang, misalnya monitor.

Dari sini sudah lebih paham lagi ya apa yang dimaksud dengan hardwawe, kemudian pembagiannya apa saja. Jadi, contoh gambar diatas merupakan salah satu komponen perangakat keras yang masuk masuk kedalam kategori perangkat input/masukan.