Hardware Pendingin PC Cooler / Heatsink

  Jika kita mendengar namanyPC Cooler / Heatsinka pasti akan langsung berasumsi bahwa benda yang satu ini bisa merubah sesuatu yang panas menjadi dingin. Terdengar dari katanya yaitu “cooler” atau dapat diartikan sebagai pendingin. Tentu yang di dinginkan disini bukan semua benda atau bahkan orang ya. Tapi yang di dinginkan disini adalah komputer. Gambar dikutip […]

 

Jika kita mendengar namanyPC Cooler / Heatsinka pasti akan langsung berasumsi bahwa benda yang satu ini bisa merubah sesuatu yang panas menjadi dingin. Terdengar dari katanya yaitu “cooler” atau dapat diartikan sebagai pendingin. Tentu yang di dinginkan disini bukan semua benda atau bahkan orang ya. Tapi yang di dinginkan disini adalah komputer.

Gambar dikutip dari id.aliexpress.com

Komponen ini berfungsi untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh komputer selama komputer sedang digunakan. Karena panas yang terjadi pada mesin komputer dapat memperlambat kinerja komputer jika dibiarkan saja. Sehingga untuk mengurangi kemungkinan buruk yang bisa terjadi pada komputer kita bisa menggunakan beberapa pendingin seperti heatsink yaitu sebuah logam yang di design khusus yang menggunakan bahan tembaga dan alumunium yang fungsinya memperluas transfer panas dari sebuah prosesor.

Selain itu kita juga bisa menggunakan Heatsink Fan (HSF) hampir mirip dengan heatsink sih sebenarnya, hanya saja ada tambahan kipas sehingga lebih mempercepat proses transfer panas. Selanjutnya ada water cooling yaitu menggunakan cairan pendingin. Ada lagi dry ice dan nitrogen cair yang nantinya pendingin akan langsung ditempelkan pada processor dengan tabung tenaga, dan yang terakhir ada TEC (Thermoelectric Cooler) dengan mengalirkan listrik pada salah atu sisi sedangkan yang lainnya tidak, jadi sisi yang diarusi listrik akan dingin sedangkan sisi lainnya panas.

Apakah komputer atau leptop anda sudah menggunakan salah satu hardware yang disebut dengan cooler/heatsink ini? Kegunaannya cukup bermanfaat sih, namun jika tidak menggunakna cooler/heatsink ini anda bisa merawat komputer anda dengan cara yang lain. Sehingga panas pada komputer anda tidak akan mudah merusak mesin komputer.