Hardware, Webcam

Kamera yang satu ini jelas bed aya dengan kamera yang biasa kita gunakan untuk selfie. Ya meskipun namanya sama, tapi kegunaannya sedikit berbeda. Mulai dari tempatnya, dan juga perangkat yang menggunakannya. Kamera web atau yang biasa disebut dengan Webcam merupakan sebuah sebutan untuk kamera waktu nyata (keadaan yang sedang terjadi saat itu juga) yang mana […]

Kamera yang satu ini jelas bed aya dengan kamera yang biasa kita gunakan untuk selfie. Ya meskipun namanya sama, tapi kegunaannya sedikit berbeda. Mulai dari tempatnya, dan juga perangkat yang menggunakannya.

Kamera web atau yang biasa disebut dengan Webcam merupakan sebuah sebutan untuk kamera waktu nyata (keadaan yang sedang terjadi saat itu juga) yang mana gambarnya bisa dilihat melalui Waring Wera Wanua yaitun sebuah program pengolah pesan cepat atau aplikais pemanggilan video.

Ada beberapa tipe Webcam antara lain Slim1320, Slim 2020AF,  Eye 312. Eye 110, i-Look 1321 dan masih ada beberapa lagi yang lain, namun saat ini sudah banyak kamera digital dan Handphone yang sudah bisa dijadikan sebagai webcam. Webcam dibuat dari lensa kamera standar yang dipasang pada sebuah papan sirkuit agar bisa menangkap gambar.

Pada awalnnya bentuk webcam masih sangat sederhana dan standar, namun dengan seiring berjalannya waktu kini bentuknya sudah sangat beragam begitu pula dnegan fitur-fiturnya yang mulai canggih.

Pada awalnya juga webcam ini mendapatkan dukungan secara komersial dari sebuah industri pornografi. Dikarenakan industri ini membutuhkan gambar-gambar yang “live” serta meminta untuk dibuatkan software yang mampu melakukannya tanpa web browser plugins. Dan akhirnya hal inilah yang mengakibatkan teknologi live streaming webcam ada hingga detik ini. Webcam yang ada dipasaran saat ini memiliki dua tipe yaitu web camera permanen (fixed) dan revolving web camera.

Selain itu ada beberapa fitur dan juga setting webcam antara lain:

  1. Motion sensing, dimana ketika kamera mendeteksi gerakan ia akan mengambil gambar.
  2. Image archiving, dapat adigunakan oleh pengguna untuk membuat sebuah archive yang mampu menyimpan semua gambar dari web camera maupun gambar-gambar tertentu ketika interval pre-set.
  3. Video messaging, ada beberapa program messaging sebagai salah satu fitur pendukung.
  4. Advanced connection, fitur ini berguna untuk menyambungkan perangkat home theater ke webcam melalui kabel ataupun nirkabel.
  5. Automotion, sebuah kamera robotik yang memungkinkan untuk pngambilan gambar secara pan atau tilt dan setting program pengambilan frame berdasarkan pada posisi kamera.
  6. Streaming media, sebuah aplikasi profesional yang mana setup webcam dapat menggunakan kompresi MPEG4 untuk mendapatkan streaming audio maupun video yang sesungguhnya.
  7. Custom coding, mampu mengimport kode dari komputer pengguna untuk memberi intruksi pada webcam apa yang harus dilakukan.
  8. AutoCam, dengan ini pengguna dapat membuat web page untuk webcam secara gratis di server perusahaan yang membuat webcam.