Jenis USB

USB Standard A USB Standard A merupakan rancangan asli USB yang berbentuk persegi panjang dan rata, konektor USB (colokannya) disebut USB Male (jantan) sedangkan port USB (lubang-nya) disebut USB Female (betina), namun secara pribadi Saya kurang setuju dengan penggunaan istilah Male dan Female pada USB karena saat konektor USB (Male, jantan) dihubungkan ke port USB […]

USB Standard A

USB Standard A merupakan rancangan asli USB yang berbentuk persegi panjang dan rata, konektor USB (colokannya) disebut USB Male (jantan) sedangkan port USB (lubang-nya) disebut USB Female (betina), namun secara pribadi Saya kurang setuju dengan penggunaan istilah Male dan Female pada USB karena saat konektor USB (Male, jantan) dihubungkan ke port USB (Female, betina) maka… Saya yakin Anda mengerti apa yang Saya maksud.

USB Standard B

USB Standard B umumnya digunakan pada kabel printer atau scanner, USB yang dihubungkan ke komputer merupakan USB Standard A sedangkan yang dihubungkan ke printer atau scanner merupakan USB Standard B, bentuknya persegi dengan dua ujung (sudut) yang tumpul.

Mini-USB

Mini-USB adalah konektor standar untuk perangkat-perangkat mobile. Mini-USB lebih kecil ketimbang USB reguler, dan digunakan di perangkat kecil seperti smartphone, atau kamera digital. Mini-USB kini sudah ditinggalkan dan sebagian besar kini menggunakan micro-USB.

Micro-USB

Pembenahan bentuk dari Mini-USB, dan telah disepakati oleh banyak pabrikan untuk memproduksi berbagai perangkat mobile-nya dengan USB tipe ini. Bentuk USB inilah yang terdapat pada charger smartphone kita. Sebagai tambahan, hanya Apple yang tak menggunakan USB tipe ini.

USB tipe C

adalah varian terbaru dari port USB. Bahkan kehadirannya kini sudah mulai banyak digunakan dan sedang naik daun. Adapun keunggulan dari USB tipe-C ini yaitu USB tipe ini mampu digunakan secara bolak-balik. Dengan kata lain, anda tak harus berpikir bagaimana posisi mencolokkan port USB-nya ini karena anda bisa memasukkannya dengan bebas, dibolak balikpun tak masalah karena sama saja. Saat ini hampir semua smarthphone smartphone yang menggunakan USB tipe-C.

 

Adapun Keunggulan dari USB tipe-C yaitu pada tampilan desainnya terlihat lebih ramping dari tipe USB sebelumnya. Meskipun ramping, tapi USB tipe-C juga telah tersedia untuk port pada perangkat komputer, yang digunakan sebagai media jalur input atau output data, jalur charging baterai, penghubung display ke monitor, dan masih banyak lagi kegunaan lainnya. Berbagai keunggulan ini membuat USB Tipe-C mulai banyak dimanfaatkan oleh perusahaan teknologi.

 

Jika sebelumnya anda bingung membedakan antara tipe tipe USB yaitu tipe-A, USB tipe-B dan Tipe C, belum lagi ditambah dengan varian tipe USB turunannya seperti mini dan micro tentu akan membuat anda bingung. Tapi tenang untuk tampilannya, antara USB Tipe A, B dan C serta versi turunannya berbeda. Dari ketiganya yang hingga saat ini paling banyak ditemui dan digunakan adalah USB Type C.