Kegunaan hashtag

Untuk pengelompokan konten dan memudahkan pencarian Fungsi hashtag yang pertama yaitu untuk pengelompokan konten. Hashtag bisa digunakan untuk ditambahkan pada postingan berupa teks, foto, video, event, dan lain-lain. Dengan menyertakan hashtag pada postingan tersebut, maka nanti semua update-an tentang postingan yang kamu buat akan terorganisir dan terkelompok dengan baik.   Bagi orang-orang yang juga ingin […]

  1. Untuk pengelompokan konten dan memudahkan pencarian

Fungsi hashtag yang pertama yaitu untuk pengelompokan konten. Hashtag bisa digunakan untuk ditambahkan pada postingan berupa teks, foto, video, event, dan lain-lain. Dengan menyertakan hashtag pada postingan tersebut, maka nanti semua update-an tentang postingan yang kamu buat akan terorganisir dan terkelompok dengan baik.

 

Bagi orang-orang yang juga ingin mengikuti update seputar postingan tersebut, mereka bisa mengetikan hashtag yang dimaksud. Melakukan pencarian terhadap konten yang diinginkan pun semakin mudah. Misalnya saja kamu ingin mencari konten yang berhubungan dengan Jakarta, maka kamu tinggal mengetik hashtag #Jakarta pada kolom search di setiap media sosial. Maka semua konten yang berhubungan dengan Jakarta pun akan muncul.

 

  1. Untuk kebutuhan branding dan promosi

Selain untuk pengelompokan konten dan memudahkan pencarian, fungsi hashtag juga berguna untuk kebutuhan branding dan promosi di media sosial. Dengan cara membuat hashtag yang spesial pada setiap postingan, maka akan menjadikan ciri khas bagi sebuah brand. Misalnya saja seperti Bukalapak yang menggunakan hashtag #negocincai untuk mempromosikan fitur Nego terbarunya. Tentunya hal ini termasuk ke dalam kebutuhan branding, bukan?

 

Hashtag juga dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah event. Kamu bisa menyertakan hashtag #lombamenulis untuk promosi sebuah event lomba menulis atau #diskonakhirtahun untuk memberikan pengumuman pada postingan event diskon akhir tahun.

 

  1. Untuk kampanye lintas platform

Selanjutnya, hashtag juga bisa digunakan untuk melakukan kampanye lintas platform media sosial. Ya, misalkan saja, jika biasanya kita menyertakan hashtag di Twitter, maka dengan menyertakan hashtag di media sosial seperti Facebook atau Instagram tentang postingan yang sama, maka post yang kamu share di Twitter akan muncul pula di Facebook atau Instgram dengan mudah karena adanya hashtag yang sama tersebut. Dengan kata lain, hashtag yang kamu tulis di Twitter akan dengan mudah ditemukan juga di Facebook maupun Instagram.

 

Keberadaan hashtag di media sosial, memang dinilai dapat memberikan manfaat lebih khususnya untuk pemasaran atau promosi secara online. Walaupun terkadang, hashtag juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan personal branding. Itulah fungsi dari hashtag dan bagaimana cara menggunakannya di media sosial.