AdWords adalah platform periklanan dari Google dimana kita dapat mengatur iklan bisnis kita. Disini kita bisa mengatur tempat penempatan iklan di Google Search atau jaringan Google, lokasi target pasar, bahasa, dsb.
Platform periklanan AdWords adalah teman terbaik anda dalam pemasaran online. Mengerti apa saja fitur dan kelebihan dari alat ini, akan meningkatkan bisnis dan penjualan anda.
Dengan semakin kompleks fitur-fitur di dalamnya, kemampuan kita untuk merencanakan strategi pemasaran online menjadi tidak terbatas.
AdWords memungkinkan anda untuk menargetkan calon pelanggan anda berdasarkan keyword, topik, lokasi, hingga waktu. Dan anda dapat memulainya sesuai dengan budget pemasaran anda. Namun saya menyarankan untuk memulai dengan minimum Rp50,000 per hari.
Beriklan di Google dan Keuntungan-keuntungannya
Seperti banyak hal lainnya, beriklan di Google Adwords memiliki kelebihan dan kekurangan. Meskipun demikian, beriklan di Google Adwords memiliki jauh lebih banyak kelebihan daripada kekurangan. Oleh sebab itu, artikel ini akan membahas kelebihan yang akan didapatkan website dan toko online ketika beriklan di Google AdWords terlebih dahulu, baru kemudian membahas kelemahan dalam beriklan di Google AdWords.
Kelebihan pertama dan yang paling utama adalah biaya iklan yang terjangkau. Dibandingkan dengan menayangkan iklan di media cetak, menayangkan iklan di Google AdWords jauh lebih murah. Para ahli periklanan Google AdWords dapat membuat iklan yang sukses dan atraktif dalam waktu singkat dengan memperhatikan target pasar dan kualitas iklan, sehingga dapat mengontrol pengeluaran iklan namun tetap menjaga keunggulan dalam kompetisi bisnis.
Kelebihan lainnya, dengan beriklan di Google AdWords, informasi mengenai produk dan layanan Anda bisa diketahui oleh orang dari seluruh dunia. Namun demikian, Anda harus paham mengenai persaingan pasar dan analisa web yang baik, dan pemilihan kata kunci yang tepat.
Selain itu, iklan di Google AdWords bisa disunting kemudian hari setelah ditayangkan untuk menyesuaikan efektivitasnya terhadap peningkatan penjualan. Hal ini berbeda dari iklan di media cetak yang tidak akan bisa diubah jika iklan sudah ditayangkan.
Kelemahan Beriklan di Google
Setiap bentuk iklan tentu saja memiliki kekurangan, begitu pula iklan di Google AdWords. Salah satu kekurangannya adalah adanya kesulitan menarik pembeli potensial jika Anda tidak melakukan analisis website perusahaan Anda dengan baik. Analisis website yang kurang baik akan membuat kata kunci yang Anda pilih lemah dan kurang menguntungkan. Hasilnya, kampanye iklan Anda pun lemah dan tidak menguntungkan.
Setiap kampanye iklan yang Anda buat di Google AdWords harus dianalisis dan dites secara hati-hati. Seluruh proses tersebut memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun analisis kampanye iklan akan mendatangkan keuntungan yang besar untuk Anda.
Kelemahan dalam periklanan di Google AdWords biasanya muncul karena Anda kurang paham dengan dasar-dasar pengetahuan dalam periklanan Google AdWords. Beriklan di Google Adwords memang menjanjikan kemajuan usaha Anda, namun untuk mencapainya Anda membutuhkan banyak pengetahuan dan keahlian dalam menangani iklan melalui Google AdWords. Tanpa pengetahuan yang cukup di bidang internet dan periklanan Google Adwords, Anda tidak akan memperoleh keuntungan optimal yang Anda inginkan.