Mengenal Bahasa Pemrograman

Banyak sekali jenis-jenis bahasa pemrograman, tetapi juga banyak sekali diantara kalian yang masih belum paham apa sebenarnya bahasa pemrograman tersebut. Dipostingan saya kali ini akan membahas tentang apa yang dimasud dengan bahasa pemrograman. Langsung saja, berikut penjelasanya. Bahasa pemrograman merupakan sebuah instruksi untuk memerintah sebuah komputer. Dengan kata lain bahasa pemrograman adalah himpunan dari sintaks […]

Banyak sekali jenis-jenis bahasa pemrograman, tetapi juga banyak sekali diantara kalian yang masih belum paham apa sebenarnya bahasa pemrograman tersebut. Dipostingan saya kali ini akan membahas tentang apa yang dimasud dengan bahasa pemrograman. Langsung saja, berikut penjelasanya.

Bahasa pemrograman merupakan sebuah instruksi untuk memerintah sebuah komputer. Dengan kata lain bahasa pemrograman adalah himpunan dari sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer. Dengan bahasa ini seorang programmer dapat menentukan data yang akan diolah oleh komputer, disimpan ataupun diteruskan, maupun langkah selanjutnya dalam berbagai situasi. Pada zaman sebelum 1940, bahasa pertama kali muncul pertama kali, sebelum komputer modern ada. Untuk pertama kalinya bahasa pemrograman terdiri dalam bentuk kode bahasa mesin. Kode tersebut hanya terdiri dari kode 1 dan 0. Bahasa tersebut merupakan bahasa tingkat rendah. Pada tahun 1950 telah dibuat bahasa pemrograman yang turun temurun dan berkembang luas seperti saat ini. Dalam istilah lain bahasa ini dekat dengan bahasa manusia.

Sebagian besar dari beberapa jenis bahasa pemrograman digolongkan sebagai bahasa tingkat tinggi, hanya saja bahasa C yang digolongkan pada Bahasa tingkat menengah dan Assembly merupakan Bahasa tingkat rendah.

Dikalangan saat ini perkembangan bahasa pemrograman semakin pesat, seperti Delphi, Visual Basic, Java, C, C++, Pascal, PHP, Cobol dan masih banyak yang lainya. Sebuah karakter maupun struktur sebuah bahasa pemrograman yang satu dengan yang lain berbeda. Sebuah bahasa akan dibutuhkan sesuai dengan perangkat pendukung serta fungsinya.

Fungsi dari bahasa pemrograman antara lain memerintah sebuah komputer untuk mengolah data yang diinginkan oleh user atau seorang programmer. Sebuah program maupun aplikasi merupakan hasil output dari bahasa pemrograman. Contohnya seperti kasir yang berada pada mall.

Perkembangan bahasa pemrograman mengikut dari inovasi dunia teknologi. Beberapa contoh aplikasi yang sering dijumpai seperti bahasa yang digunakan untuk membuat aplikasi antivirus, web, game, dan sebagainya.

Cara kerja bahasa pemrograman yang satu dengan yang lain sangatlah berbeda. Dalam pembuatan sebuah program diutamakan untuk menulis source kode (kode sumber) pada teks editor yang selanjutnya diubah ke bahasa mesin yang dieksekusi leh CPU. Dalam proses tersebut terjadi dua proses pengubahan. Pertama Kompilasi. Dimana dalam proses tersebut source code akan dibaca terlebih dahulu oleh compiler, setelah semua benar maka terbentuk kode mesin, yang selanjutnya program bisa dijalankan. Bahasa Pascal, Assembly, C, C++ merupakan salah satu contoh dari beberapa bahasa yang menggunakan teknik kompilasi.

Kedua,Interpretasi. Dimana, dalam proses ini source code akan dibaca dan dieksekusi baris demi baris. Ketika dalam proses eksekusi terdapat kesalahan penulisan program dengan otomatis akan dihentikan oleh Interpreter. Bahasa Phyton, Perl, Ruby merupakan salah satu contoh dari beberapa bahasa pemrograman yang menggunakan teknik interpretasi.

Semoga bermanfaat. Terimakasih.