Mengenal NIC / LAN Card

LAN card atau yang biasa juga disebut dengan kartu jaringan, atau INC (Network Interface Card) merupakan sebuah kartu yang berfungsi untuk menghubungkan komputer kepada jaringan internet. Disini ada dua jenis INC yaitu yang bersifat fisik dan bersifat logis. Contoh dari INC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring dan masih ada juga yang lainnya. […]

LAN card atau yang biasa juga disebut dengan kartu jaringan, atau INC (Network Interface Card) merupakan sebuah kartu yang berfungsi untuk menghubungkan komputer kepada jaringan internet. Disini ada dua jenis INC yaitu yang bersifat fisik dan bersifat logis. Contoh dari INC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring dan masih ada juga yang lainnya. Sedangkan NIC yang bersifat logis adalah Loopback Adapter, dan Dial-up Adapter.

 

Pada setiap adapter dipasang nomor alamat yang disebut dengan MAC Address yang bersifat statis dan juga dapat dirubah oleh penggunanya. NIC fisik ini biasanya berupa kartu yang dapat ditancapkan pada slot di motherboard komputer. NIC fisik yang internet dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA. Atau bun PCI Express. Sedangkan yang eksternal berupa kartu dengan bus USB, PCMCIA, bus serial, bus paralel, atau express card. Sehingga dapat meninggkatkan mobilitas.

Gambar dikutip dari http://www.portwell.com

 

Kartu NIC fisik ini dibagi menjadi 2, ada yang menggunakan media jaringan yang spesifik, ada juga yang menggunakan arsitektur jaringan yang spesifik.

NIC memiliki tugas mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan diatas media jaringan. Sedangkan media yang umumnya digunakan adalah kabel UTP Category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e). Kabel fiber-optic, atau radio. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk berkomunikasi antar komputer dengan NIC yaitu dengan menggunakan I/O yang dipetakan ke memori, DMA (Direct Memory Acces) atau juga memori yang digunakan bersama-sama.

Selanjutnya yaitu NIC logis, NIC logis merupakan jenis NIC yang tidak dapat didefinisikan secara fisik. Sehingga program NIC logis ini dibuat seolah-olah ia mendefinisikan dirinya sendiri menjadi sebuah Network Interface Card.

Siapa yang sudah menemukan NIC/LAN card ini? Tentunya ia adalah seoarang yang sangat jenius. Ia bernama Robert Metcalfe. Ia sudah menemukan sebuah konsep dasar Ethernet. Ethernet tersebut dikembangkan lagi dengan tujuan untuk menghubungkan komputer yang ada di Xerox’s Palo Alto Research Center. Ethernet ini dulunya menggunakan paket digital dan juga kontrol yang didistribusikan untuk mengirimkan data melalui area network yang lebih banyak digunakan pada jaringan lokal atau LAN. Ethernet ini adalah semacam skenario perkabelan dan juga pemrosesan sinyal untuk data pada sebuah jaringan komputer.