Modem dan kegunaannya

Gambar dikutip dari http://themenetwork.net Mungkin beberapa dari kita merasa sedikit frustasi ketika tidak memiliki koneksi internet yang diinginkan. Kemudian, ketika kita memiliki kuota internet serta koneksi internet yang berlebih, kita tidak bisa membagi atau mengirimkannya kepada orang lain yang ada disekitar kita. Sedikit menjengkelkan ya? Tapi saat ini handphone yang kita gunakan sudah canggih. Jika […]

Gambar dikutip dari http://themenetwork.net

Mungkin beberapa dari kita merasa sedikit frustasi ketika tidak memiliki koneksi internet yang diinginkan. Kemudian, ketika kita memiliki kuota internet serta koneksi internet yang berlebih, kita tidak bisa membagi atau mengirimkannya kepada orang lain yang ada disekitar kita. Sedikit menjengkelkan ya? Tapi saat ini handphone yang kita gunakan sudah canggih. Jika seseorang membutuhkan koneksi internet dan kita memilikinya, kita tinggal mengaktifkan portable hotspot yang kita miliki sehingga orang lain bisa terkonekni dengan internet dengan menggunakan hotspot kita. Tapi, dengan konsekuensi kuota kita juga akan tersedot lebih banyak karena yang menggunakannya tidak hanya kita saja.

Lalu bagaimana dengan komputer yang tidak bisa dikoneksikan dengan internet? Tidak ada wifi, juga tidak ada portable hotspot dari handphone. Sudah pernah kenal dengan modem kan? Sudah dong pastinya, tapi mungkin beberapa masih belum tahu kegunaan, sejarah ataupun penciptanya. Nah kita disini akan membahas tentang modem.

Modulator merupakan sebuah bagian yang merubah sinyal informasi kepada sinyal pembawa (carrier) yang kemudian nantinya akan dikirimkan. Demulator merupakan bagian yang memisahkan sinyal informasi yang berisi data maupun pesan dari sinyal pembawa yang diterima oleh sebab itu pesan maupun informasi dapat diterima dengan baik. Sehingga antara modulator dan demodulator tersebut digabung menjadi satu Modem itu sendiri merupakan penggabungan dari keduanya yaitu Modulator dan Demodulator sehingga disebutlah dengan Modem yang berguna sebagai alat komunikasi dua arah.

Dengan modem data dari komputer yang awalnya berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal analog. Ketika modem tersebut sudah mendapatkan data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali menjadi sinyal digital untuk diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat di kirim melalui beberapa media komunikasi seperti telepon dan juga radio. Dan kemudian sinyal analog tersebut diubah kembali menjadi sinyal digital untuk diproses oleh komputer. Terdapat dua jenis modem yaitu internal dan eksternal.

Ada beberapa jenis modem antara lain; modem ISDN, modem GSM, modem analog (yaitu modem yang merubah sinyal analog menjadi sinyal digital), modem ADSL, modem kabel, modem CDMA. Modem itu sendiri ada dua macam yaitu modem internal dan juga modem eksternal. Sedangkan yang berdasarkan jaringannya modem dibagi menjadi modem yang menggunakan kabel dan modem yang tidak menggunakan kabel.

Penemu dari modem itu sendiri adalah Dennis C. Hayes dan Dale Heatherington pada 1997. Setelah intu Dennis membangun perusahaan dirumahnya sendiri dengan modal $5.000 hingga perusahaannya tersebut menjadi perusahaan industri IT terbesar. Sedangkan produknya adalah hasil dari temuannya yaitu sebuah modem board untuk komputer s-100 hingga komputer buatan Steve Jobs. Ia juga berjasa karena telah menemukan command set untuk modem PC pada tahun 1981. Temuannya yang dinamakan SmartModem dijadikan sebagai standar modem untuk komputer-komputer dimasa 1980 an. Dengan adanya hal tersebut perusahannya menjadi semakin maju serta ia sendiri menjadi CEO dari perusahaan Hayes Corp. Hingga sekarang temuannya tersebut sangat bermanfaat bagi kita semua karena dengan adanya modem kita sekarang lebih mudah untuk mengakses internet.