Orang-orang Dibalik Sistem Operasi

Generasi sistem operasi kedua dimulai pada tahun 1955-1965, dimana juga dimulainya diperkenalkan BPS (Bath Processing Sistem) yang merupakan sebuah pekerjaan yang dikerjakan dalam 1 rangkaian.

Berbicara tentang tokoh-tokoh sistem operasi, sebelumnya saya akan mengulas sedikit tentang apa itu sistem operasi . Sistem operasi adalah sebuah komponen software (perangkat lunak) yang mengolah hardware (perangkat keras). Sistem operasi bekerja menghubungkan software dan hardware.

Siapa Saja Tokoh Dibalik Sistem Operasi?

Tahun 1945-1955 merupakan tahun dimana awal perkembangan sistem operasi, dan ini juga merupakan generasi sistem operasi pertama perkembangan pengganti sistem komputasi mekanik menjadi sistem komputasi elektronik.

Generasi sistem operasi kedua dimulai pada tahun 1955-1965, dimana juga dimulainya diperkenalkan BPS (Bath Processing Sistem) yang merupakan sebuah pekerjaan yang dikerjakan dalam 1 rangkaian, selanjutnya proses pengeksekusian yang dilakukan secara berurutan. Generasi sistem operasi ketiga pada tahun 1965-1980. Pada tahun ini Sistem operasi dikembangkan secara lebih luas, sistem operasi bersifat multiuser karena user dapat berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer.

Pasca tahun 1980 sistem operasi semakin berkembang, dimana user menyadari keberadaan komputer yang terhubung sehingga sistem operasi mulai digunakan untuk jaringan komputer. Generasi selanjutnya yakni pasca tahun 2001 hingga saat ini. Sistem operasi berada dalam sistem operasi mobile (bergerak).

Ulasan tersebut merupakan penjelasan tentang pengertian sistem operasi dan sejarah perkembangannya. Bukan hanya satu atau dua , sistem operasi banyak jenisnya . Tapi, pernahkah diantara kalian berfikir siapa saja tokoh dibalik sistem operasi tersebut? Apa saja sistem operasi yang mereka ciptakan? Berikut penjelasanya.

Bill Gates – Microsoft Windows

Hampir semua orang memakai sistem operasi ini. Versi Windows yang sering dijumpai seperti : Windows XP, Windows Vista, Windows 8, Windows 7, Windows 98. William Hanry Gates III (Bill Gates) adalah penemu sistem operasi ini. William merupakan tokoh investor. Penulis asal Amerika ini menjabat sebagai direktur di Perusahaan Microsoft. William lahir di Seattle, Washington 28 Oktober 1955.

William Henry “Bill” Gates III. Source: gettyimages.com

Linus Torvalds – Linux

Linux merupakan sistem operasi open source. Distro linux atau turunan linux yang memiliki beberapa macam seperti Debian, RedHat(Fedora), Ubuntu, Suse, Slackware, dsb. Sistem operasi linux dikembangkan oleh Linus Benedict Torvalds. Linus lahir di Helsinku, Firlandia 28 Desember 1969.

Linus Torvalds. Source: itsfoss.com

Kenneth Thompson & Dennis Ritche – UNIX

Unix merupakan induk sistem operasi linux. Kenneth Thompson bersama rekannya Dennies Ritche adalah penemu dibalik sistem operasi ini. Kenneth dikenal melalui karya yang dibuatnya dalam pengembangan Sistem Operasi Unix. Kenneth lahir di New Orleans, Louisiana Amerika Serikat 4 February 1943.

Kenneth Thompson (kiri) & Dennis Ritche (kanan). Sumber: invent.org

Steve Jobs – Apple Macintosh

Apple Macintosh merupakan sistem operasi yang memiliki kemajuan dalam bidang grafik. Sistem operasi ini tidak dapat dipasang pada komputer biasa, sehingga membutuhkan hardware khusus. Steven Paul Jobs adalah tokoh dibalik munculnya sistem operasi ini. Steven lahir di San Fransisco, California Amerika Serikat 24 February 1955.

Steve Jobs. Source: france24.com

Tim Patterson – DOS (Disk Operating System)

Dos merupakan sistem operasi dengan interface command line yang dipakai user pada tahun 1980-an. Sejarah DOS dimulai dari Seattle Computer Products atau biasa dikenal SCP merupakan perusahaan yang diketuai oleh Tim Patterson yang direkrut Microsoft untuk dikembangkan pada tahun 1980.

Tim Patterson. Source: bizjournal.com

Andrew E. Rubin – Android

Android merupakan sistem operasi untuk pengguna handphone android. Sistem operasi ini termasuk sistem operasi open source, karena sistem ini berbasis linux. Andrew E. Rubin adalah penemu sistem operasi android. Dia juga menjadi Senior Vice  President Mobile Contant Digital di Google.

Nah, ulasan tersebut merupakan penjelasan tentang beberapa orang-orang dibalik sistem operasi yang patut kita ketahui. Selain yang disebut diatas masih banyak lagi berbagai macam sistem operasi beserta orang-orang dibalik sistem operasinya .