Pemrograman Java dan Cara Kerjanya.

Pemrograman Java dan Cara Kerjanya Java adalah sebuah Bahasa pemrograman yang dapat membuat seluruh bentuk aplikasi, web, mobile, desktop, dan lain-lain. Sebagaimana dibuat dengan menggunakan Bahasa pemrograman konvesional yang lain. .Keunggulan dari java ini sendiri ialah memiliki Bahasa yang sederhana atau mudah dipelajari. Pemrograman ini tidak menyediakan fitur-fitur yang rumit dan juga pekerjaan yang semula […]

Pemrograman Java dan Cara Kerjanya

Java adalah sebuah Bahasa pemrograman yang dapat membuat seluruh bentuk aplikasi, web, mobile, desktop, dan lain-lain. Sebagaimana dibuat dengan menggunakan Bahasa pemrograman konvesional yang lain.

.Keunggulan dari java ini sendiri ialah memiliki Bahasa yang sederhana atau mudah dipelajari. Pemrograman ini tidak menyediakan fitur-fitur yang rumit dan juga pekerjaan yang semula manual menjadi otomatis seperti dialokasi memori.

Untuk pengerjaannya seluruh program harus dideklarasikan terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Hal ini memungkinkan kompilator java menentukan dan melaporkan jika terjadi pertentangan yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kesalahan yang tidak perlu.

Kelebihan dari pemrograman java ini adalah Multiplatform yaitu dapat dilakukan beberapa system computer yang sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan dimana saja. Yang artinya cukup menulis sebuah program java dan dikompilasi sekali yang hasilnya dapat dilakukan oleh system computer lain tanpa harus merubah kode pada program tersebut. Pemrograman ini juga berorientasi objek dan memiliki kelas yang lengkap, yang berarti Bahasa ini memiliki kelengkapan perpustakaan ini dapat memudahkan untuk membangun aplikasinya. Dan dengan ditambahkannya keberadaan komunikasi java yang besar terus membuat perpustakaan baru untuk pembangun aplikasi. Selain itu program ini dapat mengumpukan sampah yang otomatis, jadi Java memiliki fasilitas untuk mengatur penggunaan memori, sehingga pengguna tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung.

Disisi lain, Bahasa pemrograman juga memiliki beberapa kelemahan seperti progam ini belum bisa di proses di Mac OS. Selain itu program ini mudah mengembalikkan dari kode menjadi kode sumber, dengan demikian algoritma yang digunakan program ini akan mudah dibajak. Bahasa pemrograman ini memakan kapasitas memori yang banyak.

Nah, kalo untuk cara kerja dari java ini ditulisakan berdasarkan urutan, berikut lebih detailnya

  • Pertama, kode program dituliskan dan disimpan dalam file yang bertipe dari sebuah file yang biasany dituliskan setelah nama dari file tersebut.
  • Kemudian kode dikompilasi dan menghasilkan kode objek yang disebut bytecode. Hasil kompilasi ini membuat file menyimpan perintah yang hanya dipahami oleh java.
  • Bytecode akan menerjemahkan baris demi baris yang hanya dilakukan saat program dijalankan.

Oke, ini sedikit penjelasan tentang Bahasa Pemrograman Java. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.