Pengertian Amazon Alexa

Amazon Alexa adalah asisten virtual yang dikembangkan oleh Amazon , pertama kali digunakan dalam Amazon Echo dan speaker pintar Amazon Echo Dot yang dikembangkan oleh Amazon Lab126 . Hal ini mampu interaksi suara, pemutaran musik, membuat daftar yang harus dilakukan, pengaturan alarm, streaming podcast, bermain audiobook, dan menyediakan cuaca, lalu lintas, olahraga, dan informasi real-time […]

Amazon Alexa adalah asisten virtual yang dikembangkan oleh Amazon , pertama kali digunakan dalam Amazon Echo dan speaker pintar Amazon Echo Dot yang dikembangkan oleh Amazon Lab126 . Hal ini mampu interaksi suara, pemutaran musik, membuat daftar yang harus dilakukan, pengaturan alarm, streaming podcast, bermain audiobook, dan menyediakan cuaca, lalu lintas, olahraga, dan informasi real-time lainnya, seperti berita. Alexa juga dapat mengontrol beberapa perangkat pintar yang menggunakan dirinya sebagai sistem otomasi rumah . Pengguna dapat memperluas kemampuan Alexa dengan menginstal “keterampilan” (fungsi tambahan yang dikembangkan oleh vendor pihak ketiga, di pengaturan lain yang lebih umum disebutaplikasi seperti program cuaca dan fitur audio).

Sebagian besar perangkat dengan Alexa memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan perangkat menggunakan kata bangun (seperti Alexa ); perangkat lain (seperti aplikasi seluler Amazon di iOS atau Android ) mengharuskan pengguna untuk menekan tombol untuk mengaktifkan mode mendengarkan Alexa. Saat ini, interaksi dan komunikasi dengan Alexa hanya tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, Prancis dan Jepang. Pada bulan November 2017, Alexa menjadi tersedia di pasar Kanada hanya dalam bahasa Inggris.

Hingga September 2017, Amazon memiliki lebih dari 5.000 karyawan yang bekerja pada Alexa dan produk-produk terkait.

Fungsi Amazon Alexa

Alexa menawarkan laporan cuaca yang disediakan oleh AccuWeather dan berita yang disediakan oleh TuneIn dari berbagai sumber termasuk stasiun radio lokal, NPR , dan ESPN . Selain itu, perangkat yang didukung Alexa mengalirkan musik dari akun Amazon Music pemilik dan memiliki dukungan built-in untuk akun Pandora dan Spotify . Alexa dapat memainkan musik dari layanan streaming seperti Apple Music dan Google Play Music dari ponsel atau tablet. Alexa dapat mengelola alarm, penghitung waktu, dan daftar belanja dan tugas yang dikontrol suara, dan dapat mengakses Wikipediaartikel. Perangkat Alexa akan menanggapi pertanyaan tentang item di Kalender Google pengguna . Mulai November 2016, Alexa Appstore memiliki lebih dari 5.000 fungsi (“keterampilan”) yang tersedia bagi pengguna untuk diunduh, meningkat dari 1.000 fungsi pada bulan Juni 2016. Sejak kemitraan dengan perusahaan teknologi sesama, Microsoft , Alexa akan tersedia melalui asisten pribadi virtualnya yang bersaing, Cortana . Fungsi ini dikatakan datang pada tahun 2017; meskipun pada April 2018, masih belum tersedia. Pada Maret 2018, Amazon meluncurkan “Mode Singkat” yang baru, di mana Alexa akan mulai merespons dengan bunyi bip daripada mengatakan, “Oke,” untuk mengkonfirmasi penerimaan perintah.