Pengertian dan cara install magento

Magento adalah salah satu aplikasi web yang berbasis CMS (Content Management System) khusus untuk ecommerce atau penjualan online. Untuk program web yang dibuat untuk aplikasi ini menggunakan Zend Framework, sedangkan untuk database toko online, aplikasi ini menggunakan Entity-Attribute-Vale (EAV). Dengan menggunakan Magento, anda sudah bisa membuka toko online dan membuka penjualan transaksi online melalui Paypal […]

Magento adalah salah satu aplikasi web yang berbasis CMS (Content Management System) khusus untuk ecommerce atau penjualan online. Untuk program web yang dibuat untuk aplikasi ini menggunakan Zend Framework, sedangkan untuk database toko online, aplikasi ini menggunakan Entity-Attribute-Vale (EAV). Dengan menggunakan Magento, anda sudah bisa membuka toko online dan membuka penjualan transaksi online melalui Paypal atau kartu kredit.

Pengenalan Magento Extension

Untuk penambahan fitur-fitur website pada Magento, anda bisa menginstal Magento Extension. Anda bisa mendapatkannya di Magento Marketplace, ada extension gratisan dan ada juga yang berbayar. Cukup dengan menginstal extension dan setting pengaturannya, anda sudah bisa menambahkan fitur website sesuai dengan keinginan anda tanpa harus mengerti script atau kodenya. Selain itu anda juga bisa menambahkan sistem pembayaran transaksi misalkan menggunakan Bitcoin, Escrow, Skrill atau sistem pembayaran lainnya.

Berikut tahapan nya:

  • Hal pertama yang perlu teman-teman lakukan untuk menginstal Magento adalah terlebih dahulu men-download paket instalasi terbaru dari situs resmi Magento.
  • Selanjutnya, teman-teman ekstrak file download tersebut ke lokasi xampp->htdocs .
  • Buat database baru di MySQL dengan nama database terserah teman-teman.
  • Buka browser dan ketikan http://localhost/nama_folder
  • Klik pada kotak centang di sebelah “Saya setuju dengan syarat dan ketentuan di atas” dan klik pada tombol Lanjutkan.Sekarang, pilih Time Zone yang disukai, Lokal dan Mata Uang dan tekan tombol Continue.instal magento di localhost
  • Selanjutnya, masukkan rincian basis data: Database Name, User Name dan User Password. Pastikan bahwa teman-teman memilih ceklist pada “Lewati Basis validasi URL sebelum langkah berikutnya” pilihan. Kemudian, klik tombol Continue untuk melanjutkan.
  • lengkapi informasi pribadi dan rincian login admin yang ingin di gunakan, Teman-teman dapat meninggalkan atau kosongkan bagian Key Encryption. Klik tombol Continue.
  • Pada tahap ni teman-teman sudah berhasil melakukan instalasi magento,