Pengertian dan jenis single board computer

single-board computer (SBC) adalah komputer yang lengkap dibangun pada papan sirkuit tunggal, berikut mikroprosesor(s), memori, input / output (I/O) dan fitur lain yang dibutuhkan pada sebuah komputer fungsional. Komputer single-board dibuat termasuk sebagai platform pengembangan sistem, untuk sistem pendidikan, atau untuk digunakan sebagai pengendali komputer tertanam (embedded). Banyak jenis komputer portabel yang mengintegrasikan semua fungsi […]

single-board computer (SBC) adalah komputer yang lengkap dibangun pada papan sirkuit tunggal, berikut mikroprosesor(s), memori, input / output (I/O) dan fitur lain yang dibutuhkan pada sebuah komputer fungsional. Komputer single-board dibuat termasuk sebagai platform pengembangan sistem, untuk sistem pendidikan, atau untuk digunakan sebagai pengendali komputer tertanam (embedded). Banyak jenis komputer portabel yang mengintegrasikan semua fungsi mereka ke sebuah papan sirkuit tunggal.

 

Raspberry Pi

Raspberry Pi, sering disingkat dengan nama Raspi, adalah komputer papan tunggal (single-board circuit; SBC) yang seukuran dengan kartu kredit yang dapat digunakan untuk menjalankan program perkantoran, permainan komputer, dan sebagai pemutar media hingga video beresousi tinggi. Raspberry Pi dikembangkan oleh yayasan nirlaba, Rasberry Pi Foundation, yang digawangi sejumlah pengembang dan ahli komputer dari Universitas Cambridge, Inggris

Orange Pi

Orange Pi ini merupakan single board komputer yang mana ukurannya lebih kecil dari komputer biasa seperti raspberry Pi, dan bisa langsung dipakai karena di dalamnya sudah tertanam micro prosesor dan RAM. Kebanyakan single board komputer digunakan untuk keperluan robotika atau home automation.

Salah satu seri Orange Pi adalah Orange Pi PC  disokong prosesor dari Alwinner H3 yang sudah quad-core, juga disandingkan dengan pengolah grafis Mali 400MP2 yang dapat memutar video resolusi hingga 4K, serta RAM sebesar 1GB. Orange Pi PC juga dilengkapi dengan soket HDM dan AV, soket LAN,  3 soket USB 2.0, sebuah soket micro USB, pemancar infra merah, mikrofon, serta slot micro SD untuk media penyimpanannya.

Banana Pi

Banana Pi merupakan board komputer mini yang mampu beroperasi pada sistem Linux dan Android dilengkapi dengan dual-core processor Allwinner A20 ARM Cortex A7. Banana Pi dilengkapi dengan 26-pin GPIO (General-purpose input/output) headers yang kompatibel dengan Raspberry Pi. Awalnya harga jual banana Pi berkisar antara 400 sampai 500 Ribu rupiah namun saat ini harganya malah melonjak hingga dikisaran Rp. 700 Ribuan malah sekarang ada board yang dilengkapi dengan konektor SATA dan Gigabit Ethernet untuk membuat board ini lebih canggih dari Raspberry.

Banana Pi dapat digunakan untuk merancang sebuah teknologi berbasis internet , dan kini sangat banyak teknologi berbasis internet menggunakan Banana Pi . Menurut salah seorang member dari LeMaker (Perusahaan Pengembang Banana Pi) “jika anda ingin berkarya dengan teknologi , maka Banana Pi merupakan pilihan tepat”

Odroid

ODROID-XU4 merupakan board komputer mini keluaran terbaru dari perusahaan Hardkernel, diluncurkan pada bulan Juli 2015 lalu . Harga untuk sebuah development board kit ini berkisar di angka Rp. 1 hingga 1,5 Jutaan

Hardkernel menyatakan bahwa “ODROID-XU4 merupakan generasi terbaru dari perangkat komputer dengan performa yang lebih powerful namun tetap efisien dan berukuran sangat kecil. Board ini mampu mengoperasikan beragam sistem operasi berbasis linux diantaranya ODROID-XU4 mampu menjalankan Ubuntu 15.04 , Android 4.4 KitKat dan 5.0 Lollipop”

Beagleboard

 

Dengan kisaran harga Rp.700 Ribuan board komputer mini BeagleBone Black beroperasi dengan dukungan processor AM335x 1GHz ARM dan board ini mampu melakukan booting sistem operasi Linux dalam hitungan detik. Kerennya lagi board BeagleBone Black dilengkapi aplikasi bawaan seperti security systems, robotics, dan 3D printers, Menurut co-founder nya Jason Kridner BeagleBone Black dirancang agar mudah di kustomisasi .

“Kamu bisa membuat Raspberry Pi versi kamu sendiri” begitu menurutnya . Target penjualan dari board ini adalah mereka yang membutuhkan komputer mini untuk kegiatan monitoring menggunakan sensor . Board ini support USB, Ethernet, dan HDMI dan mampu beroperasi pada sistem operasi berbasis Linux seperti Debian, Ubuntu, Android, dan platform lainnya.