Pengertian dan kegunaan google keep

Google Keep adalah layanan pencatatan yang dikembangkan oleh Google . Diluncurkan pada 20 Maret 2013, Google Keep tersedia di web , dan memiliki aplikasi seluler untuk sistem operasi seluler Android dan iOS . Keep menawarkan berbagai alat untuk mencatat, termasuk teks, daftar, gambar, dan audio. Pengguna dapat mengatur pengingat, yang terintegrasi dengan Google Now . […]

Google Keep adalah layanan pencatatan yang dikembangkan oleh Google . Diluncurkan pada 20 Maret 2013, Google Keep tersedia di web , dan memiliki aplikasi seluler untuk sistem operasi seluler Android dan iOS . Keep menawarkan berbagai alat untuk mencatat, termasuk teks, daftar, gambar, dan audio. Pengguna dapat mengatur pengingat, yang terintegrasi dengan Google Now . Teks dari gambar dapat diekstraksi menggunakan pengenalan karakter optik, dan rekaman suara dapat ditranskripsi. Antarmuka memungkinkan untuk tampilan satu kolom atau tampilan multi-kolom. Catatan dapat diberi kode warna, dan label dapat diterapkan untuk organisasi. Pembaruan selanjutnya menambahkan fungsionalitas pada pin notes, dan untuk berkolaborasi pada catatan dengan pengguna Keep lainnya secara real-time.

 

Google Keep telah menerima tinjauan yang beragam. Ulasan tepat setelah diluncurkan pada tahun 2013 memuji kecepatannya, kualitas catatan suara, sinkronisasi, dan widget yang dapat ditempatkan di layar utama Android. Ulasan pada tahun 2016 telah mengkritik kurangnya opsi pemformatan, ketidakmampuan untuk membatalkan perubahan, dan antarmuka yang hanya menawarkan dua mode tampilan di mana tidak disukai karena mereka menangani catatan panjang. Namun, Google Keep menerima pujian untuk fitur termasuk akses perangkat universal, integrasi asli dengan layanan Google lainnya, dan opsi untuk mengubah foto menjadi teks melalui pengenalan karakter optik.

Kegunaan pada google keep

Membuat Daftar Belanja

Ini merupakan salah satu fitur unggulan dari Google Keep. Ya, fitur tersebut adalah membuat daftar belanja dengan mudah menggunakan aplikasi keluaran Google ini. Dengan menggunakan fitur ini, kita dapat membuat daftar apapun dengan dibantu adanya checkbox.

Sebagai Pengingat

Anda juga dapat membuat pengingat pada Google Keep dengan mengetikkan catatan dan mengatur waktu pengingat tersebut. Google Keep akan otomatis memunculkan notifikasi pada PC dan ponsel Anda. Jadi Anda tidak perlu khawatir kehilangan pengingat apapun. Untuk dapat menyinkronkan Google Keep ke PC, install Google Keep Chrome Extension pada browser Chrome Anda.

Berbagi Daftar/Catatan dengan Teman

Kita dapat dengan mudah membagikan daftar atau catatan kita ke siapapun dengan menggunakan Google Plus, Gmail, dan aplikasi apapun. Dengan fitur ini, catatan atau daftar yang telah dibuat dapat dibaca juga oleh teman atau kelompok kerja. Caranya adalah dengan menekan tombol berbentuk tiga titik yang berada di kanan bawah layar, kemudian pilih Collabolator.

Ambil Tulisan dari Gambar

Jika kita menggunakan Google Keep di ponsel, pasti tahukan bahwa aplikasi ini bisa memasukkan gambar ke dalam catatan kita? Tapi banyak orang tidak tahu bahwa kita juga dapat mengambil tulisan yang terdapat pada gambar dengan menggunakan aplikasi ini. Caranya adalah dengan menekan gambar yang Anda sudah masukkan ke dalam catatan, dan pilih tombol yang berada dikanan atas layar, lalu tekan Grab image text.

 

Kirim ke Google Docs

Catatan atau daftar yang telah kita buat, bisa dikirim atau dipindahkan ke Google Docs. Dengan fitur ini, catatan yang sudah dibuat dapat dengna mudah dipindah ke Google Drive untuk nantinya digunakan disaat kita membutuhkannya.