Pengertian dan Kegunaan Motherboard

  Gambar diambil dari https://en.wikipedia.org/wiki/Motherboard   Anda sudah tahu dengan benda yang ada diatas? Namanya adalah Motherboard. Motherboard merupakan salah satu perangkat keras yang sangat penting dalam sebuh komponen komputer. Motherboard adalah papan sirkuit berupa pcb tempat dimana komponen-komponen elektronik terhubung antara satu dengan yang lain. jadi sudah bisa dibayangkan jika komponen yang satu ini […]

 

Gambar diambil dari

https://en.wikipedia.org/wiki/Motherboard

 

Anda sudah tahu dengan benda yang ada diatas? Namanya adalah Motherboard. Motherboard merupakan salah satu perangkat keras yang sangat penting dalam sebuh komponen komputer. Motherboard adalah papan sirkuit berupa pcb tempat dimana komponen-komponen elektronik terhubung antara satu dengan yang lain. jadi sudah bisa dibayangkan jika komponen yang satu ini tidak ada mungkin komputer kita tidak akan berfungsi.

 

Untuk lebih singkatnya kita juga bisa memangilnya Mobo. Motherboard yang sering kita jumpai saat ini merupakan motherboard milik PC yang mana pembuatannya disesuaikan dengan spesifikasi PC IBM.

 

Tugas motherboar adalah menghubungkan beberapa komponen seperti; BIOS (Basic Input Output System), Chipset (Pengatur koneksi input output), RAM (memory penyimpanan data), VGA Card (memori penyimpanan data grafis), Prosesor dan additional card. Jika kita lihat fungsi dari motherboard itu sendiri kita dapat menyimpulkan bahwa komponen yang satu ini  memiliki peran yang sangat penting sekali bagi kinerja suatu komputer. Dengan adanya motherband ini segala peralatan yang ada di komputer mampu bekerja sesuai dengan jalurnya masing-masing.

 

Motherboard ini pertama kali dibuat pada 1977 oleh Apple. Beberapa perusahaan pertama yang pernah mengembangkan motherboard tersebut adalah, Mylex, Micronics, AMI, Orchid Technology, Elitegroup, Huppauge, dan DFI.

 

Tentunya dengan seiring berjalannya waktu motherboard itu sendiri masih berganti-ganti bentuknya mulai dari yang awalnya PC/XT yang pernah dipakai IBM, kemudian menjadi AT (Advance Technology). Selanjutnya berkembang lagi dari ATX (Advance Technology Extension) dimodifikasi menjadi mini ATX dan micro ATX. Motherboard terus berkembang hingga saat ini hingga akhirnya motherboard memiliki sebuah fitur sound dan juga VGA. Selain itu juga ada koneksi berupa USB, FireWire dan juga LAN. Produsen yanhg pernah memproduksi motherboard tersebut adalah Intel pada tahun 1968, GIGABYTE pada tahun 1986, ASUS pada tahun 1989, ASRock pada tahun 2007.