Pengertian Dan Manfaat Microsoft Outlook

Microsoft Outlook atau Microsoft Office Outlook adalah sebuah program personal information manager dari Microsoft, dan bagian dari suite Microsoft Office . Walaupun biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat-e, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, […]

Microsoft Outlook atau Microsoft Office Outlook adalah sebuah program personal information manager dari Microsoft, dan bagian dari suite Microsoft Office . Walaupun biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat-e, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama.

 

Outlook Express adalah sebuah versi kecil Outlook yang disediakan secara cuma-cuma oleh Microsoft, bersama dengan penjelajah web Internet Explorer. Tidak ada hubungan antara kedua program ini kecuali namanya. Outlook Express digantikan dengan Windows Mail dalam Windows Vista.

 

Salah satu tujuan Microsoft adalah membuat program surat-e yang mudah digunakan. Namun karena banyak lubang keamanan dalam Outlook, program ini sering digunakan untuk memasukkan virus, misalnya lewat attachment e-mail. Beberapa contoh virus yang disebarkan lewat cara ini adalah Melissa dan Sobig.

 

Kegunaan Dan Manfaat Microsoft Outlook

Banyak manfaat yang dapat anda peroleh jika anda mendownload email yang ada dimailbox ke program email client, seperti: Outlook Express, Ms Outlook, Netscape, Opera dan lain-lain, antara lain:

1)      Anda dapat membaca email secara offline.

2)      Anda memiliki backup email di PC.

3)      Proses pengambilan dan pengiriman email yang lebih cepat.

 

Untuk bersaing dengan rival berat yaitu Yahoo Mail dan Gmail akhirnya Microsoft melakukan perubahan besar pada layanan Emailnya . Outlook.com sebagai pengganti layanan Hotmail diharapkan bisa mengambil hati pengguna email yang saat ini memang didominasi oleh Yahoo Mail dan Gmail.

 

Informasi dari Reuters(31/07) Hotmail masih penguasa pasar dengan menguasai 36 persen pasar layanan email dunia. Namun dengan GMail dengan cepat mengejar penguasaan karena menguasai 31 persen. Pemain lain Yahoo statis dengan 34 persen.Tentunya ada beberapa kelebihan yang di tawarkan Microsoft terkait layanan Outlook ini.

Berikut beberapa kelebihan Email Outlook tersebut :

  • Tampilan baru lebih elegan dan simpel
  • Dapat terhubung dengan social
  • Kita dapat  melihat dan mengedit dokumen Office yang telah terintegrasi dengan layanan media penyimpanan awan SkyDrive.
  • Kapasitas SkyDrive 7 GB.
  • Kita bisa membuat folder terserdiri untuk memisahkan pesan email yang masuk sesuai kategori yang kita inginkan.
  • Pembersih spam yang handal

Dengan berbagai kelebihan itu Microsoft berharap mempertahankan pangsa pasarnya, bahkan meningkatkan-nya. Seperti diketahui sebelumnya Outlook adalah sebuah nama yang familiar karena telah menjadi platform offline email milik Microsoft.