Pengertian dan sejarah Mozilla Foundation

Mozilla Foundation adalah sebuah organisasi nirlaba yang dibentuk untuk mendukung dan memimpin proyek perangkat lunak open source Mozilla. Organisasi ini mengatur dan memimpin jalannya pengembangan, mengelola infrastruktur dan mengendalikan merek dagang dan hak cipta dari proyek Mozilla. Mozilla Foundation memiliki sebuah anak perusahaan profit, yaitu Mozilla Corporation yang mengatur pengembangan perangkat lunak Mozilla, antara lain web browser Mozilla Firefox dan email client Mozilla Thunderbird. Anak perusahaan tersebut sepenuhnya dimiliki oleh Mozilla Foundation dan mengikuti prinsip […]

Mozilla Foundation adalah sebuah organisasi nirlaba yang dibentuk untuk mendukung dan memimpin proyek perangkat lunak open source Mozilla. Organisasi ini mengatur dan memimpin jalannya pengembangan, mengelola infrastruktur dan mengendalikan merek dagang dan hak cipta dari proyek Mozilla. Mozilla Foundation memiliki sebuah anak perusahaan profit, yaitu Mozilla Corporation yang mengatur pengembangan perangkat lunak Mozilla, antara lain web browser Mozilla Firefox dan email client Mozilla Thunderbird. Anak perusahaan tersebut sepenuhnya dimiliki oleh Mozilla Foundation dan mengikuti prinsip nirlaba yang sama. Mozilla Foundation didirikan oleh Mozilla Organization yang berafiliasi dengan Netscape dan secara resmi diluncurkan pada tanggal 15 Juli 2003. Saat ini, organisasi ini bermarkas di kota Silicon Valley, Mountain View, California, Amerika Serikat.

Mozilla Foundation menyebut dirinya sebagai “organisasi nirlaba yang mempromosikan keterbukaan, inovasi, dan partisipasi dalam internet.”Mozilla Foundation memiliki panduan berupa Mozilla Manifesto yang berisi 10 prinsip yang dipercaya Mozilla “penting bagi Internet untuk terus barmanfaat sebagai barang publik serta aspek komersial dalam kehidupan sosial.” Manifesto tersebut saat ini telah diterjemahkan ke lebih dari 30 bahasa.

Sejarah

Pada 23 Februari 1998, Netscape membentuk Mozilla Organization untuk mengkoordinasikan pengembangan Mozilla Application Suite. Ketika AOL sebagai induk Netscape secara drastis menurunkan keterlibatannya dengan Mozilla Organization, Mozilla Foundation dibentuk dan diluncurkan pada 15 Juli 2003 untuk menjamin proyek Mozilla dapat berjalan tanpa Netscape. AOL membantu dalam awal pendirian Mozilla Foundation, memindahkan hardware dan properti intelektual ke kantor organisasi, mempekerjakan tim beranggotakan tiga orang untuk tiga bulan pertama untuk membantu transisi, dan mendonasikan total 2 juta USD selama dua tahun.

Pada awalnya, utang Mozilla Foundation membengkak melebihi Mozilla Organization, dengan organisasi mengambil alih pekerjaan yang sebelumnya ditangani oleh Netscape dan vendor lain teknologi Mozilla. Sebagai bagian dari langkah besar mereka untuk menarget pelanggan, Mozilla Foundation membuat kesepakatan dengan perusahaan komersial untuk menjual CD berisi software Mozilla dan untuk menyediakan dukungan telepon. Dalam kedua kesepakatan, mereka memilih leveransir yang sama dengan Netscape untuk layanan trersebut. Mozilla Foundation juga menjadi lebih tegas terhadap properti intelektual mereka, dengan kebijakan pemakaian merek dagang dan logo Mozilla. Proyek baru seperti pemasaran pun dimulai.

Dengan pembentukan Mozilla Corporation, Mozilla Foundation menyerahkan seluruh pengembangan mereka dan hal-hal yang berkaitan dengan bisnis kepada anak perusahaan baru tersebut. Mozilla Foundation saat ini fokus pada masalah kebijakan dan penguasaan properti, meskipun dengan tetap memantau proyek-proyek yang belum “diprodukkan”, seperti Camino dan SeaMonkey. Mozilla Foundation memegang kepemilikan merek dagang Mozilla dan properti intelektual lainnya dengan dilisensikan kepada Mozilla Corporation. Mozilla Foundation juga mengendalikan tempat penyimpanan source code Mozilla dan memutuskan siapa saja yang berhak memeriksanya.