Pengertian PHP, PDO, MySQLi

pengertian PHP, PDO, MySQLi PHP Adalah bahasa pemrograman script server – side yang didesain untuk pengembangan web. Selain itu, PHP juga dapat dipakai sebagai bahasa pemrograman umum. PDO (PHP Data Objects) adalah interface universal yang disediakan PHP untuk “berkomunikasi” dengan database server. MySQLi Adalah ektensi PHP yang digunakan untuk melakukan koneksi ke database MySQL. Huruf […]

pengertian PHP, PDO, MySQLi

PHP

Adalah bahasa pemrograman script server – side yang didesain untuk pengembangan web. Selain itu, PHP juga dapat dipakai sebagai bahasa pemrograman umum.

PDO

(PHP Data Objects) adalah interface universal yang disediakan PHP untuk “berkomunikasi” dengan database server.

MySQLi

Adalah ektensi PHP yang digunakan untuk melakukan koneksi ke database MySQL. Huruf i di akhir artinya Improved (Yang disempurnakan) . Di tutorial sebelumnya sudah kita bahas koneksi database dengan ektensi default MySQL.

Perbedaan PHP, PDO, MySQLi 

PHP

Untuk membuat halaman web sebenarnya PHP bukanlah bahasa pemograman yang wajib digunakan. Kita bisa saja membuat website dengan menggunakan HTML saja. Web yang dihasilkan dengan HTML(dan CSS) ini dikenal dengan website statis dimana kontenn dan halaman web bersifat tetap.

PDO

Sebagai perbandingan website dinamis yang bisa dibuat menggunakan PHP adalah situs web yang bisa menyesuaikan tampilan konten tergantung situasi. Untuk pembuatan web kode PHP biasanya disispkan dalam dokument HTML. Karena PHP disebut juga sebagai Scripting Language atau bahasa pemograman script.

Fungsi PDO adalah yang paling baru. PDO adalah sebuah fungsi yang dapat mensupport oleh banyak database. Selain untuk database MySQL, PDO juga support CUBRIID, MS SQL SERVER, Firebird/Interbase, IBM, Informix ODBC, Oracle, SQLite, PostgresSQL, dll.

MySQLi

Fungsi MySQLi hadir untuk menggantikan fungs MySQL yang sudah di deprecated. Fungsi MySQLi hadir lebih up to date yaitu bisa untuk object oriented dan prosedural, selain itu fungsi MySQLi juga support prepared statement.