Pengertian RSS

RSS merupakan kependekan dari Really simple syndication atau Rich site summary. RSS Feed adl sebuah fasilitas yg dipasang pada halaman web atau blog sehingga mempunyai peluang yg lebih besar untuk ditemukan oleh para pencari informasi di internet. Salah satu situs penyedia layanan pembuat RSS Feed gratis yg bisa anda pilih adl FeedBurner. Selain menyediakan fasilitas […]

RSS merupakan kependekan dari Really simple syndication atau Rich site summary. RSS Feed adl sebuah fasilitas yg dipasang pada halaman web atau blog sehingga mempunyai peluang yg lebih besar untuk ditemukan oleh para pencari informasi di internet. Salah satu situs penyedia layanan pembuat RSS Feed gratis yg bisa anda pilih adl FeedBurner. Selain menyediakan fasilitas untuk membuat RSS Feed, situs ini juga menyediakan fasilitas optimasi dan promosi untuk atau web Anda.

 

Fungsi dari RSS

Seperti yang saya jelaskan di atas RSS adalah salah satu bentuk dari Web Syndication

Web Syndication adalah sedikit potongan kecil dari content/isi website kita
yang kita share dengan website lain atau Search Engine.
Fungsi dari Web Syndication adalah memberikan Feed/makanan kepada Search Engine
dimana Feed tersebut berisi update terbaru dari content website kita.
Format Web Syndication: RSS, ATOM, RDF.

 

Keuntungan dari RSS

RSS membuat orang lain lebih mudah untuk berlangganan konten Anda. Dengan menggunakan RSS mereka dapat menerima informasi terkini dari website/blog Anda langsung ke browser (kecuali Google Chrome, yang harus menggunakan ekstensi tambahan), feed readers, aplikasi desktop, dan perangkat lainnya. Orang-orang yang menyukai konten Anda tidak harus mengingat URL web Anda karena mereka bisa membawa konten Anda ke dalam sebuah tempat terpusat yang sering mereka kunjungi dan mereka inginkan, pun konten Anda menjadi portabel bahkan bisa diakses tanpa harus online. RSS juga sangat membantu dalam membangun loyalitas pembaca konten Anda, karena para pelanggan RSS akan lebih suka berbagi kepada orang-orang di sekitarnya tentang konten yang ia terima dari Anda.

Sebagai pembuat konten Anda juga diharuskan banyak membaca, dan dengan menggunakan RSS Anda bisa lebih menghemat waktu Anda untuk menerima konten dari website yang menurut Anda layak dijadikan referensi atas konten yang Anda buat nantinya. Sehingga pada akhirnya juga meningkatkan produktifitas Anda sebagai pembuat konten dan juga membuat konten Anda tidak basi karena selalu mengikuti perkembangan trend yang terjadi saat ini.