Pengertian, sejarah dan fungsi apache software foundation dan apache

Apache Software Foundation adalah batu penjuru dari ekosistem perangkat lunak Open Source modern – mendukung beberapa solusi perangkat lunak yang paling banyak digunakan dan penting yang menggerakkan ekonomi Internet saat ini. Sejarah Apache Software Foundation (ASF) adalah perusahaan nirlaba yang mengawasi pengembangan perangkat lunak Apache . Organisasi ini didirikan pada tahun 1999 yang berbasis di Forest Hill, Maryland. Keanggotaan […]

Apache Software Foundation adalah batu penjuru dari ekosistem perangkat lunak Open Source modern – mendukung beberapa solusi perangkat lunak yang paling banyak digunakan dan penting yang menggerakkan ekonomi Internet saat ini.

Sejarah

Apache Software Foundation (ASF) adalah perusahaan nirlaba yang mengawasi pengembangan perangkat lunak Apache . Organisasi ini didirikan pada tahun 1999 yang berbasis di Forest Hill, Maryland.

Keanggotaan didasarkan pada kontribusi terhadap proyek-proyek sumber terbuka yayasan; calon individu harus dinominasikan dan disetujui oleh mayoritas anggota. Korporasi tidak memenuhi syarat untuk keanggotaan.

ASF saat ini mengawasi lebih dari 100 proyek tingkat atas (TLP), banyak di antaranya juga memiliki sub proyek. Proyek tingkat atas meliputi:

Server HTTP Apache , server Web yang tersedia secara gratis yang berjalan di sebagian besar sistem operasi termasuk UNIX, Microsoft Windows, Mac OS / X, dan Netware.

Cassandra , sistem database terdistribusi open source yang dirancang untuk menyimpan dan mengelola sejumlah besar data di seluruh server komoditas.

CloudStack , platform manajemen cloud untuk memberikan Infrastructure-as-a-Service ( IaaS ) di lingkungan cloud computing .

Hive , sistem data warehouse open-source untuk query dan menganalisis dataset besar yang disimpan dalam file Hadoop.

Hadoop , kerangka pemrograman berbasis Java gratis yang mendukung pemrosesan kumpulan data besar dalam lingkungan komputasi terdistribusi.

Meskipun ada beberapa spekulasi bahwa nama Apache dibuat sebagai permainan kata-kata (server Web tambal sulam), yayasan mengatakan bahwa pun adalah kebetulan. Menurut ASF, nama itu dipilih sebagai penghargaan untuk “berbagai negara Pribumi Amerika yang secara kolektif disebut sebagai Apache, terkenal karena keterampilan unggul mereka dalam strategi peperangan dan daya tahan mereka yang tak habis-habisnya.”

ASF sebelumnya dikenal sebagai Grup Apache.

 

Apache

Apache adalah sebuah nama web server yang bertanggung jawab pada request-response HTTP dan logging informasi secara detail(kegunaan basicnya).

Fungsi apache Untuk menjalankan PHP dan MySQL, anda membutuhkan webserver. Webserver, yang juga di kenal dengan istilah HTTPD (Hypertext Transfer Protocol Deamon) atau HTTP server, adalah service yang bekerja untuk melayani request dari HTTP client (web browser) ke computer server.