Pengertian, Sejarah Dan Fungsi VKontakte

VK atau VKontakte merupakan sebuah situs jejaring sosial terbesar di Rusia Layanan ini diluncurkan pada tahun 2006 dimiliki dan dioperasikan oleh Mail.Ru Group. Hingga bulan November 2014, VK memiliki lebih dari 280 juta pengguna aktif. Seperti jaringan sosial lainnya, VK memungkinkan pengguna untuk pesan satu sama lain umum atau pribadi, untuk membuat grup, halaman publik […]

VK atau VKontakte merupakan sebuah situs jejaring sosial terbesar di Rusia Layanan ini diluncurkan pada tahun 2006 dimiliki dan dioperasikan oleh Mail.Ru Group. Hingga bulan November 2014, VK memiliki lebih dari 280 juta pengguna aktif. Seperti jaringan sosial lainnya, VK memungkinkan pengguna untuk pesan satu sama lain umum atau pribadi, untuk membuat grup, halaman publik dan peristiwa, berbagi dan tag gambar, audio dan video, dan permainan game berbasis browser.

VK menempati peringkat ke-26 pada Juni 2015 di Alexa Global Top 500.

 

SEJARAH         

Pavel Durov, pendiri VKontakte, pada hari ulang tahun ke-26 nya, 10 Oktober 2010.Yang paling populer situs jaringan sosial.Pendiri Pavel Durov meluncurkan VKontakte untuk pengujian beta pada bulan September 2006, yang baru saja lulus dari St Petersburg State University. Bulan berikutnya, nama domain vkontakte.ru telah didaftarkan. Pendaftaran pengguna pada awalnya terbatas pada kalangan universitas secara eksklusif oleh undangan, tetapi situs masih tumbuh dengan cepat. Pada bulan Februari 2007 situs mencapai basis pengguna lebih dari 100.000 dan diakui sebagai pemain terbesar kedua di pasar baru lahir jejaring sosial Rusia. Pada bulan yang sama situs menjadi sasaran serangan DDoS yang parah, yang sebentar menempatkan secara offline. Basis pengguna mencapai 1 juta pada bulan Juli 2007, dan 10 juta pada bulan April 2008. Pada bulan Desember 2008 VK menyalip saingan Odnoklassniki sebagai layanan jejaring sosial paling populer di Rusia.

perusahaan

VKontakte didirikan pada tanggal 19 Januari 2007 sebagai perseroan terbatas Rusia. Pendiri dan CEO Pavel Durov dimiliki 20% saham (meskipun ia memiliki hak suara mayoritas melalui penilaian proksi), dan trio investor Rusia, Vyacheslav Mirilashvili (anak Mikhael Mirilashvili) dan Lev Leviev (bukan dari Afrika-Israel Investasi), yang dimiliki 60%, 10% dan 10% masing-masing.  Para pendiri asli kemudian menjual saham dari 39,99% menjadi Mail.ru Group (sebelumnya Digital Sky Technologies).

Pada 29 Mei 2012 Mail.ru Group mengumumkan bahwa mereka telah memutuskan untuk menghasilkan kontrol perusahaan untuk Durov dengan menawarkan dia hak suara pada sahamnya. Dikombinasikan dengan personal saham Durov 12%, ini memberinya 52% suara. Pada April 2013, United Capital Partners membeli 48% saham VK dari Vyacheslav Mirilashvili dan Lev Leviev untuk $ 1120000000. 2014 Pavel Durov menjual sahamnya 12% untuk Ivan Tavrin, CEO operator telepon selular Megafon Rusia.

Pada April 2014 Durov menyatakan ia telah menjual sahamnya di perusahaan setelah “datang di bawah tekanan yang meningkat” dari Rusia Dinas Keamanan Federal menyerahkan informasi pribadi pengguna yang menjadi anggota kelompok VK didedikasikan untukgerakanprotesEuromaidan. VK membatalkan rencana IPO mereka, mengutip kondisi pasar yang tidak memuaskan setelah Facebook IPO kesalahan.

FUNGSI

Seperti dengan jaringan sosial , fungsionalitas inti situs didasarkan sekitar pesan pribadi dan berbagi foto, update status dan hubungan dengan teman-teman. VK juga memiliki alat untuk mengelola komunitas online dan halaman selebriti. Situs ini memungkinkan pengguna untuk meng-upload, mencari dan konten media streaming, seperti video dan musik. VK memiliki mesin canggih pencari, yang memungkinkan query yang kompleks untuk menemukan teman-teman,  serta pencarian berita real-time.

  • Sms

VK Pesan Pribadi dapat dipertukarkan antara kelompok 2 sampai 30 orang. Sebuah alamat email juga dapat ditetapkan sebagai penerima. Setiap pesan mungkin berisi hingga 10 lampiran:. Foto, Video, Musik, Maps (peta yang tertanam dengan spidol ditempatkan secara manual) dan Dokumen

  • News

Pengguna VK dapat posting di dinding profil mereka, setiap posting dapat berisi hingga 10 lampiran – file media, peta dan dokumen .Pengguna menyebutkan dan hashtags yang didukung. Dalam kasus beberapa foto-lampiran preview secara otomatis skala dan diatur dalam tata letak majalah gaya. The feed berita dapat beralih antara semua berita (default) dan mode yang paling menarik. Situs ini memiliki mesin berita-rekomendasi, dunia pencarian real-time dan pencarian individual untuk posting dan komentar di dinding pengguna tertentu.

  • Masyarakat

VK memiliki dua jenis masyarakat. Kelompok yang lebih cocok untuk masyarakat desentralisasi (diskusi-papan, wiki-style artikel, diedit oleh seluruh anggota dll). Halaman publik adalah alat penyiaran berita yang berorientasi pakan untuk selebriti dan bisnis. Dua jenis sebagian besar dipertukarkan, perbedaan utama adalah dalam pengaturan default.

  • Seperti tombol

VK seperti tombol untuk posting, komentar, media dan situs eksternal beroperasi dengan cara yang berbeda dari Facebook. Konten menyukai tidak bisa secara otomatis mendorong ke dinding pengguna, tetapi disimpan dalam (swasta) Favorit bagian gantinya. Pengguna harus menekan ‘berbagi dengan teman-teman’ kedua tombol untuk berbagi item di dinding atau mengirimkannya melalui pesan pribadi ke teman.

  • Privasi

Pengguna dapat mengontrol ketersediaan konten mereka dalam jaringan dan di Internet. Pengaturan selimut dan privasi granular yang tersedia untuk halaman dan konten individu.

  • Sinkronisasi dengan jaringan sosial lainnya.

Setiap berita yang diterbitkan di dinding VK, akan muncul di Facebook atau Twitter. Berita tertentu mungkin tidak dipublikasikan dengan mengklik logo di sebelah tombol “Send”. Pasca editing di VK tidak mengubah posting di Facebook atau Twitter, dan sebaliknya. Tetapi menghapus berita di VK akan menghapusnya dari jaringan sosial lainnya.

  • SMS

Pengguna Rusia dapat menerima dan membalas pesan pribadi atau meninggalkan komentar untuk berita masyarakat menggunakan SMS.