Pengertian Sistem Operasi

Dizaman modern pasti banyak yang sudah mengenal Komputer, didalam komputer terdapat sebuah Sistem Operasi. Apa itu Sistem Operasi?

Sistem Operasi adalah perangkat lunak yang menjalankan perangkat keras. Sistem Operasi mempunyai fungsi menghubungkan antara perangkat perangkat lunak dengan perangkat keras, membuat komputer lebih mudah dan nyaman, memungkinkan sumber daya komputer digunakan secara efisien, dan menerima pengembangan baru yang efektif dan efisien.

Tanpa Sistem Operasi pengguna tidak dapat menjalankan program dikomputer karena Sistem Operasi merupakan perangkat terpenting. Sistem Operasi menjalankan perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan laninya.

Jenis, Cara Kerja & Sejarah Sistem Operasi

Beberapa jenis OS:

  1. Linux, merupakan perangkat lunak OS yang bersifat open source gratis yang disebarluaskan dibawah lisensi GNU
  2. Android, merupakan OS yang berbasis linux yang ditujukkan untuk telepon seluler contoh nya telepon pintar dan komputer tablet
  3. Ios, merupakan OS yang digunakan diproduk dari Aplle
  4. Mac OS, singkatan dari macintosh Operating System, diciptakan oleh perusahaan Aplle Inc
  5. Microsoft Windows, merupakan keluarga OS yang dikembangkan oleh Microsoft

Cara Kerja Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan perangkat lunak susunan pertama pada memori komputer disaat komputer dijalankan. Lain dengan perangkat lunak lainnya yang hanya bisa dijalankan setelah SO berjalan, sistem inilah yang melakukan layanan inti umum perangkat lunak.

Layanan inti umum adalah akses kedisk, manajemen memori, penjadwalan taks, dan user interface. Diawal dekade 80-an komputer belum dilengkapi dengan OS dan kebanyakan komputer tidak memiliki diks, dan umunya system boot MS-DOS beroperasi pada floppy disk.

Sejarah Sistem Operasi

Mulai tahun 1945-1955 pada tahun ini sudah terciptanya OS generasi pertama. Awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Generasinya yang kedua pada tahun 1955-1965 untuk memperkenalkan BPS yaitu pekerjaan yang dikerjakan disatu rangkaian, lalu kemudian dieksekusi secara berurutan.

Tahun 1965-1980 merupakan OS ketiga, dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana user atau pengguna dapat berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer. Pasca 1980-an OS digunakan dalam sebuah jaringan komputer, dimana user menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung.

Bagian dari Sistem Operasi:

  • Mekanisme Boot, merupakan proses peletakan kernel kedalam memory
  • Kernel, merupakan sebuah inti di Sistem Operasi, tugas kernel sendiri adalah melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses hardware secara aman
  • Command Interpreter atau Shell, merupakan perangkat yang bertugas membaca perintah dari pengguna komputer
  • Driver, untuk saling berinteraksi dengan hardware eksternal, dan juga untuk mengontrolnya

Sistem Operasi memiliki sebuah layanan, sekarang Sistem Operasi menyediakan layanan jaringan dan koneksi ke jaringan internet, yang sepertinya tidak menjadi layanan inti umum bagi Sistem Operasi. Sistem Operasi juga perlu menjaga kerusakan terhadap sistem komputer dari banyaknya gangguan.

Application Programming Interface (API) merupakan program aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya dengan menggunakan antarmuka. Dengan API ini sebuah program aplikasi dapat berkomunikasi dengan Sistem Operasi.