Penjelasan Tentang Javascript dan Script Side

Pembahasan Tentang Javascript Dan Script Side Sedikit pembahasan tentng javascript dan client side. Pertama apa sih javascript itu? Dan untuk pasih biasanya javascript itu?   Javascript merupakan bahasa yang didisain untuk membubat halaman web menjadi lebih interaktif. Javasript berkerja secara client side. Jadi javascript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag script. Javascript bergantung pada […]

Pembahasan Tentang Javascript Dan Script Side

Sedikit pembahasan tentng javascript dan client side. Pertama apa sih javascript itu? Dan untuk pasih biasanya javascript itu?

code-500x375

 

Javascript merupakan bahasa yang didisain untuk membubat halaman web menjadi lebih interaktif. Javasript berkerja secara client side. Jadi javascript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag script. Javascript bergantung pada browse yang digunakan untuk menampilkan halman web yang mengandung javascrip.

Javascript memiliki fungsi untuk membuat interaksi antara user dengan situs web menjadi cepat tanpa menunggu pemrosesan di web server. Tidak hanya itu, javascript juga berfungsi mempercantik tampila dari halaman web, efek modern, dan lain-lain.

Berikut contoh koding javascript

<script type=”text/javascript”>

Function simsalabim() {

Alert(“simsalabim, blah blah blah”);

}

</script>

<button onclick=”simsalabim()”> klik untuk melihar Demo</button>

Java scrip juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya diantaranya sebagai berikut

Kelebihan

  1. Ukuran file kecil. Script dari javascript memiliki ukuran yang kecil sehingga ketika web ditampilkan maka akses tampilannya akan lebih cepat.
  2. Mudah untuk dipelajari.
  3. Terbuka

Javascript tidak terkait oleh hardware maupun software tertentu bahkan system operasi seperti windows dan linux, jadi dapat membaca semua jenis komputer.

Kekurangan

  1. Script tidak terenkripsi. Karena javascript bersifat client side, maka script yang kita buat di text editor dan telah dijaikan web diserver.
  2. Keampun. Walaupun javascript mampu membuat bentuk web menjadi interaktif dan dinamis, namun javascript tidak mampu membuat program aplikasi sendiri serperti java.
  3. Keterbatasan objek

Javascript tidak mampu membuat kelas-kelas yang bisa menampung banyak objek tambahan seperti java.

Lalu apa sih client side itu? Slient side adalah program komputer dari pengguna atau workstation, dan terhubung ke suatu server yang dijalankan oleh web browser. Client side script seringkali dimasukkan di dalam html. Karakteristik client –side scripting :

  1. Kode program didownload bersama dengan halaman web
  2. Bersifat interpreter dan diterjemahkan oleh browser
  3. Model eksekusinya simple dan skrip dapat dijadikan satu dengan HTML

 

Nah itulah sedikit penjelasan dari java script dan client side. Semoga bermanfaat