Perbedaan Class dan Function pada PHP

Fungsi class dan function Class adalah langkah basic awal penulis memberikan tutorial pada pembaca. Class dalam PHP sebenarnya hampir sama seperti Function. Tapi ada beberapa perbedaan yang perlu kita ketahui, diantaranya adalah : Class dapat menyimpan Function Class memiliki karakteristik yang terkadang bisa menyimpan data (variabel) dan Function.  Function 1.Memudahkan    dalam   mengembangkan  program.   Karena suatu […]

Fungsi class dan function

Class

adalah langkah basic awal penulis memberikan tutorial pada pembaca. Class dalam PHP sebenarnya hampir sama seperti Function. Tapi ada beberapa perbedaan yang perlu kita ketahui, diantaranya adalah :

  • Class dapat menyimpan Function
  • Class memiliki karakteristik yang terkadang bisa menyimpan data (variabel) dan Function. 

Function

1.Memudahkan    dalam   mengembangkan  program.   Karena suatu Program  dapat  dibagi  menjadi beberapa sub-sub program yang lebih  kecil, yang mana dalam hal ini pengembangan bagian program lebih difokuskan pada sub-sub yang memerlukan pengembangan saja. Tidak perlu mencari dalam seluruh bagian program.

2.Menghemat    ukuran    program,    karena  beberapa    perintah  yang  sama dan dijalankan beberapa kali dalam program dapatdijadikan  satu kali  saja  dalam  suatu  function, yang mana kemudian  function  tersebut  dapat  dipanggil berulang kali.

Kelebihan class dan function

Function

1.Adanya fungsi, program  besar  dapat  dipisah  menjadi program-program kecil. Ini menerapkan prinsip dalam pemrograman  terstruktur dengan pendekatan top-down dan devide-and-conquer.

2.Program  dapat dikerjakan oleh beberapa orang. Dalam hal ini bisa dikerjakan satu orang / team mengerjakan suatu fungsi , sehingga dalam hal ini koordinasi mudah.

3.Dengan menggunakan Fungsi, alur logika program akan lebih jelas, dan karena fungsi merupakan implementasi suatu modul, pencarian kesalahan akan menjadi lebih mudah karena kesalahan dapat dilokalisasi dalam suatu modul tertentu saja.

4.Dalam memodifikasi program, dengan menggunakan fungsi ini, maka perubahan yang terjadi dalam memodifikasi suatu fungsi / modul tertentu tersebut, tidak akan mengganggu bagian program secara keseluruhan.

5.Dengan adanya fungsi, dapat lebih mudah dibuat dokumentasi.

6.Fungsi dapat dikatakan secara Reusability, karena  suatu  fungsi  dapat  digunakan  kembali oleh fungsi lain atau oleh program lain.

Class

struktur penulisan php biasanya mengunakan kurung kurawal ( { ) dan penutup ( } ) kemudian nama class di tentukan sendiri intinya tidak boleh sama dengan nama class yang sudah ada dalam php itu sendiri. Properti class sama seperti variabel yang ada pada php perosedural. akan tetapi ketika berbicara class istilah yang di gunakan adalah property dan cara pendefinisianya pun berbeda.