Perbedaan Open Source dan Free Software

Open Source Dalam dunia komputer istilah open source artinya adalah suatu perangkat lunak yang source codenya (kode sumber) untuk membuat perangkat lunak tersebut dapat didapatkan secara cuma-cuma(tanpa harus membayar).  Selain gratis, Anda juga diperbolehkan untuk menambah atau mengubah kode sumber tersebut lalu membuat program berbasiskan kode sumber tersebut untuk kepentingan Anda sendiri. Bahkan Anda diperbolehkan […]

Open Source

Dalam dunia komputer istilah open source artinya adalah suatu perangkat lunak yang source codenya (kode sumber) untuk membuat perangkat lunak tersebut dapat didapatkan secara cuma-cuma(tanpa harus membayar).  Selain gratis, Anda juga diperbolehkan untuk menambah atau mengubah kode sumber tersebut lalu membuat program berbasiskan kode sumber tersebut untuk kepentingan Anda sendiri. Bahkan Anda diperbolehkan untuk menjual program gubahan Anda tersebut secara komersial(tentunya dengan ketentuan-ketentuan yang ada)

 

Free Software

Pada free software, source codenya belum tentu bisa diperoleh secara cuma-cuma. Free software biasanya mempunyai lisensi tersendiri, dan mempunyai “term of use” tersendiri tergantung dari pembuat software tersebut.

Contoh freesoftware :  MySql, apache, GIMP, dll