Perkembangan Proyektor LCD

Masih ingat waktu dulu kita belajar di sekolah hanya dengan sarana yang seadanya? Seperti papan tulis kayu dan kapur untuk menulis. Guru menjelaskan dengan menggunakan stick yang terbuat dari batang bambu. Cukup menarik ya sebenarnya, semuanya masih menggunakan cara yang sangat manual dan benar-benar tradisional. Sampai akhirnya hmm ini dia, muncullah proyektor LCD. Sungguh perkembangan […]

Masih ingat waktu dulu kita belajar di sekolah hanya dengan sarana yang seadanya? Seperti papan tulis kayu dan kapur untuk menulis. Guru menjelaskan dengan menggunakan stick yang terbuat dari batang bambu. Cukup menarik ya sebenarnya, semuanya masih menggunakan cara yang sangat manual dan benar-benar tradisional. Sampai akhirnya hmm ini dia, muncullah proyektor LCD. Sungguh perkembangan teknologi yang sangat pesat jika mengingat perjalanan kita hingga saat ini.

Bagaimana ya asal mulanya ditemukan hardware yang satu ini? Jelas alat yang satu ini merupakan pendamping komputer yang sangat membantu kebutuhan kita sehari-hari selain printer dan yang lainnya.

Who? Where? When? What? How? Kita akan jawab semuanya ya. Ia bernama Gene Dolgoft, seseoarang yang berasal dari New York. Pada tahun 1968 saat ia mulai bekerja di kampusnya untuk memproduksi video proyektor dan kemudian menjadi awal sejarah tercetusnya sebuah ide untuk membuat proyektor LCD tersebut.

Pada thaun 1971 Gene Dolgoft mulai menggunakan kristal cair yang digunakan untuk mengatur pencahayaan. Ia berjuang untuk mempertahankannya hinga tahun 1984 demi mendapatkan sebuah addressable dari layar kristal air tersebut. Pada tahun 1988 Ia memulai sebuah projectavision inc yang merupakan sebuah perusahaan proyektor LCD yang pertama. Dan akhirnya Gene pun melisensi kebijakan kepada samsung dan juga pansonic.  Hingga tahun 2004-2005 LCD proyektor tersebut telah mengalami perubahan yang sangat pesat. Mulai dari pembaruan fitur-fiturnya yang makin canggih seperti yang terjadi pada warna yang awalnya masih kontras kini sudah meningkat hingga DLP. Hmm keren ya..

Proyektor LCD merupakan sebuah proyektor yang digunakan untuk menampilkan video, data, maupun gambar dari komputer untuk ditampilkan pada layar atau sesuatu yang datar lainnya. Baik itu di perkantoran, di sekolahan maupun di tempat yang lain proyektor ini sangat dibutuhkan keberadaannya. Sering kita lihatkan bahwa di sekolahan sering melakukan presentasi, demikian juga di tempat kerja untuk kebutuhan bisnis ataupun yang lain. taukah kamu bahwa lampu yang digunakan untuk proyektor LCD merupakan lampu halide logam karena mampu menghasilkan sinar yang ideal serta spectrum warna yang luas. Jadi kita akan semakin tahu ya bahwa proyektor LCD ini memang benar-benar sudah berlevolusi mulai dari pertama ditemukan hingga sekarang ini.