Roda Perkembangan Aplikasi

Sebelum menginjak materi sejarah aplikasi maupun perkembangannya, sebaiknya kita ulas sedikit tentang pengertian aplikasi. Aplikasi merupakan software komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer secara langsung untuk melakukan tugas user. Sebelum aplikasi pertama ditemukan, terdapat sejarah yang panjang tentang proses penemuan aplikasi. Jauh  sebelum aplikasi berkembang pesat seperti saat ini. Aljabar Boolean merupakan salah satu andalan semua […]

Sebelum menginjak materi sejarah aplikasi maupun perkembangannya, sebaiknya kita ulas sedikit tentang pengertian aplikasi. Aplikasi merupakan software komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer secara langsung untuk melakukan tugas user.

aplikasi-2
https://1.bp.blogspot.com/-YT45sUCjCjg/VrSYQpCZAoI/AAAAAAAADVM/TTVTsZ35w_M/s1600/software%2Bkomputer.jpg

Sebelum aplikasi pertama ditemukan, terdapat sejarah yang panjang tentang proses penemuan aplikasi. Jauh  sebelum aplikasi berkembang pesat seperti saat ini. Aljabar Boolean merupakan salah satu andalan semua software. Boolean menggunakan kode binary digit (bit) yang terdiri dari 2 angka (on yang berarti benar dan off yang berarti salah). Penggunaan kode binary digit ini membuat masyarakat pada saat itu membuat beberapa kelompok bit yang terdiri dari 4 bit (nible), 8 bit (byte), 2 byte (word), dan 32 bit (double word). Kelompok-kelompok tersebut membantu software komputer pada berbagai kegiatan, seperti merakit beberapa kode menjadi struktur instruksi. Struktur instruksinya, seperti operasi logika, penyimpanan, transfer, sampai membentuk kode baru yang dikenal sebagai Assembler. Kode inilah yang menjadi cikal bakal untuk membuat berbagai macam aplikasi yang dapat mempermudah kegiatan manusia.

Didalam sejarah perkembangan aplikasi, terdapat evolusi perangkat lunak. Pertama, Era Pioner. Mulanya, perangkat lunak terdiri dari sambungan kabel antar bagian dikomputer, cara lain untuk mengakses komputer dengan punched card(kartu yang dilubangi). Penggunaan komputer dilakukan dalam sebuah program dengan sebuah mesin dan tujuan tertentu secara langsung. Pada era tersebut, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Hasil yang dihasilkan dari penggunaan komputer yang dilakukan secara langsung berupa print out. Proses yang dilakukan komputer terdiri dari beberapa baris instruksi yang berurutan. Pada Era Stabil selanjutnya penggunaan komputer berkembang semakin pesat terutama pada kalangan perusahaan dan industri. Beberapa baris perintah dijalankan secara multitasking (serempak). Dalam era ini dikenal dengan sistem basis data, sebagai pemisah antara data dengan program.

Perkembangan aplikasi yang pesat  juga terjadi pada Era Mikro. Dalam era ini perangkat lunak dibedakan menjadi aplikasi sistem (Windows, Machintosh, Linux, dll), software aplikasi (OpenOffice, Ms.Office, dll), dan bahasa pemrograman atau language software (Assembler, Delphi, Visualbasic dll). Yang terakhir perkembangan terjadi pada Era Modern, tidak hanya pada sebuah supercomputer dengan 25 prosesor, perangkat lunak dapat dijumpai diberbagai tempat. Kini PC dapat disinkronkan dengan komputer genggam. Beberapa aplikasi yang dapat diaplikasikan dengan perangkat lain seperti, Symbian, Android, dll.

Saat ini aplikasi memiliki kemampuan yang lebih berkembang seperti mengenal gambar. Selain itu aplikasi saat ini juga dapat  menangani masalah teknis. Aplikasi akan terus berkembang dengan seiring jalan peradaban manusia. Semakin banyak inovasi manusia, semakin banyak juga aplikasi yang akan diciptakan. Seperti jenis-jenis aplikasi grafis, web browser, animasi, multimedia, pendidikan, dan programming. Itulah beberapa ulasan tentang sejarah aplikasi. Semoga bermanfaat, terima kasih.